BUMN Sebagi Produsen Baterai Mobil Listrik, Harapan Baru Lapangan Kerja di Indonesia

- 3 Januari 2021, 17:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan uji coba mobil listrik dan pengecekan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali, Sabtu, 2 Januari 2021.
Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan uji coba mobil listrik dan pengecekan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali, Sabtu, 2 Januari 2021. /Foto : Humas Kementerian BUMN/

Portal Kudus – Menteri BUMN, Erick Thohir, B.A., M.B.A. melakukan uji coba mengendarai mobil listrik. Direncanakan, Indonesia mampu menjadi salah satu pemain utama industri mobil listrik.

Faktor pendukung, yang menguatkan harapan Menteri BUMN adalah dikarenakan Indonesia sebagai salah satu negara dengan sumber daya nikel yang terbesar. Hal ini mendukung Indonesia jadi produsen utama sumber daya baterai mobil listrik.

Baterai merupakan komponen penting dalam mobil listrik, Erick menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi pemain utama industri mobil listrik, seperti dilansir portalkudus dari pemberitaan twetter @KemenBUMN tanggal 2 Januari 2021.

Baca Juga: Catat Bisnis Online yang Diprediksi Bakal Trending Tahun 2021, Ada Jasa Buat Konten Juga

Dalam cuitannya Erick mengatakan, "Saya sudah perintahkan PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengubah strategi bisnisnya paska pandemi. Alhamdulillah, PLN sudah on-track dan sudah ikut dalam konsorsium BUMN untuk pembuatan EV battery bekerja sama dengan perusahaan dari Korea dan China."

Pada bulan Februari Erick Thohir, akan melangsungkan pembicaraan dengan pihak produsen mobil listrik Tesla. Dari rumor yang beredar, sebenarnya perencanaan lokasi pabriknya sudah ada di Jawa tengah.

Insya Allah, di bulan Februari ini, saya akan membuka pembicaraan dengan Tesla untuk mengembangkan kerjasama ini,” jelas Erick dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Bus Listrik E-Inobus Melaju Di Jakarta, Produksi INKA Mesin Tidak Bising Terpaut Hampir 14dB

Hal-hal yang diinformasikan selanjutnya adalah sejumlah alasan mengapa Indonesia akan menjadi pemain utama industri mobil listrik.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: BUMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x