Pasca Libur Lebaran Pencari Kerja Meningkat di Rembang, Ini Penyebabnya Menurut Kepala Dinperinaker

- 19 April 2024, 10:12 WIB
sejumlah masyarakat berbondong-bondong mengantri untuk mengurus surat kuning atau kartu AK1 di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Rembang, Rabu (17/4).
sejumlah masyarakat berbondong-bondong mengantri untuk mengurus surat kuning atau kartu AK1 di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Rembang, Rabu (17/4). /rembangkab.go.id/

Portal Kudus - Jumlah pencari kerja di Kabupaten Rembang diketahui mengalami tren peningkatan usai libur hari raya Idulfitri 1445 H. 

Pada Rabu 17 April 2024, terlihat sejumlah masyarakat berbondong-bondong mengantri untuk mengurus surat kuning atau kartu AK1 di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Rembang.

Kepala Dinperinaker Kabupaten Rembang Dwi Martopo menjelaskan ada peningkatan jumlah pencari kerja pasca libur lebaran.

Tercatat di bulan April hingga tanggal 16 ada 203 orang dengan rincian 121 laki-laki dan 82 perempuan.

Baca Juga: Meriah! Tradisi Arak-Arakan Sedekah Laut di Desa Tasikagung Rembang Dibanjiri Ribuan Orang

“Pada tanggal 16 saja kemarin (hari pertama masuk kerja) itu ada 70 orang, total di bulan April sampai tanggal 16 sudah ada 203 orang. Terbanyak memang mau melamar pekerjaan,” jelas Dwi Martopo, dikutip Portal Kudus dari laman resmi Pemkab Rembang.

Lebih lanjut, dijelaskan pada Januari kemarin ada 456 pencari kerja, Februari 423 pencari kerja,dan Maret 224 pencari kerja. Kepala Dinperinaker tersebut memprediksi di bulan April ini jumlah pencari kerja akan terus melambung hingga akhir bulan.

“Kalau prediksi saya tetap akan melambung (di bulan April) karena fenomena mencari pekerjaan itu di akhir ini pasca mudik atau saat arus balik cukup tinggi,” tambahya.

Baca Juga: Pasca Libur Lebaran 2024, Pencari Kerja di Kabupaten Rembang Meningkat

Halaman:

Editor: Al Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x