Kemendag Pastikan Kebutuhan Pangan Menjelang Lebaran Aman dan Harga Mulai Turun

- 4 April 2024, 19:25 WIB
Ilustrasi: Kemendag Pastikan Kebutuhan Pangan Menjelang Lebaran Aman dan Harga Mulai Turun/freepik/jcomp
Ilustrasi: Kemendag Pastikan Kebutuhan Pangan Menjelang Lebaran Aman dan Harga Mulai Turun/freepik/jcomp /

Portal Kudus - Meskipun peningkatan permintaan pasar selalu meningkat menjelang Lebaran 2024, Kemendag pastikan kebutuhan pangan menjelang Lebaran dipastikan aman.

Disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas), bahwa kondisi harga barang kebutuhan pokok sudah mulai turun menjelang Lebaran dan pasokannya juga tersedia banyak.

Mendag, Zulkifli Hasan sampaikan tentang kondisi pasokan barang kebutuhan pokok aman serta harga mulai turun, saat menghadiri Apel Siaga Pagi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Idulfitri 2024 di Gudang Perum Bulog, Jakarta, Tanggal 1 April 2024 lalu.

Baca Juga: Hasan Chabibie Tegaskan Program Pemkab Kudus akan Fokus Pembangunan Fisik dan Mental

Dalam hal ini, Kemendag terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah untuk menyediakan bapok dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Kemudian Zulkifli Hasan menjelaskan, harga beras di sejumlah pasar yang ada di Jawa dan Sumatera rata-rata turun sekitar di angka Rp3 ribu - Rp1 ribu per kilogram.

Menurut Zulkifli Hasan "Beras kini dijual hampir mendekati harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan sebab turunnya harga beras, karena saat ini sudah memasuki panen".

Baca Juga: Dinas Kesehatan Pati Himbau Penyebaran Nyamuk DBD, Jika Terkena Gejalanya Segara Datangi Faskes

Zulkifli Hasan juga mendapat informasi dari Kementerian Pertanian bahwa volume panen di bulan ini mencapai 3,8 juta ton. Akan melebihi dari kebutuhan bulanan secara nasional hanya 2,5 juta ton.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: kemendag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x