MUDAH! Hanya 2 tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2021, Maka Bebas Biaya Kuliah dan Dibantu Biaya Hidup

- 20 Februari 2021, 22:00 WIB
KIP Kuliah 2021: Syarat dan Cara Pendaftarannya
KIP Kuliah 2021: Syarat dan Cara Pendaftarannya /Tangkap layar kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Portal Kudus – Pemanfaat KIP Kuliah 2021 adalah lulusan SMA, SMK atau sederajat di seluruh Indonesia, sehingga dapat menempuh pendidikan tinggi sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan Program Indonesia Pintar, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun 2020, dilanjutkan dengan KIP Kuliah 2021.

KIP Kuliah 2021 ini sebagai bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi.

Baca Juga: Bawa KIP Untuk Cek Alur Program Indonesia Pintar, Memberikan Bantuan Rp750 Ribu Melalui PIP SMP 2021

Berdasarkan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Pemerintah dalam harapannya, seperti disampaikan oleh Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, disampaikan untuk tahun 2021 ini akan kembali disalurkan 200 ribu KIP Kuliah bagi mahasiswa baru penerima.

Beberapa harapan pemerintah seperti disampaikan Plt “Jangan putuskan asa mu, gantung cita-cita mu setinggi langit untuk mengenyam bangku kuliah di perguruan tinggi” Ainun Na’im,Perss Release  Jakarta 1 Februari 2021.

Baca Juga: Berikut Ini Cara Cek NISN yang Telah Dimiliki, Apakah Terdaftar PIP SMA 2021 Untuk Mendapatkan Rp1 Juta

Oleh karena itu pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Halaman:

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x