Hebat! Desa Tunggulsari Kaliori Rembang Terpilih jadi Lokus Implementasi Model Bisnis Hilirisasi Pangan

- 30 Maret 2024, 09:06 WIB
Desa Tunggulsari Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, terpilih menjadi lokus implementasi model bisnis hilirisasi pangan oleh Bank Indonesia (BI).
Desa Tunggulsari Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, terpilih menjadi lokus implementasi model bisnis hilirisasi pangan oleh Bank Indonesia (BI). /https://rembangkab.go.id//

Portal Kudus - Berkat ketersediaan bahan baku melimpah dan kualitas hasil perikanan yang bagus, Desa Tunggulsari Kecamatan Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, terpilih menjadi lokus implementasi model bisnis hilirisasi pangan oleh Bank Indonesia (BI).

Program ini bertujuan mendorong para ibu-ibu di desa setempat mengembangkan hasil olahan perikanan agar bernilai jual lebih tinggi.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah, Meysara Cahyadi, menyampaikan bahwa komoditas perikanan menjadi salah satu perhatian pemerintah dan BI dalam melakukan hilirisasi pangan.

Baca Juga: Cek Waktu Buka Puasa Rembang Sabtu 30 Maret 2024 Hari Ini, Jadwal Jam Buka Puasa Kabupaten Rembang 19 Ramadan

BI akan memberikan support dan pendampingan kepada kelompok wanita Desa Tunggulsari untuk meningkatkan kelembagaan dan pengembangan usahanya. Kreativitas para ibu-ibu menjadi kunci dalam meningkatkan hasil produksinya.

“Program ini akan mendukung ibu-ibu sekalian. Nanti apakah sifatnya pelatihan, mendatangkan narasumber, atau pelatihan praktis. Pada prinsipnya adalah membantu ibu-ibu meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan mendukung usaha yang telah dijalankan,” ujar Meysara saat kick off implementasi model bisnis hilirisasi pangan di balai Desa Tunggulsari.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang, Sofyan Cholid, mengatakan bahwa pihaknya ingin para ibu-ibu di Desa Tunggulsari menjadi pelaku usaha yang sukses dan tidak hanya mendapatkan keuntungan tipis dari produk olahan perikanan yang dijual.

Baca Juga: Pemkab Rembang Bagikan Jadwal Imsak 30 Maret 2024 untuk Wilayah Rembang dan Doa Ramadhan

“Melalui model bisnis hilirisasi dari BI ini, kami berharap kedepan hasil olahan perikanan di Desa Tunggulsari semakin berkembang dan keuntungan dari produk yang dijual semakin besar,” jelas Sofyan.

Halaman:

Editor: Al Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x