Beberapa Wilayah di Indonesia, Terdampak Cuaca Ekstrem dan Curah Hujan Berintensitas Lebat

- 23 November 2020, 18:00 WIB
Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir /M Adi Dzulfikri

Portal Kudus – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah merilis potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia.

 

Berdasarkan analisis cuaca, BMKG memprakirakan dalam periode waktu tersebut potensi cuaca ekstrem dan curah hujan berintensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan data pemutakhiran pada Jumat 20 November, pukul 18.00 WIB, enam kecamatan terdampak banjir yang meluas di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Banjir terjadi pada Selasa lalu 17 November, sekitar pukul 02.30 WIB.

Baca Juga: Rilis Analisa Cuaca BMKG Untuk 21-27 November 2020 

BPBD setempat mencatat enam kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Kroya, Sampang, Sidereja, Bantarsari, Kedungreja dan Cipari. Sebanyak 2.187 KK (5.677 jiwa) mengungsi. BPBD menginformasikan warga meninggal dunia sebanyak 2 orang, sedangkan kerugian materiil mencakup sektor pemukiman, 4 unit rumah roboh, 12 rusak berat, 5 rusak sedang. dan 44 rusak ringan. Banjir juga menyebabkan 24 unit tanggul jebol. 

Banjir masih menggenangi beberapa wilayah dengan tinggi muka air hingga 60 cm. Saat ini, kebutuhan mendesak berupa logistik permakanan dan non-permakananan serta masker.

Sedangkan banjir di Kabupaten Aceh Singkil, Provinis Aceh, menyebabkan ratusan keluarga terdampak. Perkembangan per Sabtu 21 November pukul 20.08 WIB, dua kecamatan, yakni Simpang Kanan dan Gunung Meriah terdampak dengan total jumlah desa mencapai 10 desa. 

Baca Juga: Contoh Puisi Bagus Untuk Hari Guru Nasional

Banjir ini dipicu hujan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Lae Cinendang pada Jumat lalu 20 November, pukul 22.00 WIB. 

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x