Apa Itu Resesi dalam Ekonomi? Simak Pengertian Resesi Adalah Apa, Penyebab, hingga Dampaknya bagi Negara

- 14 Juli 2022, 15:24 WIB
Ilustrasi Apa Itu Resesi dalam Ekonomi? Simak Pengertian Resesi Adalah Apa, Penyebab, hingga Dampaknya bagi Negara
Ilustrasi Apa Itu Resesi dalam Ekonomi? Simak Pengertian Resesi Adalah Apa, Penyebab, hingga Dampaknya bagi Negara /Freepik/

Portal Kudus - Berikut penjelasan resesi adalah apa, penyebab, dan dampaknya bagi perekonomian suatu Negara.

Baru-baru ini istilah resesi ramai dibiacarakan oleh publik setelah beredar kabar Indonesia masuk daftar 15 negara yang berisiko alami resesi.

Sebenarnya, apa pengertian resesi dalam jalannya perekonomian?

Simak penjelasan mengenai pengertian resesi, penyebab, dan dampaknya bagi suatu negara yang dilansir Portal Kudus dari laman Rangkul Teman.

Pengertian Resesi

Resesi adalah sebuah periode penurunan ekonomi secara sementara saat aktivitas perdagangan dan juga industri berkurang, yang umumnya memiliki tanda yaitu penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) selama dua kuartal secara berturut-turut.

Baca Juga: Usut Kasus Penembakan Brigadir J, Komnas HAM Bekerja Independen Meski Tergabung dalam Tim Khusus

Arti resesi juga bisa bermakna sebagai sebuah periode yang terjadi perlambatan atau kontraksi besar dalam kegiatan-kegiatan ekonomi. Adanya penurunan pengeluaran yang sangat drastis mengarah pada kondisi ini.

Para ahli juga menyatakan bahwa keadaan ini bisa kamu lihat ketika terjadi peningkatan jumlah pengangguran, penurunan ritel, dan terjadi peningkatan pertumbuhan dalam sektor ekonomi riil bernilai negatif seperti manufaktur dalam periode kuartal tertentu secara berurutan.

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Rangkul Teman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x