Dalam Pertemuan dengan Teten Masduki, Shopee Katakan Bahwa Pedagang UMKM di Platform Mencapai 97 Persen

- 20 Februari 2021, 07:00 WIB
Ikan petek hasil produksi UMKM di Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, banyak diminati pasar dari berbagai wilayah di Indonesia, selama pandemi pelaku usaha kebanjiran pesanan hingga luar pulau Jawa
Ikan petek hasil produksi UMKM di Kecamatan Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat, banyak diminati pasar dari berbagai wilayah di Indonesia, selama pandemi pelaku usaha kebanjiran pesanan hingga luar pulau Jawa /Antara/Ahmad Fikri/

Portal Kudus - Beberapa waktu lalu, media sosial tanah air sempat diramaikan dengan pembahasan mengenai pedagang asal China dalam e-commerce Shopee yang diduga menjual produk-produk dengan harga murah dan berpotensi merugikan pelaku usaha kecil dalam negeri.

Menanggapi isu tersebut, Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), melakukan pertemuan dengan pihak Shopee Indonesia pada hari Kamis 18 Februari 2021.

Baca Juga: Polri Belum Terbitkan Surat Izin Liga Shopee Indonesia 2021, Alasannya?

Dalam pertemuan tersebut, pihak Shopee memastikan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah dalam memajukan UMKM dan mendorong produk lokal guna memajukan perekonomian Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Shopee menjelaskan bahwa produk-produk dari pedagang lokal masih jauh mendominasi penjualan di Shopee, yakni di angka 97%, sementara angka penjualan produk cross-border hanya mencapai 3%.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Shopee Hadirkan Stray Kids dan GOT7 dalam TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale

Lebih lanjut, pihak Shopee juga mengungkapkan bahwa seluruh transaksi melalui cross border sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, termasuk komponen pajak dan kepabeanan, sehingga bisa dipastikan harga yang diberikan tidak lebih murah dibandingkan dengan produk UMKM lokal.

Demi meningkatkan daya saing para pelaku UMKM tanah air, Shopee mengambil langkah lebih seperti memberikan berbagai pelatihan, hingga pendampingan digitalisasi UMKM. Radityo Triatmojo selaku Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia mengungkapkan, “Shopee berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia dengan memberikan sorotan khusus melalui inisiatif dan inovasi yang dihadirkan sejak awal Shopee berdiri. Kami telah menghadirkan rangkaian program edukasi dan pendampingan bersama dengan beberapa kementerian dan lembaga pemerintahan melalui Kampus Shopee, serta memasarkan produk UMKM melalui kanal khusus produk lokal Kreasi Nusantara.”

Baca Juga: Cari Promo Gajian? Serbu Promo Fantastis dari Shopee Gajian Sale!

Shopee juga menggagas program guna mendorong ekspor produk lokal milik UMKM, yaitu Program Ekspor Shopee “Dari Lokal untuk Global” yang telah berjalan sejak tahun 2019 hingga sekarang. Berdasarkan data dari Shopee, program tersebut telah mencatat peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat sejak pertengahan tahun 2020 hingga Januari 2021.

Halaman:

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x