Kesimpulan Riset UI, Dana Desa Berdampak Positif Bagi Peningkatan Aktivitas Ekonomi Desa Berikut Informasinya.

- 26 Januari 2021, 13:33 WIB
kemendes
kemendes /gus menteri/twitter.com

Portal Kudus – Universitas Indonesia menyelenggarakan  diskusi desiminasi hasil riset, dengan tema Melihat Indonesia dari Angkasa: COVID-19, Dana Desa, dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual pada Senin 25 Januari 2021.

Diselenggarakan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI).

Ternyata dalam diskusi tersebut, LPEM FEB Universitas Indonesia, membeberkan hasil riset dalam diskusi bertema Desiminasi Hasil Riset dengan tema Melihat Indonesia dari Angkasa: COVID-19, Dana Desa, dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual. Dilansir portalkudus dari pemberitaan kemendesa, 25 Januari 2021.

Baca Juga: BelumTerdaftar di Data Bansos DTKS: Segera Daftar Melalui Link dtks.kemensos.go.id dan Bisa Dapat Apa Sih?

Ketua Riset Teguh Hartanto, Ph.D. menyampaikan bahwa riset ini dilakukan dengan waktu yang cukup singkat, dari November sampai Desember 2020 di Kota dan Kabupaten Bogor. Dalam keterangannya disampaikan, perlunya untuk melakukan rapid assesment terhadap evaluasi dana  desa, COVID-19, dan pemulihan ekonomi.

Dalam diskusi tersebut dikatan mengapa perlu rapid assessment, hal itu dilakukan sebagai bentuk mitigasi atau memperbaiki secara cepat. Sehingga dalam evaluasi cepat itu bisa melihat dampak COVID-19 terhadap  perekonomian desa, juga dampak dana desa terhadap perkembangan ekonomi.

“Kendala utama yang dihadapi dari rapid evaluation terkait dengan impact evaluation dari sebuah kebijakan itu yang pastinya adalah masalah waktu dan data,” jelasnya.

Baca Juga: Hore!! Pendaftaran PPPK Guru Honorer Segera Dibuka, Begini Cara Mendaftarnya

Metodologi dalam penelitian ini bukan hanya korelasi tetapi juga kausalitas dengan menggunakan cahaya malam hari (Nightlight), Facebook mobility, Google Mobility Indeks dan data dana desa sebagai inovasi data.

Halaman:

Editor: Sugiharto

Sumber: kemendesa.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x