TERJAWAB! Berada Pada Tahap Daur Hidup Produk Apakah Produk Mezura Saat Ini? Jelaskan Jawaban Saudara

- 19 April 2024, 12:22 WIB
Jepara unggul sertifikat halal gratis program dari KEMENAG khusus masyarakat Jepara yang mempunyai produk UMKM.
Jepara unggul sertifikat halal gratis program dari KEMENAG khusus masyarakat Jepara yang mempunyai produk UMKM. /tangkap layar

Portal Kudus - Simak inilah jawaban tentang berada pada tahap daur hidup produk apakah produk Mezura saat ini? Jelaskan jawaban Saudara!.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal berada pada tahap daur hidup produk apakah produk Mezura saat ini, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal berada pada tahap daur hidup produk apakah produk Mezura saat ini.

Untuk mengetahui jawaban soal berada pada tahap daur hidup produk apakah produk Mezura saat ini, silahkan simak soal lengkapnya di bawah ini.

Soal Lengkap:

Rania Nusa Raya Holding merupakan salah satu holding kosmetika terbesar di Indonesia. Saat ini, Rania Nusa Raya Holding membawahi beberapa merk kosmetika terkenal di Indonesia, antara lain Amora, Malaca, Temi dan Mezura.

Rania Nusa Raya Holding telah berdiri sejak tahun 1997 dan mengawali usaha sebagai PT. Rania Nusa Raya dengan memproduksi kosmetika merk Amora.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kosmetika, PT. Rania Nusa Raya berubah menjadi Holding sejak tahun 2005. Sejak saat itu, PT. Rania mengeluarkan merk Malaca dan Temi, sekaligus mengelola ketiga merk tersebut.

Baca Juga: STRATEGI yang Ditempuh Perusahaan Dalam Memilih Pasar Sasaran (Target Market) Untuk Produk Mezura dan Jelaskan

Pada tahun 2021, Rania mencoba untuk meraih pasar yang lebih luas dengan mengeluarkan kosmetika baru merk Mezura dengan pasar sasaran yang berbeda dari ketiga merk sebelumnya.

Mezura memfokuskan produknya pada make up untuk remaja putri kalangan menengah mulai usia 15 tahun sampai dengan 25 tahun. Produk Mezura meliputi lipstick, bedak, eye shadow, blush on, pensil alis dan eye liner.

Mezura hanya memfokuskan pada make up wajah yang saat ini menjadi kebutuhan remaja putri. Mezura menekankan pada harga yang terjangkau yang sesuai dengan kantong para remaja kalangan menengah.

Oleh karena itu, pengembangan produk-produk Mezura mengikuti proses pengembangan merk-merk sebelumnya dan sedikit melakukan riset pendahuluan untuk pengembangan produk baru.

Saat ini, produk Mezura masih berada pada tahap awal, dimana pertumbuhan penjualan masih sangat sedikit. Pada awal peluncuran produk, pertumbuhan penjualan masih sangat sedikit karena konsumen masih belum mengetahui akan adanya produk Mezura.

Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan informasi yang luas kepada calon konsumen mengenai keunggulan produk.

Cara yang ditempuh perusahaan adalah dengan melakukan periklanan yang gencar melalui berbagai media, seperti media televisi, iklan pada aplikasi-aplikasi online, majalah atau koran online dan sosial media.

Baca Juga: RANIA Nusa Raya Holding Merupakan Salah Satu Holding Kosmetika Terbesar di Indonesia, Saat ini, Rania Nusa

Agar produk menarik minat calon konsumen, maka kemasan produk dibuat dalam kemasan mini sehingga harga sangat terjangkau.

Mezura juga melakukan periklanan dan penjualan secara besar-besaran dengan bekerja sama dengan beberapa retail ternama, seperti Alfamart, Indomaret, Watson dan Guardian.

Hal ini dimaksudkan agar produk-produk Mezura semakin mendekati konsumen sehingga penjualannya akan semakin meningkat.

Berdasarkan kasus tersebut, maka analisislah:

1. Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) untuk produk Mezura dan jelaskan alasan Saudara!

2. Berada pada tahap daur hidup produk apakah produk Mezura saat ini? Jelaskan jawaban Saudara!

3. Strategi pemasaran apakah yang dilakukan Mezura pada tahap daur hidup yang telah Anda pilih pada soal No. 2? Jelaskan jawaban Saudara!

Alternatif Jawaban:

1. Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) untuk produk Mezura dan alasannya:

Perusahaan memilih remaja putri kalangan menengah usia 15-25 tahun sebagai pasar sasaran untuk produk Mezura. Alasannya:

- Remaja putri pada rentang usia tersebut merupakan target pasar yang potensial untuk produk kosmetik, khususnya make-up.

Baca Juga: JAWABAN APA Saja Tantangan Dari Manajemen Sumber Daya Manusia, Bagaimana Dampaknya Terhadap Organisasi

- Remaja putri kalangan menengah memiliki daya beli yang cukup untuk membeli produk kosmetik, namun masih memperhatikan harga yang terjangkau.

- Fokus pada segmen remaja putri memungkinkan Mezura untuk mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

2. Tahap daur hidup produk Mezura saat ini:

Berdasarkan informasi yang diberikan, produk Mezura saat ini berada pada tahap perkenalan (introduction) dalam daur hidup produk. Hal ini terlihat dari:

- Mezura merupakan produk baru yang baru diluncurkan oleh Rania Nusa Raya Holding.

- Pertumbuhan penjualan Mezura masih sangat sedikit karena konsumen belum mengenal produk ini.

- Perusahaan harus melakukan upaya-upaya pemasaran yang intensif untuk memperkenalkan produk Mezura kepada konsumen.

3. Strategi pemasaran yang dilakukan Mezura pada tahap perkenalan:

Beberapa strategi pemasaran yang dilakukan Mezura pada tahap perkenalan produk:

- Melakukan periklanan yang gencar melalui berbagai media (TV, aplikasi online, majalah/koran online, sosial media) untuk memperkenalkan produk Mezura kepada konsumen.

- Menawarkan produk Mezura dalam kemasan mini dengan harga terjangkau untuk menarik minat konsumen.

Baca Juga: JAWABAN SEPERTI yang Diketahui Bersama, Pendidikan Kewarganegaraan Adalah Pembelajaran yang Selalu Diberikan

- Melakukan kerjasama dengan retail ternama (Alfamart, Indomaret, Watson, Guardian) untuk memperluas distribusi dan mempermudah konsumen dalam mengakses produk Mezura.

- Fokus pada strategi penetrasi pasar untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk Mezura di pasar yang telah ditargetkan.

Dengan strategi-strategi tersebut, Mezura berusaha untuk memperkenalkan produknya secara luas kepada konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong penjualan di tahap awal peluncuran produk.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah