Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93 Subtema 2 Pembelajaran 6

- 26 November 2021, 10:35 WIB
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2 /freepik.com/stories/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, dan 93.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Mahluk Hidup.

Subtema 2 Buku Tematik Tema 3 berjudul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, dan 93.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 6 halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, dan 93.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 87 dan 88

Ayo Berlatih

Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Jawaban:

Sebelum memulai kegiatan lakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan non lokomotor:
– Memutar pinggang
– Menekuk badan, tangan, dan kaki
– Memiringkan badan
– Membentang tangan dan kaki
– Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
– Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain.

Bahan yang dibutuhkan
– Bola kecil 2
– Kardus 2

Cara bermain
– Kelas dibagi menjadi dua kelompok.
– Setiap kelompok berbaris.
– Letakkan bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan.
– Letakkan kardus sekitar 3 meter dari bola.
– Setiap anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola.
– Siswa mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter dari siswa.
– Anggota kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan.
– Anggota berikutnya mendapat giliran.
– Kelompok yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya

Sekarang saatnya kamu memainkan permainan Lompat Katak.

Perhatikan instruksi yang diberikan oleh gurumu. Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Jawaban:
Iya, saya sudah lakukan dengan baik.

Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Jawaban:
Melompat dengan seimbang.

Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Jawaban:
Berlatih lebih giat lagi dan bersungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 48, 49, 50, 52, Subtema 2 Pembelajaan 1

Kunci Jawaban Halaman 89 91 92 93

Ayo Berdiskusi

Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara.

Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada kolom berikut.

Jawaban:

Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut:
1. Sesuai topik
2. Jawabannya bukan iya dan tidak
3. Antar pertanyaan berkesinambungan
4. Menggali lebih banyak informasi
5. Bahasa yang benar
6. Pertanyaan fokus atau tepat sasaran
7. Diawali dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana

Agar hasil wawancara maksimal, maka pewancara perlu memperhatikan hal-hal penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara.

A. Sebelum Melakukan Wawancara
– Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
– Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
– Berpakaian dengan sopan.
– Berbicara dan bersikap sopan.
– Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
– Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).
– Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

B. Ketika Sedang Melakukan Wawancara
– Perkenalkan diri sebelum wawancara.
– Sampaikan tujuan wawancara.
– Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
– Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh.
– Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.
– Sebutkan nama narasumber secara lengkap.
– Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
– Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
– Hindari menyela agar keterangan tidak terputus.
– Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.
– Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
– Hormati petunjuk narasumber.
– Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
– Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, Subtema 1 Pembelajaran 5

C. Setelah Melakukan Wawancara
– Mohon diri.
– Ucapkan terima kasih.
– Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.

Tulis apa saja yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.

Jawaban:

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah menurun dan sebagian besar sudah mendekati kepunahan.

Hewan-hewan tersebut dilindungi oleh pemerintah. Tempat-tempat untuk melindungi hewan-hewan tersebut di antaranya Suaka Margasatwa, Taman Nasional Komodo, dan lain sebagainya.

Contoh hewan-hewan langka: Badak Bercula Satu, Penyu Hijau, Macan Tutul, Burung Cenderawasih, dan lainnya.

Jawab pertanyaan berikut.

Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?
Jawaban:
Kita perlu melestarikan hewan langka karena hewan langka jumlahnya sudah sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak hewan tersebut akan punah.

Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?
Jawaban:
Apabila terdapat hewan punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan di dalam ekosistem tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?
Jawaban:
Yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka adalah menghimbau kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaga agar hewan tidak mengalami kepunahan.

Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.
Jawaban:
Manfaat melestarikan hewan langka berarti melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?
Jawaban:
Sebagai warga negara yang baik kita wajib ikut dalam menjaga alam sekitar. Contohnya ialah hewan yang punah. Kita harus berusaha untuk mencegah kepunahan supaya alam kita masih terjaga dan menjaga keanekaragaman flora dan fauna.

Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?
Jawaban:
Jika kewajiban warga negara dalam pelestarian hewan langka tidak dilaksanakan maka hewan akan mengalami kepunahan dan keragaman fauna akan berkurang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x