Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

- 22 November 2021, 10:57 WIB
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2 /freepik.com/stories/

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, dan 150.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 8 memiliki judul Daerah Tempat Tinggalku.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 8 berjudul Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, dan 150.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 3 halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, dan 150.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110 Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 143 144

Ayo Membaca

Bacalah cerita berikut!

Nelayan dan Ikan Mas

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi?
Jawaban:
Cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas merupakan cerita fiksi, yaitu cerita rakyat. Alasannya, karena merupakan cerita rekaan yang dibuat oleh pengarang berdasarkan imajinasinya.

2. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?
Jawaban:
Tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kakek, nenek, dan ikan mas.

3. Bagaimanakah sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?
Jawaban:
Berikut sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas.
– Kakek, kakek memiliki sifat penurut. Kakek menuruti semua keinginan nenek.
– Nenek, nenek memiliki sifat serakah. Nenek tidak pernah puas dan selalu merasa kekurangan atas segala sesuatu yang telah ia miliki.
– Ikan Mas, bijaksana. Memberikan apa yang diminta oleh kakek dan nenek, lalu mengambil lagi pemberian tersebut karena melihat keserakahan nenek.

4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?
Jawaban:
Hikmah yang dapat diperoleh dari cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kita tidak boleh serakah. Kita harus bersyukur terhadap semua rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.

5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?
Jawaban:
Sikap yang harus dihindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa adalah serakah. Saat seseorang memiliki sifat serakah, mereka akan selalu merasa kekurangan degan segala sesuatu yang telah ia miliki. Ia tidak mau bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

Kunci Jawban Halaman 145 146

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’.

Tulislah hasil diskusimu pada kotak berikut.

Jawaban:

Tokoh utama, tambahan, protagonis, dan antagonis pada cerita Nelayan dan Ikan Mas adalah:
– Tokoh utama : Kakek dan Nenek
– Tokoh tambahan : Ikan Mas
– Tokoh Protagonis : Kakek dan Ikan Mas
– Tokoh Antagonis : Nenek

Kunci Jawaban Halaman 147

Ayo Berdiskusi

Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman-teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di sekolahmu? Manfaat apa yang kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah?
Diskusikan bersama dua orang temanmu. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut

Jawaban:

1. Jenis perbedaan karakter: Usia
Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman: Menghargai cara berpikir teman yang belum dewasa.
Manfaat yang diperoleh: Hidup rukun dengan teman.

2. Jenis perbedaan karakter: Fisik
Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman: Menghargai teman yang memiliki perbedaan ciri fisik
Manfaat yang diperoleh: Mensyukuri setiap bentuk fisik pemberian tuhan merupakan yang terbaik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Subtema 2 Pembelajaran 4

3. Jenis perbedaan karakter: Kegemaran
Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman: Menghargai dan menghormati teman yang berbeda kegemarannya.
Manfaat yang diperoleh: Mengenal keragaman hal-hal yang disukai da digemari masing-masing teman-teman.

4. Jenis perbedaan karakter: Suku
Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman: Menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku
Manfaat yang diperoleh: Belajar mengenal adat istiadat suku bangsa yang lain

Kunci Jawaban Halaman 149

Ayo Mencoba

Kelompokkan jenis-jenis pekerjaan tersebut dalam dua kelompok yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya. Tuliskan hasil pekerjaanmu dalam bentuk kolom seperti berikut dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Jawaban:

a. petani menghasilkan barang

b. pengerajin menghasilkan barang

c. guru menghasilkan jasa

d. tukang potong rambut menghasilkan jasa

e. nelayan menghasilkan barang

Kunci Jawaban Halaman 150

Ayo Renungkan

– Bagaimana jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani? Apakah kita bisa memenuhi kebutuhan pangan secara terjangkau?
Jawaban:
Jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani maka seluruh warga masyarakat akan kekurangan bahan pangan karena petani adalah penghasil bahan pangan berupa beras. Tidak adanya beras mengakibatkan kekurangan salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu pangan.

– Bagaimana seharusnya kamu menyikapi keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam hal pekerjaan warga masyarakat?
Menghargai dan menghormati setiap pekerjaan. Apapun pekerjaannya, setiap warga saling membutuhkan satu sama lainnya.

– Apakah kamu bangga dengan keragaman pekerjaan di lingkungan tempat tinggalmu? Mengapa demikian?
Bangga. Pekerjaan yang dimiliki masyarakat di tempat tinggalku adalah pekerjaan halal. Ada yang menghasilkan barang ada yang menghasilkan jasa. Semuanya saling membutuhkan.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x