Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 48, 49, 50, 52, Subtema 2 Pembelajaan 1

- 25 November 2021, 18:25 WIB
Latihan soal dan kunci jawaban UAS Kimia kelas 11 SMA sederajat.
Latihan soal dan kunci jawaban UAS Kimia kelas 11 SMA sederajat. /Pixabay/F1Digitals

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 48, 49, 50, dan 52.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Mahluk Hidup.

Subtema 2 Buku Tematik Tema 3 berjudul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 48, 49, 50, dan 52.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 1 halaman 48, 49, 50, dan 52.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 48 49 50

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!

Jawaban:

1. Di mana kita bisa bertemu dengan burung Cendrawasih?
2. Dari mana asal burung Cendrawasih?
3. Kenapa burung Cendrawasih disebut hewan langka?
4. Apa makanan burung Cendrawasih?

Jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.
Jawaban:
Burung cenderawasih yang memiliki warna bulu indah menjadi maskot Papua. Keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Jawaban:
Perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?
Jawaban:
Tidak merusak habitat dan tidak memburu.

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!
Jawaban:
Perilaku manusia yang buruk menjadi faktor langkanya burung cenderawasih. Harga bulunya yang mahal, membuat manusia-manusia tidak bertanggung jawab memburu burung cenderawasih untuk dijual.

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
Jawaban:
Perilaku tersebut tidak boleh dicontoh. Sesama makhluk hidup, manusia seharusnya melindungi keberadaan burung Cenderawasih. Bukan malah memburunya untuk dijual.

Apa akibatnya jika burung cenderawasih punah?
Jawaban:
Keberagaman satwa Indonesia akan berkurang. Generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih melalui gambar atau foto.

Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?
Jawaban:
Semua manusia harus memiliki kesaradan bahwa keberadaan burung cendrawasih sudah langka. Memberi hukuman maksimal kepada pelaku pemburu burung Cenderawasih.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 22, 23, 25, 26, 28, 29, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 52

Ayo Membaca

Kupu-kupu

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu? Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?
Jawaban:
Kelestarian tanaman akan terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?
Jawaban:
Tidak menangkap kupu-kupu hanya untuk hiasan.

3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!
Jawaban:
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x