Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, Subtema 1 Pembelajaran 5

- 24 November 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI Halaman 187 Subtema 3 pembelajaran 6 tentang pertanyaan apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu.
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI Halaman 187 Subtema 3 pembelajaran 6 tentang pertanyaan apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu. / Pixabay.com/ Sasin Tipchai.

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 1 pembelajaran 5 halaman  32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, dan 39.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Mahluk Hidup.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 3 berjudul Hewan dan Tumbuan di Lingkungan Rumahku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 3 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, dan 39.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 1 pembelajaran 5 halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, dan 39.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 32

Ayo Mengamati

Amati gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh berikut.

Di manakah padi dan teh biasa tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?

Apa kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas?
Jawaban:
Tanaman padi tumbuh di daerah berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup, yakni 23 derajat celsius. Sementara tanaman teh tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13-15 derajat celsius.

Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?
Jawaban:
Padi tumbuh baik di daerah berhawa panas, sedangkan teh tumbuh baik di daerah berhawa dingin.

Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan?
Jawaban:
Padi dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan apabila tanah di daerah pegunungan tersebut banyak mengandung praksi pasir, debu, dan lempung serta memiliki pengairan yang cukup.

Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu.
Jawaban:
Teh dapat tumbuh dengan baik di daerah persawahan yang bersuhu dingin dengan tanah banyak mengandung bahan organik.

Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan.
Jawaban:
Ya keadaan iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, suhu dan kandungan unsur tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik?
Jawaban:
Sebelum menanam tumbuhan, perhatikan: kualitas tanaman, kualitas tanah, kondisi lingkungan (suhu), dan musim (Hujan atau Kemarau).

Kunci Jawaban Halaman 33

Ayo Berdiskusi

Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut?

Jawaban:

Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanahnya subur dan banyak mengandung bahan organik. Keadaan tanah sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur iklim, yaitu hujan, suhu dan kelembaban. Suhu udara dan tanah mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Tanaman tropis misalnya coklat memerlukan suhu tinggi sepanjang tahun.

Air adalah faktor yang lebih penting dalam produksi tanaman pangan dibandingakan dengan faktor lingkungan lainnya. Tanaman pangan memperoleh persediaan air dari akar, itu sebabnya pemeliharaan kelembaban tanah merupakan faktor yang penting dalam pertanian.

Curah hujan memegang peranan pertumbuhan dan produksi tanaman pangan. Hal ini disebabkan air sebagai pengangkut unsur hara dari tanah ke akar dan dilanjutkan ke bagian-bagian lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 34 dan 35

Ayo Berkreasi

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Temanku membuat kolase kupu-kupu dari kertas bekas.

Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Hasil hasil karyanya bagus, dan sangat menarik.

Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Jawaban:
Bagian yang paling menarik adalah perpaduan warna yang tepat sehingga kupu-kupu lebih menarik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 22, 23, 25, 26, 28, 29, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 35 36 37 38 39

Ayo Berlatih

Amati 3 karung beras berikut.

Taksirlah berat karung A dan B jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6.
Hasil penjumlahan = 8 + 6 = 14 kg.

Taksirlah berat karung A dan C jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil penjumlahan = 8 + 4 + 12 kg.

Taksirlah berat karung A, B, dan C jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil penjumlahan = 8 + 6 + 4 = 18 kg

Taksirlah selisih berat karung A dan B.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6.
Hasil pengurangan = 8 – 6 = 2 kg.

Taksirlah selisih berat karung A dan C.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil pengurangan = 8 – 4 = 4 kg

Taksirlah selisih berat karung B dan C.
Jawaban:
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil pengurangan = 6 – 4 = 2 kg.

Kamu hanya perlu mengetahui berapa km petani tersebut berjalan. Oleh sebab itu, kamu bisa menaksir jumlah 3 1/10 dan 2 4/5. Bagaimana caranya?

Jawaban:

1/10 lebih dekat dengan 0 sehingga 3 1/10 dibulatkan menjadi 3, 4/5 lebih dekat dengan 1 sehingga 2 4/5 dibulatkan menjadi 3. Jadi, petani tersebut berjalan 6 km dari rumah ke sawah dan dilanjutkan ke ladang.

Taksirlah penjumlahan dan pengurangan pecahan berikut

Jawaban:

1. 2 1/4 + 1 1/3 = 2 + 1 = 3
2. 1/4 + 1 1/3 = 0 + 1 = 1
3. 2 1/4 – 1 = 2 – 1 = 1
4. 4 3/4 – 2 = 5 -2 = 3

5. Buatlah soal cerita tentang penjumlahan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil pejumlahan pecahan dalam soal cerita tersebut.
Jawaban:
Ibu berbelanja di pasar membeli 1/4 kg bawang merah , 1 1/4 kg bawang putih, 1/2 kg dan 4/5 kg minyak goreng. Berat seluruh belanjaan ibu kira-kira …kg.

6. Buatlah soal cerita pengurangan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil pengurangan pecahan tersebut.
Jawaban:
Ahmad memiliki tali sepanjang 3 7/8 m. Kemudian tali tersebut dipotong 1 3/7 m, maka sisa tali Ahmad kira-kira … m.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang karakteristik sumber daya alam dan mengapreiasi karya kolase.

Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan.
Jawaban:
Bagian yang saya pahami dengan baik adalah mengapreisasi karya kolase.

Bagian mana yang belum kamu pahami?
Jawaban:
Bagian yang kurang saya pahami adalah karekteristik sumber daya alam.

Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Sangat bermanfaat.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Jawaban:
Saya merasa sangat senang.

Apakah ada hal lain yang ingin kamu ketahui
Jawaban:
Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang karakteristik sumber daya alam.


Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x