Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 76, 77, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86 Subtema 2 Pembelajaran 5

- 26 November 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 5 Sub Tema 2, Kenapa Pattimura Berjuang Melawan Penjajah?
Ilustrasi Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 5 Sub Tema 2, Kenapa Pattimura Berjuang Melawan Penjajah? /freepik.com/stories/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 76, 77, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, dan 86.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Mahluk Hidup.

Subtema 2 Buku Tematik Tema 3 berjudul Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 3 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 76, 77, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, dan 86.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 5 halaman 76, 77, 78, 80, 81, 82, 83, 84, 85, dan 86.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 76 77 78

Ayo Mengamati

Amati gambar hewan berikut. Apa yang kamu ketahui tentang karakteristik tempat hidup hewan-hewan tersebut?

Tulis jawabanmu pada kolom yang telah disediakan.

Jawaban:
1.     Ayam:     Ayam merupakan hewan yang hidup di darat
2     Bebek:     Bebek merupakan hewan yang hidup di air
3     Kucing:     Kucing merupakan hewan yang hidup di darat
4     Ikan:     Ikan merupakan hewan yang hidup di air

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Jawab pertanyaan berikut.

Apa kesimpulanmu tentang karakteristik tempat tinggal hewan di atas?
Jawaban:
Tempat tinggal hewan mempengaruhi kehidupan hewan.

Apa perbedaan antara tempat hidup kucing dan ikan?
Jawaban:
Kucing hidup di darat sedangkan ikan hidup di air. Kucing bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan bernapas dengan insang.

Menurutmu, apakah kedua hewan tersebut dapat hidup di tempat yang sama? Mengapa? Jelaskan alasanmu.
Jawaban:
Kucing dan ikan tidak dapat hidup bersama-sama jika kucing hidup di air dia tidak bisa bernapas, begitu pula sebaliknya ikan jika hidup di darat akan kesulitan bernapas.

Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) berpengaruh terhadap kehidupan hewan? Jelaskan!
Jawaban:
Keadaan iklim dan bentuk muka bumi berpengaruh terhadap kehidupan hewan. Misalnya hewan yang hidup di daerah dingin harus menyesuaikan bentuk dan fungsi tubuhnya dengan udara yang dingin. Hewan yang hidup di daerah pegunungan juga berbeda dengan hewan yang hidup di dataran rendah.

Sebelum memelihara hewan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar hewan tersebut dapat hidup dengan baik?
Jawaban:
– Memberi makan dan minum hewan peliharaan
– Membersihkan/memandikan binatang peliharaan
– Memberikan kandang yang baik dan membersihkan kandang
– Mengobati ketika sakit dan memberi vaksin penyakit
– Memberikan perhatian dan kasih sayang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 78

Ayo Berdiskusi

Tuliskan hasil diskusi pada bagan berikut.

Jawaban:

Nama Hewan: Ayam
Ciri-ciri Khusus:
– Ayam memiliki paruh panjang dan runcing digunakan untuk mengambil makanan
– Ayam memiliki cakar panjang berfungsi untuk mengais makanan dalam tanah
– Ayam memiliki bulu yang berfungsi untuk melindungi dari hawa dingin

Nama Hewan: Bebek
Ciri-ciri Khusus:
– Paruh bebek berbentuk sudu untuk memudahkan bebek dalam mencari makanan di lumpur.
-Bebek memiliki leher panjang yang berfungsi memudahkan bebek dalam mengais makanan di air.
-Kaki berselaput untuk memudahkan bebek dalam berenang dan berjalan di atas lumpur Bulu berlapis lilin sehingga bulu bebek tidak basah saat berenanga.

Nama Hewan: Kucing
Ciri-ciri Khusus:
– Memiliki mata yang tajam berfungsi untuk mencari mangsa pada malam hari.
– Memiliki misai yang berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan di ruang yang gelap maupun di tengah kegelapan malam.
– Memiliki bantalan halus di telapak kakinya berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan
– Alat keseimbangan pada telinga berfungsi untuk mengatur keseimbangan pendengarannyasehingga jika kucing jatuh tetap dalam keadaan berdiri.

Nama Hewan: Ikan
Ciri-ciri Khusus:
– Ikan memiliki sirip yang berfungsi untuk berenang di dalam air
– Ikan memiliki insang yang dapat digunakan untuk bernapas di dalam air.
– Ikan memiliki sisik dan lendir yang berfungsi untuk mengurangi gesekan saat bergerak di dalam air
– Bentuk tubuh yang streamline untuk mengurangi hambatan di dalam air apabila ikan sedang berenang sehingga memudahkan ikan dalam berenang.

Kunci Jawaban Halaman 81

Ayo Membaca

Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut.

Jawaban:

1. Hewan Darat
Hewan darat adalah kelompok hewan yang hidup dan tinggal di daratan.
Hewan darat terbagi menjadi :
– Kelompok hewan yang hidup di lingkungan sekitar manusia . Contoh : kucing, kelinci, dan lain-lain.
– Kelompok hewan yang hidup di dalam hutan . Contoh : kijang, monyet, dan lain-lain.
– Kelompok hewan yang hidup di dalam tanah . Contoh : cacing, ulat, dan lain-lain.

2. Hewan Air
Hewan air adalah kelompok hewan yang hidup dan tinggal di dalam air.
Contoh:
– Ikan
– Udang

3. Hewan Darat dan Air
Hewan darat dan air adalah kelompok hewan yang hidup dan bisa tinggal di keduanya, yaitu bisa tinggal di darat dan di air.
Contoh :
– Katak
– Kodok.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 48, 49, 50, 52, Subtema 2 Pembelajaan 1

Kunci Jawaban Halaman 81 dan 82

Ayo Berkreasi

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Temanku membuat sebuah karya mozaik berbentuk burung.

Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Hasil karya mozaik temanku sangat indah.

Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Jawaban:
Bagian yang menarik adalah temanku membuatnya dari biji-bijian dengan warna yang pas.

Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?
Jawaban:
Saranku adalah supaya temanku lebih hati-hati lagi dalam menempelkan biji-bijian pada karya mozaiknya adar terlihat rapi.

Kunci Jawaban Halaman 84 dan 85

Ayo Berlatih

Amati kembali soal di atas.

Taksirlah berat ikan dan udang jika digabungkan.
Jawaban:
2,3 + 0,64 = 2,5 + 0,75 = 3,25 kg

Taksirlah berat ikan dan ayam jika digabungkan.
Jawaban:
2,3 + 1,7 = 2,5 + 1,75 = 4,25 kg

Taksirlah berat ikan, udang, dan ayam jika digabungkan.
Jawaban:
2,3 + 0,64 + 1,7 = 2,5 + 0,75 + 1,75 = 5 kg.

Taksirlah selisih berat ikan dan udang.
Jawaban:
2,3 – 0,64 = 2,5 – 0,75 = 1,75 kg

Taksirlah selisih berat ikan dan ayam
Jawaban:
2,3 – 1,7 = 2,5 – 1,75 = 0,75

Buatlah soal cerita sendiri tentang penaksiran penjumlahan dan pengurangan desimal. Tukarkan cerita yang kamu buat dengan teman satu meja.

Jawaban:

1. Bu Ani berbelanja ke pasar membeli ikan sebesar 1,22 kg, gula pasir 0,8 kg, minyak sayur 0,45 kg. Berapakah total berat belanjaan ibu Ani.

2. Pak Rahmat menjual buah semangka yang beratnya masing-masing adalah 1,6 kg. Pak Rahmat membawa 10 buah semangka. Setelah satu jam berjualan ternyata semangka pak Rahmat yang terjual seberat 6,4 kg. Berapakah berat sisa semangka pak Rahmat?

Kunci Jawaban Halaman 85 dan 86

Ayo Berlatih

Taksirlah penjumlahan dan pengurangan desimal berikut

2,8 + 1,2
Jawaban:
2,75 + 1 = 3,75

0,4 + 1,9
Jawaban:
0,5 + 2 = 2,5

2,2 – 1,7
Jawaban:
2 – 1,72 = 0,25

4,4 – 6,3
Jawaban:
4,5 – 6,5 = -2

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x