BANYAK Hal-Hal yang Menyebabkan Komunikasi tidak Berjalan Sebagaimana Mestinya Jelaskan Menurut Pendapat Anda

17 Mei 2024, 14:41 WIB
Mengapa Kredibilitas Merupakan Aspek Penting bagi Terjadinya Efektivitas Komunikasi Persuasi? /Pexels.com /Christina Morillo/

Portal Kudus - Simak inilah referensi jawaban soal dari berikan satu contoh situasi masing-masing (kepada siapa dan dari siapa surat itu dikirim serta konteksnya).

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal berikan satu contoh situasi masing-masing (kepada siapa dan dari siapa surat itu dikirim serta konteksnya), silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal berikan satu contoh situasi masing-masing (kepada siapa dan dari siapa surat itu dikirim serta konteksnya).

Untuk mengetahui jawaban soal berikan satu contoh situasi masing-masing (kepada siapa dan dari siapa surat itu dikirim serta konteksnya), silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pertanyaan :

Banyak hal-hal yang menyebabkan komunikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya Jelaskan menurut pendapat Anda kenapa hal ini dapat terjadi?

Baca Juga: DARIMANAKAH Seharusnya yang Dilakukan Atasan Agar dalam Suatu Organisasi Terjadi Komunikasi yang Efektif?

Jawaban :

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan antara dua atau lebih pihak.

Tujuan utama komunikasi adalah untuk memahami dan dipahami oleh pihak-pihak yang terlibat.

Kriteria Komunikasi yang Berhasil dalam Perusahaan

Komunikasi dianggap berhasil dalam perusahaan jika:

Jelas dan Tepat: Pesan disampaikan dengan jelas dan tepat.
Dipahami dengan Baik: Penerima pesan memahami informasi yang disampaikan.

Mendorong Aksi: Komunikasi mendorong tindakan atau respons yang diinginkan.

Peran Atasan dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif

Atasan memiliki peran penting dalam menciptakan komunikasi yang efektif di organisasi.

Baca Juga: JAWABAN Bagaimana Penggunaan Bahasa dalam Abstrak di atas? Buatlah Kesimpulan dari Abstrak Diatas?

Mereka seharusnya:

Menjadi Contoh: Menunjukkan komunikasi yang terbuka dan jelas.

Mendukung Saluran Komunikasi: Membuat saluran komunikasi yang terbuka dan mudah diakses.

Mendengarkan dengan Aktif: Mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap bawahan.

Memberikan Umpan Balik: Memberikan umpan balik yang konstruktif.

Kendala dalam Komunikasi di Perusahaan

Beberapa alasan mengapa komunikasi di perusahaan tidak berjalan sebagaimana mestinya adalah:

Kurangnya Transparansi: Informasi tidak disampaikan secara terbuka.
Ketidakjelasan Tujuan: Tujuan komunikasi tidak jelas atau tidak dipahami dengan baik.
Gangguan Komunikasi: Gangguan teknis atau fisik yang menghambat komunikasi.
Perbedaan Persepsi: Perbedaan interpretasi pesan antara pihak-pihak yang terlibat.

Baca Juga: JAWABAN Masalah Masalah Apakah yang Dihadapi oleh Pemerintah dalam Meningkatkan Pembangunan Manusia Indonesia

Dengan memahami kendala-kendala ini, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan komunikasi internal dan eksternal.

***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler