Agar Produk UMKM Berkembang Pesat, Berikut 4 Cara Jitu Membangun Branding buat UMKM

- 10 Maret 2021, 20:09 WIB
Ilustrasi kemasan produk
Ilustrasi kemasan produk /Pixabay/

Portal Kudus- Produk UMKM dapat berkembang pesat dengan membangun branding dari produk yang dimiliki.

Branding menjadi salah satu langkah yang paling penting untuk keberlangsungan sebuah produk dan usaha.

Branding juga bertujuan untuk membangun citra sebuah usaha, label, atau produk.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Teknologi Pemutar Musik di Indonesia dari Tahun 1800-an Hingga Sekarang

Dengan adanya branding akan membantu konsumen untuk mengetahui identitas sebuah usaha atau produk.

Dengan branding ini juga, yang akan menentukan nilai serta menambah nilai jual produk yang sedang dibangun.

Perkembangan jaman yang semakin maju, memudahkan para produsen untuk membangun branding dari usaha yang sedang digeluti.

Baca Juga: Waspadai Mutasi Virus Corona Varian B.1.1.7, Berikut 7 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Mutasi Virus Corona

Karena di era sekarang, dapat memanfaatkan teknologi. Misalnya sosial media (Instagram, Facebook, Tiktok, dll) untuk membangun branding.

Agar produk UMKM berkembang pesat, terdapat 4 cara jitu membangun branding buat UMKM.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Vaksinasi COVID-19, Berikut 4 Alur Pelayanan Saat Vaksinasi Berlangsung

  1. Buatlah Identitas yang khas

Identitas menjadi faktor utama dari sebuah produk atau usaha. Karena yang menjadi ciri khas atau pembeda dengan usaha dan produk lain adalah identitas.

Identitas juga menjadi lambang perkenalan antara produsen dan konsumen. Untuk itu, buatlah identitas yang khas.

Karena dengan identitas yang khas, dapat mempermudah dan menarik konsumen untuk mengenali sebuah produk.  

Identitas yang khas juga menjadi pembeda antara produk satu dengan yang lainnya, walaupun produk atau usaha yang digeluti di bidang yang sama.

Baca Juga: Pemerasan oleh 3 Oknum KPK Gadungan Terhadap 7 Kepala Sekolah Dasar, Berhasil Diamankan Polisi

  1. Perhatikan setiap detail

Ini juga menjadi hal penting yang membutuhkan ketelitian tersendiri. Dalam membangun branding, wajib memperhatikan setiap detail dari produk dan pemasaran.

Karena jika asal- asalan dan kurang teliti dalam membangun branding sebuah produk, bisa saja menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

Selain itu, bisa juga menyebabkan konsumen tidak tertarik dengan produk yang dibuat, akibat branding yang kurang menarik.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Merah 2021 Melonjak di Beberapa Wilayah, Badan Ketahanan Pangan Kementan Ungkap Penyebab

Perhatikan setiap detail dari setiap desain yang dibuat, misalnya menggunakan desain khusus atau desain yang unik dan berbeda dari yang lain.

Menggunakan font khusus, pemilihan warna yang sesuai dan menarik, pola, bentuk, tagline, dan lain sebagainya.

  1. Cerita di balik produk

Setiap produk atau usaha pasti memiliki latar belakang yang berbeda- beda. Hal itu menjadi salah satu hal unik untuk menciptakan branding sebuah produk.

Baca Juga: Rumah Petani Grobogan Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

Produsen juga bisa menceritakan asal usul produk, sejarah dari terciptanya produk tersebut, pemilihan bahan yang berbeda dengan yang lain, dan lain sebagainya.

Karena dengan cerita di balik produk, menjadi salah satu hal yang dapat memancing ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut.

  1. Kemasan yang menarik

Saat ini, setiap konsumen akan lebih memilih produk dengan kemasan yang menarik walaupun harganya relatif mahal, dibandingkan produk murah tapi kemasan kurang menjual.

Baca Juga: 3 Lowongan Kerja di Industri Garmen Jateng Bulan Maret 2021 bagi Lulusan SMP, Berikut Syarat dan Cara Daftar

Hal itu dikarenakan, kemasan yang apik akan lebih menarik perhatian konsumen dan juga memberikan keyakinan tersendiri bahwa produk tersebut memang layak jual.

Kemasan yang menarik, bisa diperhatikan dari pemilihan desain, bentuk kemasan, warna kemasan, kerapatan dan kelayakan kemasan, dll.

Semakin unik sebuah kemasan, maka semakin kuat juga branding dari produk tersebut. Dan yang pasti, kemasan harus yang praktis dan aman.

Itulah 4 cara jitu membangun branding buat UMKM, agar produk UMKM berkembang pesat. ***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah