Helpdesk PPPK 2022 untuk Atasi Pesan Mohon Maaf Formasi pada Instansi Tidak Tersedia saat Pendaftaran

4 November 2022, 20:35 WIB
Ilustrasi Helpdesk PPPK 2022 untuk Atasi Pesan Mohon Maaf Formasi pada Instansi Tidak Tersedia saat Pendaftaran /Tangkapan Layar Facebook/

Portal Kudus - Berikut penggunaan helpdesk PPPK 2022 untuk atasi pesan "Mohon maaf formasi pada instansi tidak tersedia" saat pendaftaran.

Cara penggunaan menu helpdesk PPPK 2022 untuk atasi pesan "Mohon maaf formasi pada instansi tidak tersedia" saat pendaftaran memang sedang banyak dicari.

Bagi Anda yang mencari cara penggunaan helpdesk PPPK 2022 untuk atasi pesan "Mohon maaf formasi pada instansi tidak tersedia" saat pendaftaran, simak artikel ini lebih lanjut.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2022 Muncul Keterangan Mohon Maaf Formasi pada Instansi Sudah Tidak Tersedia, Kenapa?

Sebagai informasi, pada kasus tidak dapat melanjutkan pendaftaran PPPK 2022 karena pesan notifikasi seperti disebutkan di atas, menandakan bahwa formasi jabatan yang linear dengan ijazah pelamar atau pendaftar sudah tidak tersedia.

Ketidaktersedian formasi jabatan PPPK tersebut kemungkinan dikarenakan dua hal.

Pertama, instansi memang sedang tidak membuka formasi jabatan pada PPPK tahun 2022 ini.

Kedua, formasi jabatan PPPK 2022 dibuka, tetapi sudah terisi penuh oleh pendaftar lain.

Selain itu, pesan notifikasi "Mohon maaf, formasi pada instansi sudah tidak tersedia" juga akan muncul pada dashboard kategori prioritas 1 yang tidak mendapatkan kuota.

Hal tersebut sesuai dengan buku panduan pendaftaran PPPK 2022 yang berbunyi sebagai berikut:

"Jika pelamar masuk dalam kategori prioritas 1 namun tidak mendapatkan kuota penempatan maka pada saat pemilihan jenis seleksi, sistem tidak akan menampilkan data pada DAPODIK pelamar sistem akan memberikan keterangan

'Mohon maaf, formasi pada instansi sudah tidak tersedia. Anda tidak dapat melanjutkan pendaftaran ini'."

Baca Juga: DOWNLOAD Soal PPPK 2022 dan Kunci Jawaban PDF untuk Tes Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Namun, bagaimana jika formasi jabatan dibuka dan masih kosong namun tetap muncul pesan notifikasi tidak bisa melanjutkan pendaftaran?

Bagi pelamar baik P1, P2, maupun P3 yang masih mendapatkan notifikasi tidak bisa melanjutkan pendaftaran dapat melakukan pengaduan melalui "Helpdesk" atau call center 1-500-997.

Berikut cara menggunakan menu Helpdesk untuk membuat pengaduan terkait pesan "Mohon maaf, formasi pada instansi sudah tidak tersedia".

Cara Menggunakan Helpdesk untuk Membuat Pengaduan PPPK 2022

1. Klik "Helpdesk" pada pesan yang muncul

2. Isikan data-data yang diminta

3. Pada data email, silakan gunakan email aktif karena akan digunakan untuk verifikasi pengaduan

4. Pada halalan pengaduan dapat menulis permasalahan yang dialama, misalnya "Kenapa saya tidak bisa melanjutkan pendaftaran sementara di daerah saya terbuka formasi guru PPPK?"

Baca Juga: BANK SOAL PPPK 2022 dan Kunci Jawaban untuk Tendik Tenaga Pendidikan Terbaru, Latihan Soal Seleksi P3K

5. Kirim pengaduan

6. Cek email

7. Jika mendapat balasan, silakan klik nomor seri untuk verifikasi pengaduan

8. Secara otomatis akan membuka halaman web pendaftaran PPPK

9. Klik "Selesai Pengaduan"

Jika berhasil, pelamar dapat melanjutkan pendaftaran PPPK 2022.

Jika setelah menekan tombol "Selesai Pengaduan" masih belum bisa melanjutkan pendaftaran, silakan cek secara berkala.

Pada beberapa akun, pesan notifikasi baru hilang setelah menunggu 1x24 jam.

Semoga membantu.***

Editor: Ahmad Khakim

Tags

Terkini

Terpopuler