Bagaimana Gejala HIV AIDS? Berikut Penjelasannya

- 26 Agustus 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi HIV. Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dikhawatirkan akan ada hampir 2.000 Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sampai akhir 2021.
Ilustrasi HIV. Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dikhawatirkan akan ada hampir 2.000 Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sampai akhir 2021. /Foto: Pixabay/Padrinan/

Portal Kudus – HIV/AIDS merupakan sebuah kondisi dimana tubuh telah menagalami infeksi parah yang diakibatkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency Virus.

Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan satu jenis virus yang menyerang system kekebalan tubuh seseorang. Sehingga penderitanya sering kali rentan terserang penyakit. 

Seseorang yang terinveksi virus HIV pada awalnya tidak akan memperlihatkan gejala apapun. Mereka akan terlihat sehat seperti orang-orang kebanyakan.

 Baca Juga: Apa Itu HIV AIDS? Berikut Pengertian Serta Penjelasan Tentang HIV AIDS

Namun, bukan berarti orang terinfeksi tidak memiliki gejala apapun. Bisanya gejala dari inveksi HIV akan mulai terlihat setelah beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Adapun tahapan gejala HIV/AIDS ini terbagi kedalam beberapa stadium, antara lain:

Stadium 1: Asimptomatik

Tahap ini menandakan bawaha telah terdapat virus HIV didalam tubuh namun belum menunjukan gejala apapun, namun sudah bisa menularkan virus. Keadaan ini bisa berlangsung selama 5 hingga 10 tahun.

 Baca Juga: Apa yang Menjadi Dasar Jika Teks Tersebut Dinamakan Teks Eksplanasi? Pahami Dasar Teks Eksplanasi Berikut Ini

Stadium 2: Presistent Generalized Lymphadenopathy

Halaman:

Editor: Kartika Kudus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah