Apa Itu Bantuan El-Nino, Bantuan El Nino Untuk Siapa Saja?

- 14 November 2023, 19:01 WIB
Apa Itu Bantuan El-Nino, Bantuan El Nino Untuk Siapa Saja?
Apa Itu Bantuan El-Nino, Bantuan El Nino Untuk Siapa Saja? /Satria HW/PortalKudus.com

Portal Kudus - Menghadapi situasi kemarau panjang akibat El Nino, Pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk membantu masyarakat yang rentan terhadap dampak El Nino. Disini dapat anda baca apa itu bantuan El Nino dan untuk siapa saja?

Ramai pemberitaan tentang bantuan El Nino sudah cair, dengan nominal BLT El-Nino sebesar Rp200 Ribu. Untuk anda yang belum paham tentang apa itu bantuan El Nino, jenis bantuan ini untuk siapa saja dapat disimak disini.

Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu bantuan El Nino, Saat ini terjadi perubahan musim kemarau ekstrem diakibatkan El-Nino, yang berpotensi membuat produksi pertanian tidak optimal. Kekeringan dimana-mana diakibatkan faktor kemarau panjang. Oleh karenanya Pemerintah melalui berbagai Kementerian mengatasi dampak buruk dari Ul-Nino ini, seperti bantuan beras dan BLT El-Nino. Bantuan El Nino ini untuk siapa saja? Ini Bacaannya.

Baca Juga: Nyiur Tumbuh Menjulang Tinggi ke Atas Artinya Setiap Pramuka Harus? Ini 6 Arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka

Adanya berbagai bantuan yang akan disalurkan oleh Pemerintah, sudah disinyalkan Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dengan meluncurkan paket kebijakan APBN untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi. Kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka merespon gejolak ekonomi global, perlambatan ekonomi Tiongkok, dan kemarau panjang akibat El Nino, seperti melansir pemberitaan kemenkeu.go.id Tanggal, 25 Oktober 2023.

Dalam pemaparannya, Sri Mulyani melihat bahwa El Nino akan mengakibatkan lonjakan harga komoditas seperti beras yang memicu tekanan inflasi tinggi. Selain itu, tingginya suku bunga di negara maju dan melemahnya outlook perekonomian global menimbulkan dampak yang sangat terasa di dalam perekonomian dan masyarakat.

Disinilah kemudian Pemerintah mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu masyarakat, agar menjaga daya beli, stabilisasi harga, dan pengendalian inflasi.

Baca Juga: TERJAWAB! DALAM Kegiatan Politik Islam Mengenal Istilah Ulil Amri Perlu Kita Pahami Selain Ketaatan Manusia

Melalui program tambahan bantuan beras akan diberikan kepada 21,3 juta kelompok penerima manfaat sebesar 10 kg selama bulan Desember dengan total kebutuhan anggaran Rp2,67 triliun.

Halaman:

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x