AKTIVITAS Menabung di Bank atau Lembaga Keuangan Merupakan Salah Satu Program Literasi Keuangan, Ini Tujuannya

- 12 September 2023, 08:21 WIB
Aktivitas menabung di bank atau lembaga keuangan merupakan salah satu program yang terdapat dalam literasi keuangan.
Aktivitas menabung di bank atau lembaga keuangan merupakan salah satu program yang terdapat dalam literasi keuangan. /pexels/karolina grabowska

Portal Kudus - Aktivitas menabung di bank atau lembaga keuangan merupakan salah satu program yang terdapat dalam literasi keuangan.

Kegiatan menabung bertujuan untuk apa saja? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini mengenai tujuan kegiatan menabung. 

Sebelum dibahas mengenai tujuan kegiatan menabung, pahami mengenai program literasi keuangan berikut.

Baca Juga: Rezeki Nomplok dari Live Streaming Flash Sale di Shopee Live, Pemuda Tasikmalaya Dapat Avanza Seharga Rp9.000

Mengutip dari laman OJK, literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan keuangan masyarakat.

Adapun pelaksanaan edukasi keuangan adalah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Hal tersebut penting untuk dilakukan, sebab meurut survei OJK pada tahun 2022, indeks literasi keuangan penduduk Indonesia yaitu sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2013, 2016 dan 2019 yang masing-masing hanya 21,84 persen, 29,70 persen, dan 38,03 persen.

Baca Juga: Meningkatkan Semangat Menabung Bagi Nasabah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Parakan Temanggung Bagi Hadiah

Literasi keuangan bisa menjadi investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan agar tetap terjaga atau stabil.

Halaman:

Editor: Al Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x