CONTOH Aspek Value Proposition UMKM, Pahami Apa Saja Contoh Nilai Keunggulan Produk UMKM Berikut

19 Juni 2022, 18:59 WIB
Contoh aspek value proposition UMKM yang perlu dipahami berikut, apa saja contoh nilai keunggulan dalam produk UMKM. /Ilustrasi: Pixabay/Pixabay

Portal Kudus - Simak contoh aspek value proposition UMKM yang perlu dipahami berikut, apa saja contoh nilai keunggulan dalam produk UMKM. 

Bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang contoh aspek value proposition UMKM, simak artikel ini seutuhnya.

Akan disajikan penjelasan tentang contoh aspek value proposition UMKM, atau apa saja contoh nilai keunggulan produk UMKM.

Baca Juga: APA Itu Tes VCT Kampus Mengajar? Simak Tes VCT Adalah Apa, Pahami Contoh dan Seperti Apa Tesnya

Value proposition adalah hal penting yang harus dipahami dan dimiliki oleh suatu produk UMKM.

Tentu, para pelaku UMKM harus mengetahui aspek value proposition yang dimiliki oleh produk yang dijualnya.

Lantas, apa contoh aspek value proposition UMKM? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: CONTOH Tes Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar, Simak Gambaran Pertanyaan dan Soal Literasi & Numerasi

Melansir smesta.kemenkopukm.go.id, dijelaskan bahwa value proposition adalah salah satu cara pelaku UMKM agar bisa meningkatkan akses pasar. 

Adapun value proposition adalah nilai keunggulan. Agar produk yang kita pasarkan laris terjual tentunya kita harus tahu apa nilai keunggulan yang ditawarkan ke konsumen, atau biasa disebut value proposition dari produk/jasa yang dijual.

Hal yang perlu dilakukan untuk merancang nilai keunggulan atau value proposition adalah melakukan analisis pasar. 

Analisis pasar bisa dilakukan dengan mencari tahu, mengapa pelanggan mau membeli produk kita? Apa fitur, manfaat, dan keunggulan produk kita?

Contoh aspek value proposition UMKM

Baca Juga: BARU! Kata Sambutan Wali Murid TK, Contoh Sambutan Wali Murid Ucapan Terima Kasih dalam Acara Perpisahan TK

Masih mengutip dari smesta.kemenkopukm.go.id, contoh terkait value proposition misalnya kita berjualan tas kulit dan kita menyediakan layanan kustomisasi alias calon pembeli boleh meminta dibuatkan tas sesuai dengan keinginannya, tidak tergantung pada model yang ada.

Itu bisa menjadi vale proposition dari sebuah produk, sebab tidak semua penjual tas menyediakan hal tersebut.

Contoh selanjutnya, kita memproduksi brownies bakar spesial, yakni aromanya yang wangi dan memiliki varian rasa yang unik, bisa 5-7 rasa dalam satu loyang. 

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa nilai keunggulan dapat dilihat dari beberapa aspek seperti: harga, kemasan, kualitas, desain, kecepatan, kesiagaan 24 jam, kenyamanan, brand image,kostumisasi, keragaman pilihan, ada garansi, ada layanan pengiriman atau program cicilan 0%, dll.

Ketika suatu produk memiliki semakin banyak nilai manfaat atau nilai keunggulan, maka semakin tinggi kemungkinan untuk laku. 

Di samping itu, value proposition juga bisa dibentuk dari bahan baku, cerita proses produksi, kualitas produk, kepraktisan kemasan, hingga kemudahan dalam pembelian.  

Demikian contoh aspek value proposition UMKM yang perlu dipahami berikut, apa saja contoh nilai keunggulan dalam produk UMKM.***

Editor: Al Mahfud

Tags

Terkini

Terpopuler