Portal Kudus - Inilah 60 soal pedagogik PPG 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal pedagogik pretest PPG Kemenag tahun 2023.
Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai 60 soal pedagogik PPG 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal pedagogik pretest PPG Kemenag tahun 2023.
Untuk melihat kunci jawaban dan latihan soal pedagogik pretest PPG Kemenag tahun 2023, silahkan simak pada artikel berikut ini.
Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 60 soal pedagogik PPG 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal pedagogik pretest PPG Kemenag tahun 2023.
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah ….
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Jawaban : B
2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah ....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
Jawaban : D
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan objek-obkek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun
Jawaban : C
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ....
A. anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
B. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Jawaban : A
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan ….
A. kognitif
B. sosial
C. emosional
D. moral
Jawaban : C
6. Seorang peserta didik mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan .…
A. moral
B. spiritual
C. sosial emosional
D. kognitif
Jawaban : C
7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, dirinya memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ....
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
Jawaban : A
8. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ....
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
Jawaban : A
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 59 Aktivitas Kelompok Materi Bencana yang Terjadi Negara ASEAN
9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ....
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Jawaban : C
10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Jawaban : C
11. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Jawaban : D
12. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru, tetapi pada saat ditanya tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Jawaban : B
13. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah ....
A. membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Jawaban : C
14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah ….
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
Jawaban : A
15. Apabila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan adalah .....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
Jawaban : C
16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. Hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ....
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual
Jawaban : B
17. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).
Teori belajar yang dimaksud adalah .…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
Jawaban : A
18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Jawaban : D
19. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Jawaban : A
20. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Jawaban : A
21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar .…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
Jawaban : C
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Jawaban : B
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari ....
A. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
B. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
Jawaban : A
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar
untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
Jawaban : A
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ....
A. materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Jawaban : B
26. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih dijabarkan dari ....
A. Silabus untuk pembuatan indikator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai
KD
Jawaban : D
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : Menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : Setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut, prinsip digunakan adalah ....
A. memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. keterkaitan dan keterpaduan
Jawaban : D
28. Di dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali ....
A. metode mengajar yang digunakan guru
B. karakteristik bahan ajar
C. waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
Jawaban : C
29. Seorang guru melakukan aktivitas pembelajaran sebagai berikut,
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi.
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Berdasarkan aktivitas tersebut, guru dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis ....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
Jawaban : C
30. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian, proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan .…
A. penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar
B. pemberian tugas yang terstruktur
C. penggunaan metode bervariasi
D. menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah
Jawaban : A
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan síntesis
Jawaban : B
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta
Jawaban : D
33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Jawaban : C
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah ....
A. waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. motivasi belajar siswa
Jawaban : B
35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah ....
A. memilih bahan untuk membuat media atau alat bantu
B. membuat media dan alat bantu sederhana
C. menggunakan media dan alat bantu
D. merawat media dan alat bantu
Jawaban : B
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….
A. pencapaian standar kompetensi
B. pencapaian kompetensi dasar
C. pencapaian tujuan pembelajaran
D. pencapaian standar kelulusan
Jawaban : D
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Jawaban : D
38. Jika Anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan yang akan Anda dilakukan adalah ....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
Jawaban : C
39. Tindakan yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan adalah ....
A. menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab meskipun salah
C. menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. menjawab sendiri pertanyaan tersebut
Jawaban : A
40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus, artinya ....
A. cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik
B. adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
C. cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber
belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
Jawaban : C
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. sharing dengan teman
B. guru kreatif
C. pengalaman nyata
D. menggunakan satu sumber
Jawaban : D
42. Di dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria ….
A. sahih
B. kebermanfaatan
C. layak dipelajari
D. menarik minat
Jawaban : A
43. Ibu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Ibu Rossa mengikuti pola ....
A. kausal
B. spiral
C. kronologis
D. inquiri
Jawaban : B
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 17 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 1.2, Berapa Banyak Ubin
44. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria ....
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
Jawaban : D
45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah .…
A. pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
C. pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
D. pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran
Jawaban : B
46. Pada saat menyiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibedakan menjadi ....
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
Jawaban : A
47. Di dalam ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya Anda dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Anda memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan Anda dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah ....
A. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
B. sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
C. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
Jawaban : A
Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas VIII SMP dan MTs Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN No11-20
48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ....
A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
Jawaban : C
49. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar
B. membuat konkrIt konsep yang abstrak
C. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang
D. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
Jawaban : B
50. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep atau objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar dan candi
B. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
C. membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah
D. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang
Jawaban : A
51. Berikut yang bukan termasuk karakteristik siswa abad 21…
A. Keterampilan belajar dan inovatif
B. Berfikir kritis
C. Keahlian literasi digital
D. Kemampuan berinteraksi
Jawaban: D
52. Berikut merupakan pergeseran atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 kecuali…
A. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
B. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri secara berkelanjutan
C. Mengubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
D. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning
Jawaban: D
53. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah…
A. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmiah, dan tergantung kepada fasilitator
B. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
C. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
D. Belajar berdasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
Jawaban: C
54. Seorang guru dapat mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi serta mengidentifikasi asumsi, hal tersebut tergolong kemampuan berfikir kritis dalam hal…
A. Membangun keterampilan dasar
B. Menyimpulkan
C. Memberikan penjelasan secara sederhana
D. Memberikan penjelasan lanjut
Jawaban: A
55. Salah satu tujuan dari rancangan pembelajaran di abad 21, yang diharapkan dapat disusun oleh seorang guru adalah…
A. Mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online
B. Optimalisasi media berbasis online
C. Mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa
D. Mencapai hasil pembelajaran yang optimal
Jawaban: A
56. Karakteristik siswa abad 21 harus memiliki keterampilan 4C, yaitu…
A. Communication, creativity, creation, critical thinking
B. Communication, collection, critical thinking, creativity
C. Collaboration, communication, creation, critical thinking
D. Communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation
Jawaban: D
57. Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah…
A. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
B. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
C. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri
D. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
Jawaban: C
58. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara....
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
Jawaban: B
59. Berikut ini merupakan keterampilan global guru abad 21 kecuali…
A. Ahli menyusun perangkat pembelajaran
B. Keterampilan berfikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah
C. Komunikasi dan kolaborasi, literasi media informasi, komunikasi, dan teknologi
D. Kreativitas dan inovasi
Jawaban: A
60. Pernyataan yang tepat tentang RPP adalah ....
A. RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
B. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD)
C. Penyusunan RPP dilakukan oleh setiap pendidik pada satuan pendidikan setiap pergantian kurikulum
D. pernyataan A dan B benar
Jawaban: D
Demikian terkait 60 soal pedagogik PPG 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal pedagogik pretest PPG Kemenag tahun 2023.***