Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 22, 23, 25, 26, 28, 29, Subtema 1 Pembelajaran 4

- 23 November 2021, 11:12 WIB
Berikut ini adalah kunci jawaban latihan soal PAS/UAS kelas 3 SD tema 4 Kewajiban dan Hakku soal 11 hingga 19.
Berikut ini adalah kunci jawaban latihan soal PAS/UAS kelas 3 SD tema 4 Kewajiban dan Hakku soal 11 hingga 19. /freepik.com/freepik/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 halaman  22, 23, 25, 26, 27, 28, dan 29.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 9 berjudul Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 22, 23, 25, 26, 27, 28, dan 29.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 9 kelas 4 SD dan MI subtema 1 pembelajaran 4 halaman 22, 23, 25, 26, 27, 28, dan 29.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 22 23

Ayo Membaca

Hemat Energi Hemat Biaya

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

1. Mengapa kita harus berhemat energi?

Jawaban:

Kita harus hemat energi karena agar cadangan energi tidak cepat habis. Selain itu hemat listrik juga supaya energi bisa digunakan lebih lama.

2. Coba jelaskan dengan hemat energi maka akan menghemat biaya!

Jawaban:

Hemat energi dapat menghemat biaya karena untuk menggunakan energi (listrik) memerlukan biaya. Semakin boros menggunakan listrik semakin besar beban biaya yang dibayar.

3. Bagaimanakah cara menghemat listrik?

Jawaban:

Cara menghemat listrik antara lain :
– Matikan listrik yang tidak terpakai, seperti menatikan tv jika tidak ditonton atau mematikan lampu yang masih menyala pada siang hari. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pemborosan.
– Mengurangi penggunaa listrik. Contohnya mencuci pakaian secara manual tanpa menggunakan mesin cuci, menggunakan ulekan pengganti blender untuk menghaluskan bumbu.
– Membuka jendela pada siang hari, hal ini bertujuan agar ada udara dan sinar matahari yang masuk ke rumah, agar dapat mengurangi pemakaian lampu dan AC pada siang hari.
– Gunakan lampu yang hemat energi seperti lampu LED.
– Menggunakan perangkat listrik yang memiliki tegangan atau watt yang lebih rendah.

*Berdasarkan bacaan di depan, temukan ide pokok dan kalimat pendukung tiap-tiap paragraf. Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu.

Jawaban:

Ide pokok teks Hemat Energi Hemat Biaya

Paragraf 1
Ide Pokok: Hemat energi adalah menggunakan energi seperlunya.
Kalimat Pendukung:
– Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui.
– Kita harus mempergunakannya sehemat mungkin.
– Hemat menggunakan energi berarti menghemat biaya.

Paragraf 2
Ide Pokok: Energi yang dihemat penggunaannya adalah listrik.
Kalimat Pendukung:
– Listrik energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat dirasakan manfaatnya.
– Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.
– Listrik sangat berperan membantu berbagai aktivitas manusia.

Paragraf 3
Ide Pokok: Listrik dihasilkan melalui pembangkit listrik.
Kalimat Pendukung:
– Contoh pembangkit listrik antara lain PLTA, PLTS, dan PLTU.
– Setiap pembangkit listrik memerlukan biaya yang besar pembangunannya.
– Kita harus berhemat dalam menggunakan listrik.

Paragraf 4
Ide Pokok: Keberadaan listrik memakan biaya yang sangat tinggi.
Kalimat Pendukung:
– Kita harus membayar biaya pemasangan listrik dan membayar biaya penggunaan setiap bulannya.
– Semakin boros menggunakan listrik semakin besar beban biaya yang dibayar.

Paragraf 5
Ide Pokok: Cara berhemat energi listrik
Kalimat Pendukung:
– Tidak menyalakan lampu pada siang hari.
– Menyalakan lampu hanya jika diperlukan.
– Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari.
– Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan.
– Menggunakan listrik seoptimal mungkin.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 161, 162, 165, 166, 169, Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 25

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, coba identifikasi perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.

Jawaban:

Tabel perbuatan orang-orang di sekitarku yang berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.

Contoh Boros Energi
– Menghidupkan lampu pada siang hari.
– Tidak mematikan kran yang tidak dipakai
– Menonton televisi sepanjang hari
– Menghidupkan pendingin ruangan sepanjang hari
– Tidur dengan kondisi lampu tetap menyala

Contoh Hemat Energi
– Mematikan lampu pada siang hari
– Mematikan kran air saat tidak dipakai.
– Membatasi jam menonton televisi.
– Menghidupkan pendingin ruangan saat cuaca panas
– Tidur dengan mematikan lampu

Kunci Jawaban Halaman 26

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Manusia dan Lingkungan”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Lengkapilah peta pikiran berikut.

1. Lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Apa maksudnya? Lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya.

2. Sikap apa yang seharusnya dilakukan manusia terhadap lingkungan? Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab

3. Mengapa manusia harus baik terhadap lingkungan? Manusia harus baik terhadap lingkungan karena manusia hidup dalam lingkungan. kehidupan manusia akan bergantung pada lingkungannya.

Kunci Jawaban Halaman 28 29

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban:

Hari ini saya telah belajar tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Manfaat yang dapat saya ambil dari pembelajaran hari ini adalah saya harus lebih peduli terhadap lingkungan sekitar

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Keterampilan yang saya peroleh hari ini adalah menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Setelah pembelajaran hari ini saya ingin sekali meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x