Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 161, 162, 165, 166, 169, Subtema 3 Pembelajaran 5

- 22 November 2021, 10:58 WIB
ilustrasi kunci jawaban
ilustrasi kunci jawaban /freepik.com/pch.vector/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 8 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 161, 162, 165, 166, dan 169.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 8 memiliki judul Daerah Tempat Tinggalku.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 8 berjudul Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 8 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 161, 162, 165, 166, dan 169.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 5 halaman 161, 162, 165, 166, dan 169.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110 Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 161

Ayo Mengamati

Di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu tentu banyak keberagaman karakteristik individu.

Coba, kamu tuliskan ragam karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. Tuliskan pula manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan seharihari di lingkungan masyarakat tempat tinggalmu. Tuliskan dalam tabel berikut.

Jawaban:

1. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Usia
Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain.

2. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Jenis kelamin.
Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain.

3. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Kegemaran.
Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain.

4. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Sifat.
Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain.

5. Keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Fisik.
Manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan tempat tinggal: Dapat saling membantu dan hidup rukun satu sama lain.

Kunci Jawaban Halaman 161 162

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan yang dimaksud tokoh antagonis!
Jawaban:
Tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat jahat dalam cerita.

2. Jelaskan yang dimaksud tokoh utama!
Jawaban:
Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus dan mendominasi cerita.

3. Jelaskan yang dimaksud tokoh pembantu atau tambahan!
Jawaban:
Tokoh pembantu atau tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali saja. Tokoh ini biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekedar pemanis cerita.

4. Apakah lawan sikap antagonis?
Jawaban:
Lawan sifat antagonis adalah sifat protagonis.

5. Jelaskan yang dimaksud sikap lawan antagonis!
Jawaban:
Sifat lawan antagonis adalah protagonis. Sifat protagonis adalah sifat baik hati.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 165 166

Ayo Membaca

KENDI EMAS DAN ULAR

Berdasarkan bacaan yang telah disajikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?
Jawaban:
Tokoh utama dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” adalah petani.

2. Siapakah tokoh pembantu tambahan dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?
Jawaban:
Tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu Istri Petani, Ibu Tetangga dan Suaminya.

3. Siapakah yang menjadi tokoh antagonis?
Jawaban:
Tokoh antagonis dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu Ibu Tetangga dan Suaminya.

4. Mengapa tokoh pada jawaban soal nomor 3 disebut tokoh antagonis?
Jawaban:
Tokoh pada jawaban soal nomor 3 disebut tokoh antagonis karena sifat tokoh-tokoh tersebut jahat.

5. Sikap apakah yang tecermin pada tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?
Jawaban:
Sifat yang tercermin pada tokoh utama dalam cerita ”Kendi Emas dan Ular” yaitu baik, tidak mau memiliki barang atau benda yang bukan haknya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD dan MI Halaman 42 Subtema 1 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 169

Ayo Renungkan

Apakah kamu merasa kesulitan dalam membuat sketsa? Apa pentingnya membuat sketsa dalam menggambar tiga dimensi? Bagaimanakah jika menggambar karya tiga dimensi tanpa membuat sketsa? Coba kamu renungkan, lalu tuliskan hasilnya dalam dalam kotak berikut.

Jawaban:
Saya tidak merasa kesulitan membuat sketsa gambar. Sektsa sangat penting dalam menggambar tiga dimensi karena dapat memudahkan dalam menggambar/melukis. Jika menggambar tiga dimensi tanpa menggunakan sektsa tentunya akan lebih sulit. Kecuali mereka yang sudah profesional dalam menggambar.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x