10 JAWABAN Post Test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka

- 19 Juli 2022, 15:13 WIB
Kunci jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila dan jawaban cerita reflektif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kunci jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila dan jawaban cerita reflektif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. /Ilustrasi: YouTube Kemendikbud RI/

Portal Kudus - Simak kumpulan jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila dan jawaban cerita reflektif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Simak selengkapnya informasi di bawah ini untuk mendapatkan referensi kunci jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila. 

Tersaji contoh soal dan referensi jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila yang bisa dijadikan bahan belajar. 

Baca Juga: 25 KUNCI Jawaban Post Test Kurikulum Merdeka Modul 1, Contoh Soal dan Jawaban Pelatihan Mandiri

Mengerjakan soal-soal post test dalam pelatihan mandiri platform Merdeka Mengajar menjadi salah satu cara meningkatkan pengetahuan sebagai pendidik. 

Berbagai fitur tersedia di platform Merdeka Mengajar dan bisa menjadi teman dan panduan guru dalam belajar menerapkan pembelajaran terbaik dan efektif. 

Berikut ini kumpulan contoh dan jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila serta Cerita Reflektif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila:

Baca Juga: 5 JAWABAN Post Test Modul 5 Dimensi Mandiri Profil Pelajar Pancasila, Simak Soal dan Referensi Jawaban

1. Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah...

a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Memverifikasi penelusuran informasi
c. Menganalisis dan mengevaluasi pelajaran
d. Refleksi pemikiran dan proses berfikir

Jawaban: A

2. Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 ( fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium dan cara pencegahannya.

Baca Juga: CONTOH Tes Diagnostik Kurikulum Merdeka, Pahami Apa Itu Tes Diagnostik, Tujuan, dan Cara Implementasi

Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.

Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen...

a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamannya
b. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin
c. Jawaban a dan b benar
d. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : C

3. Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya.

Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya...

a. Pemahaman murid terhadap konsep
b. Miskonsepsi
c. Jawaban benar dan salah
d. Kesulitan yang dihadapi murid

Jawaban: C

4. Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen...

a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
c. Refleksi pemikiran dan proses berfikir
d. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Jawaban: C

5. Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan Bu Neke di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis adalah, kecuali...

a. Saling merevlu penampilan teman saat pentas
b.Membuak ruang diskusi mengenai interpretasi tari
c. Memberikan checklist komponen pertunjukkan saat menonton pentas tari
d. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton pentas tari

Jawaban: C

Cerita Reflektif 

1. Cerita Reflektif : Apakah Ibu/Bapak suka menulis buku harian/mengambil foto kenang-kenangan? Kenapa?

Jawaban:
Selain mengambil foto kenang-kenangan, foto kegiatan belajar didalam kelas atau diluar kelas sering saya lakukan.

2. Saat membuat catatan proses, berikut adalah hal yang perlu kita hindari, yaitu…

Jawaban: Menonjolkan kekurangan dan memberi label pada murid

3. Bagaimana pemilihan hasil karya untuk dimasukkan dalam portofolio murid?

Jawaban: Murid yang memilih sendiri hasil karyanya yang dimasukkan ke dalam portofolionya.

4. Sebagai guru, kita dapat membuat catatan untuk merekam proses pembelajaran projek murid secara berkelanjutan. Catatan ini dinamakan…

Jawaban: Jurnal Pendidik

5. Berikut adalah contoh penulisan catatan proses dalam rapor projek murid. Contoh penulisan yang tepat adalah…

Jawaban: Randy dapat terus berkontribusi untuk menyumbangkan ide-idenya dengan dukungan guru dan teman-teman

Demikian informasi kumpulan referensi jawaban post test Modul 6 Profil Pelajar Pancasila dan jawaban cerita reflektif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.***

Editor: Al Mahfud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah