27.906 Bungkus Nasi Dibagikan dalam Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus

- 30 Agustus 2020, 08:42 WIB
/

Portal Kudus - Tradisi pembagian nasi buka luwur di kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, masih tetap dilakukan meskipun pandemi Covid-19.

namun pembagiannya di masing-masing kecamatan dengan menyiapkan 27.906 bungkus nasi buka luwur.

"Tradisi buka luwur tahun ini memang meniadakan antrean untuk mendapatkan nasi buka luwur menyusul masih dalam masa pandemi Covid-19. Gantinya dibagikan ke masing-masing kecamatan," kata Muhammad Nadjib Hassan, di Kudus, Sabtu 29 Agustus 2020.

Baca Juga: 41.285 Peziarah Tercatat di Sunan Kudus, Sejak 1 Muharram hingga 10 Muharram

Dikutip PortalKudus.com dari Antara mengungkapkan nasi buka luwur yang dikenal dengan nasi uyah asem didistribusikan ke sejumlah daerah yang terdapat sumber mata air di sembilan kecamatan.

Mereka, kata Nadjib, yang sebelumnya mengikuti kirab "banyu panguripan" beberapa waktu lalu untuk dibagikan kepada masyarakat.

Baca Juga: PO Haryanto Kudus Klaim Tak PHK Karyawan Selama Enam Bulan Tak Beroperasi di Tengah Pandemi Covid-19

Atas kondisi tersebut, dia berharap, pengertian masyarakat Kudus terkait dengan tidak adanya antrean di seputar menara, mengingat masih dalam masa pandemi.

"Dengan pembagian 'brekat' (berkat) yang tersebar di sembilan kecamatan dan tempat lainnya, kami harapkan hubungan baik masyarakat Kudus terus terjaga," ujarnya.

Halaman:

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Permenpan RB


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah