Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46, Subtema 1 Pembelajaran 6

- 24 November 2021, 17:33 WIB
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2 /freepik.com/stories/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 9 subtema 1 pembelajaran 6 halaman  38, 39, 40, 44, 45, dan 46.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 9 berjudul Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 9 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 38, 39, 40, 44, 45, dan 46.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 9 kelas 4 SD dan MI subtema 1 pembelajaran 6 halaman 38, 39, 40, 44, 45, dan 46.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 38 39

Ayo Membaca

Konservasi Elang di Halimun Salak

Jawaban:

Kata sulit dan arti

1. kata sulit: koleksi -> kumpulan benda/barang yang sering dikaitkan denan minat atau hobi

2. kata sulit: Habitat -> tempat hidup organisme tertentu, tempat hidup yang alami.

3. kata sulit: populasi -> jumlah penghuni baik manusia maupun mahluk hidup lainnya pada satu ruang ata daerah

4. kata sulit: konservasi -> pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan lewat pelestarian.

5. kata sulit: metode -> cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yan ditentukan

6. kata sulit: satelit -> benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi da rotasi tertentu. ada dua satelit. satelit alam dan satelit bumi.

Dari bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”, kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu? Lengkapilah peta pikiran berikut.

Jawaban:

Dampak Kegiatan Manusia terhadap Elang Jawa
– Perburuan
– Kerusakan habitat
– Perdagangan ilegal
– Alih fungsi hutan

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 22, 23, 25, 26, 28, 29, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 39

Ayo Berdiskusi

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Jawaban:

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa
1. Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang jawa
2. Menjaga habitat tempat hidupnya elang jawa agar tidak semakin berkurang atau rusak
3. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi, seperti hobi menembak.
4. Mencegah dan melaporkan jika ada perjualbelian elang jawa
5. Tidak memelihara elang jawa sebagai koleksi pribadi
6. Membantu pemerintah mengawasi keberadaan elang jawa di sekitar kita.
7. Mengumpulkan dana bersama teman-teman seikhlasnya
8. Menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keberadaan elang jawa melalui diskusi
9. Melaporkan kepada apabila ada perluasan lahan yang mengganggu habitat elang jawa
10. Merawat dan menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap hijau

Kunci Jawaban Halaman 40

Ayo Berlatih

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Jawaban:

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Udin
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja bentuk-bentuk konservasi di daerah ini?

Hasil Wawancara:

1. narasumber: orang tua
Jawaban: menanami pekarangan dengan berbagai tanaman

2. narasumber: ketua rt
Jawaban: mencegahpencemaran lingkungan

3. narasumber: ketua rw
Jawaban: melarang perburuan hewan langka

4. narasumber: tetangga
Jawaban: melarang perdagangan hewan langka

5. narasumber: orang tua
Jawaban: menanami pekarangan dengan berbagai tanaman

6. narasumber: anak tetangga
Jawaban: tebang pilih tanam

7. narasumber: bapak guru
Jawaban: melarang perburuan tanaman langka

8. narasumber: ibu guru
Jawaban: penanaman hutan bakau di pesisir pantai

9. narasumber: paman
Jawaban: tidak membuang sampah disungai

10. narasumber: bibi
Jawaban: mebersihkan ingngan sekitar.

Kunci Jawaban Halaman 44 45 46

Ayo Berdiskusi

Konservasi terhadap flora dan fauna merupakan salah satu contoh perwujudan pelaksanaan hak dan kewajiban manusia terhadap lingkungan alam. Bersama kelompokmu, diskusikan bentuk-bentuk pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap lingkungan alam.

Jawaban:

Kewajiban manusia terhadap hutan
– Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersang atau gundul.
– Tidak menebang pohon di hutan sembarangan
– Tidak membuang sampah di hutan
– Tidak membakar hutan demi tujuan apapun termasuk alih fungsi lahan
– Tidak mengeksploitasi hutan secara berlebihan sehingga cenderung merusak
– Melaporkan jika melihat perbuatan melawan hukum atas sumber daya hutan (penebangan liar misalnya)
– Wajib untuk ikut melestarikan lingkungan hutan
– Mengganti tanaman hutan yang mati.
– Ikut mengawasi usaha pembalakan liar
– Menanam berbagai macam pohon di hutan

Kewajiban manusia terhadap sungai
– Tidak membuang sampah ke sungai.
– Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah industri
– Menjaga kelestarian sungai dengan tidak melakukan eksploitasi berlebihan
– Membersihkan sampah yang ada di sungai
– Tidak mendirikan rumah di pinggiran sungai
– Ikut melarang penangkapan ikan dengan bahan racun.
– Menanam pohon di tepian sungai
– Tidak membuang limbah rumah tangga ke sungai
– Melarang penambangan batu dan pasir di sungai
– Memastikan aliran sungai tetap lancar

Kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah
– Tidak melakukan perburuan.
– Menjaga habitat hewan langka yang terancam punah.
– Tidak memperjualbelikan hewan langka
– Mendukung adanya suaka marga dan satwa.
– Melaporkan kepada pihak yang berwenang jika mengetahui adanya perdagangan hewan yang terancam punah.
– Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hewan apa saja yang terancam punah.
– Membuat papan larangan hewan langka yang terancam punah dan dilindungi undang-undang.
– Tidak membuka lahan pertanian di hutan atau tempat tinggal hewan yang terancam punah.
– Tidak mendirikan rumah atau tempat tinggal di dekat habitat hewan langka.
– Mempelajari hewan apa saja yang terancam punah.

Kewajiban manusia terhadap pohon
– Menanam pohon di sekitar pekarangan.
– Merawat pohon dengan baik
– Tidak boleh menebang pohon secara sembarangan
– Menanam kembali pohon yang telah dilakukan tebang pilih
– Tidak boleh merusak membakar hutan yang terdapat banyak pohon
– Melakukan perbanyakan tanaman
– Melakukan pemupukan tanaman
– Melarang penebangan pohon secara sembarangan
– Mengganti pohon yang mati dengan pohon yang baru
– Memastikan pohon dapat tumbuh dengan baik

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban:

Hari ini saya telah belajar tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Manfaat pembelajaran hari ini adalah saya mengetahui hak dan kewajiban kita dalam kehidupan sehari-hari

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Hari ini saya telah belajar keterampilan berwawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Setelah pembelajaran kali ini saya ingin melaksanakan kewajiban dan hakku terhadap lingkungan dengan lebih baik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x