Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 17, 18, 19, Subtema 1 Pembelajaran 3

- 23 November 2021, 11:08 WIB
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2
Ilustrasi kunci jawaban buku matematika kelas 5 SD halaman 95,  mencari perbandingan dan permasalahan bagian 2 /freepik.com/stories/

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 9 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 17, 18, dan 19.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 9 berjudul Kekayaan Sumber Energi di Indnesia.  Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 9 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 17, 18, dan 19.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 9 kelas 4 SD dan MI subtema 1 pembelajaran 3 halaman 17, 18, dan 19.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 17

Ayo Berlatih

1. Manfaat energi matahari bagi Alam :
– Menerangi bumi
– Sebagai Pusat Tata Surya
– Sebagai Sumber Energi tak terbatas bagi alam dan isinya
– Mengeringkan Tanah yang basah setelah diguyur hujan
– Membantu terjadinya siklus air
– Panas matahari menjaga kelangsungan hidup organisme di Bumi.

2. Manfaat energi matahari bagi manusia :
– Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
– Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya
– Membantu petani garam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
– Membantu petani untuk mengeringkan gabah
– Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh Tubuh

3. Manfaat energi matahari bagi hewan :
– Untuk menghangatkan tubuh
– Membantu penyerapan kalsium
– Untuk Pertumbuhan
– Membantu proses pencernaan
– Mengeringkan bulu atau rambut

4. Manfaat energi matahari bagi Tumbuhan :
– Membantu proses fotosintesis
– Mengaktifkan Klorofil
– Menjaga temperatur tumbuhan
– Membantu pertumbuhan bunga dan daun
– Menghilangkan air yang ada pada tumbuhan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 161, 162, 165, 166, 169, Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 18 19

Ayo Berlatih

Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.

Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?

Jawaban:

–  Orang Tua
–  Ketua RT
–  Ketua RW
–  Tetangga terdekat
–  Teman sekelas
–  Anak tetangga sebelah
–  Bapak Guru
–  Ibu Guru
–  Paman
–  Bibi

2. Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?

Jawaban:

–  Maaf, Bapak/Ibu. Kami melakukan tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk bertanya kepada Bapak/Ibu. Boleh kami minta waktu sebentar?
–  Siapa nama Bapak/Ibu?
–  Apa pekerjaan Bapak/Ibu?
–  Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar bapak/ibu?
–  Tanaman apa saja yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah?
–  Apakah ada kegiatan rutin kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan sekitar?
–  Apakah masyarakat sekitar membuang sampah pada tempatnya?
–  Bagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 152, 153, 154, 155, 157, Subtema 3 Pembelajaran 4

Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu.
Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.

Jawaban:

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Tanggal Wawancara: 25 Maret 2021
Data Hasil Wawancara :

1. Narasumber: orang tua

Pertanyaan: hewan apa sajaah yang masih dapat dijumpai dilingkungan sekitar bapak/ibu?

Jawaban: ada beberapa hewan seperti kucing, ayam, dan burung.

2. Narasumber: Ketua RT

Pertanyaan: tanaman apa yang banyak ditanam warga di pekarangan rumah?

Jawaban: tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah adalah jenis tanaman hias.

3. Narasumber: Ketua RW

Pertanyaan: apakah ada kegiatan rutin kerja bakti untuk membersihkan lingkungan?

Jawaban: kerja bakti dilakukan rutin sebulan sekali setiap hari seminggu.

4. Narasumber: tetangga

Pertanyaan: apakah masyarkat sekitar membuang sampah pada tempatnya?

Jawaban: masyarakat sebagian besar sudah membuang sampah pada tempatnya.

5. Narasumber: teman sekelas

Pertanyaan: bagaimana kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Jawaban: kesadaran warga sekitar masih rendah, karena masih ada yang kurang menjaga kebersihan.

6. Narasumber: anak tetangga

Pertanyaan: hewan apa sajaah yang masih dapat dijumpai dilingkungan sekitarmu?

Jawaban: ada beberapa hewan seperti burung dan kelinci.

7. Narasumber: bapak guru

Pertanyaan: apakah bapak juga menanam tanaman hias?

Jawaban: iya, bahkan berbagai jenis tanaman hias.

8. Narasumber: ibu guru

Pertanyaan: apakah harus ada sangsi bagi mereka yang mencemari lingkungan sekitar dengan sampah?

Jawaban: seharusnya bisa dilakukan, jika masyarakat sepakat untuk melakukannya.

9. Narasumber: paman

Pertanyaan: biasanya paman membuang sampah kemana?

Jawaban: paman membuang sampah ditempat sampah.

10. Narasumber: bibi

Pertanyaan: bagaimana kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan?

Jawaban: masih kurang, namun mereka mulai berbenah.

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban:

Hari ini saya telah belajar tentang jenis-jenis sumber energi. Keterampilan: dan mengidentifikasi, wawancara.

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Manfaat yang saya peroleh adalah mengetahui jenis-jenis sumber energi dan cara melakukan wawancara.

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Keterampilan yang saya dapat adalah keterampilan melakukan kegiatan wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban:

Setelah pembelajaran kali ini saya akan mencaari lebih banyak sumber energi yang ada di sekitar kita.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x