Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 120, 121, 122, 123, 124, 125, Subtema 3 Pembelajaran 5

- 1 November 2021, 09:40 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD MI
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD MI /Tangkapan layar Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 120, 121, 123, 124. dan 125.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 3 berjudul Ayo Cinta Lingkungan. Artikel ini berisi kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 5 halaman 120, 121, 123, 124. dan 125. 

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 5 halaman  120, 121, 123, 124. dan 125.

Tentang Ayo Cinta Lingkungan. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman  120, 121, 123, 124. dan 125.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 119, 120, 121, 122, 123, dan 124

Kunci Jawaban Halaman 120 121 122

Ayo Mengamati

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Hasil karya montase mereka sangat baik menggambarkan cinta lingkungan.

Apa makna yang terkandung dalam karya seni montase tersebut?
Jawaban:
Dengan mencintai lingkungan kita dapat hidup dengan nyaman.

Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Hasil karya mereka baik dan sangat mendukung gerakan cinta lingkungan.

Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Jawaban:
Bagian perpaduan antara berbagai warna.

Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?
Jawaban:
Agar lebih baik potongan harus ditempel dengan rajin.

Kunci Jawaban Halaman 122

Apakah yang telah kamu lakukan sebagai wujud cinta terhadap lingkungan? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut.

Jawaban:

– Membuang sampah pada tempatnya.
– Menyiram tanaman.
– Menggunakan barang ramah lingkungan.
– Ikut serta dalam kerja bakti.
– Menaati peraturan.

Tukarkan jawabanmu dengan teman dan diskusikan perbedaan yang ada.

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan?
Sikap apa yang mencerminkan tidak mencintai lingkungan?
Apa ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan?

Tuliskan cara pandangmu tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diagram berikut.

Jawaban:

Ayo mencintai lingkungan

1. contoh:

-membuang sampah pada tempatya
-melakukan kerja bakti
-membuat bak penampung sampah
-menanam pohon disekitar rumah

2. Bukan Contoh:

-membuang sampah di sungai
-belum enanampoon di sekitar rumah
-membuang sampah sembarangan

3. ciri-ciri:

-peduli terhadap lingkungan
-membuang sampah sekecil apapun
-tidak senang jika ada orang membuang sampah sembarangan

4. kesimpulan
-mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat. dengan menjaga lingkungan, kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 105 106 107 108 109 110 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Halaman 123

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mempelajari cara melakukan penaksiran untuk perkalian dan pembagian desimal. Tentu kamu masih ingat caranya. Tentu kamu masih ingat caranya.

Tulis hal yang kamu ketahui tentang penaksiran perkalian dan pembagian desimal pada kolom berikut.

Jawaban:

Cara menaksir hasil perkalian dan pembagian dari suatu bilangan pecahan desimal yaitu dengan metode pembulatan. Pembulatan dilakukan untuk mengubah pecahan desimal kompleks menjadi pecahan desimal sederhana atau bilangan bulat. Aturan pembulatan pecahan desimal adalah sebagai berikut.
· Jika angka dibelakang koma yang akan dibulatkan ≥ 5, maka pecahan desimal dibulatkan ke atas.
· Jika angka dibelakang koma yang akan dibulatkan < 5, maka pecahan desimal dibulatkan ke bawah.
· Jika angka dibelakang koma yang akan dibulatkan ≥ 50, maka pecahan desimal dibulatkan ke atas
· Jika angka dibelakang koma yang akan dibulatkan < 50, maka pecahan desimal dibulatkan ke bawah

Komunikasikan hal yang kamu tulis kepada teman satu meja. Kamu dapat saling menanyakan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 96 97 98 99 100 101 102 103 Subema 3 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Halaman 124 dan 125

Ayo Berlatih

Sering berlatih menyelesaikan soal-soal tentang penakisiran perkalian dan penjumlahan desimal akan membuat kamu semakin terampil.

Ayo, selesaikan soal-soal berikut dengan teliti.

1. Hitunglah hasil penaksiran untuk soal berikut.

a. 24,6 x 2,9

Jawaban:

25,6 di taksir baik dibulatkan menjadi 25 (karena angka 6 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
2,9 ditaksir baik dibulatkan menjadi 3 (karena angka 9 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
Sehingga, 24,6 x 2,9 = 25 x 3 = 75

b. 19,4 x 4,8

Jawaban:

19,4 ditaksir baik dibulatkan menjadi 19 (karena angka 4 dibelakang koma nilai lebih kecil dari 5, maka dibulatkan ke bawah)
4,8 ditaksir baik dibulatkan menjadi 5 (karena angka 8 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
Sehingga, 19,4 x 4,8 = 19 x 5 = 95

c. 21,6 x 9,6

Jawaban:

21,6 di taksir baik dibulatkan menjadi 22 (karena angka 6 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
9,6 ditaksir baik dibulatkan menjadi 10 (karena angka 6 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
Sehingga, 21,6 x 9,6 = 22 x 10 = 220

d. 150,2 : 5

Jawaban:

150,2 ditaksir baik dibulatkan menjadi 150 (karena angka 2 dibelakang koma nilai lebih kecil dari 5, maka dibulatkan ke bawah)
Sehingga, 150,2 : 5 = 120 : 5 = 24

e. 81,7 : 4

Jawaban:

81,7 di taksir baik dibulatkan menjadi 82 (karena angka 7 dibelakang koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas)
Sehingga 81,7 : 4 = 82 : 4 = 20,5

f. 60,1 : 6

Jawaban:

60,1 ditaksir baik dibulatkan menjadi 1 (karena angka 1 dibelakang koma nilai lebih kecil dari 5, maka dibulatkan ke bawah)
Sehingga, 60,1 : 6 = 60 : 6 = 10

2. Seorang petani membajak sawah sejauh 50m. Kerbau petani dibiarkan beristirahat setelah membajak setiap 4,9m. Taksirlah berapa kali kerbau tersebut beristirahat.

Jawaban:

Jauh pembajakan = 50 m
Waktu istirahat setiap 4,9 m,  di bulatkan menjadi 5 m
Sehingga banyak kerbau beristirahat adalah = 50 m : 5 m = 10 kali\

3. Seorang tukang kayu mempunyai sebilah kayu dengan panjangnya 220,6 cm. Tukang kayu tersebut akan membagi kayu tersebut menjadi 10 potong sama panjang. Taksirlah panjang setiap potongan.

Jawaban:

Panjang kayu = 220,6 cm dibulatkan menjadi 221 cm
Di bagi 10 potongan
Sehingga panjang setiap potongan = 221 : 10 = 22,1 cm, dibulatkan menjadi 22 cm

4. Berat 8 buah apel dengan ukuran yang sama besar adalah 1,7 kg. Taksirlah berat 1 buah apel.

Jawaban:

Berat 8 apel = 1,7 kg dibulatkan menjadi 2 kg
Sehingga berat masing-masing apel = 2 kg : 8 = ¼ = 0,25 kg

5. Buatlah soal cerita tentang penaksiran hasil perkalian dan pembagian desimal.

Jawaban:

– Sebuah karung berisi beras beratnya 40,2 kg. Beras tersebut akan dimasukan dalam kantong plastik ukuran 1,9 kg. Berapakah kantong plastik yang dibutuhkan.
– Andi setiap pagi menyiram tanaman yang ada di taman depan rumahnya. Setiap menyiram tanaman andi menggunakan tangki air yang terisi penuh. Sampai selesai menyiram seluruh tanaman andi membutuhkan 5 tangki air. Masing-masing tangki air berisi 1,6 liter air. Berapakah total air yang dibutuhkan Andi untuk menyiram tanaman?

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.com tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah