Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 96 97 98 99 100 101 102 103 Subema 3 Pembelajaran 1

- 31 Oktober 2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD MI Halaman 70  Subtema 2 pembelajaran 3 tentang peran energi listrik di era globalisasi.
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD MI Halaman 70 Subtema 2 pembelajaran 3 tentang peran energi listrik di era globalisasi. /Pixabay.com/Free-Photos

 

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, dan 103.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 4 memiliki judul Berbagai Pekerjaan.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 4 berjudul Pekerjaan Orang Tuaku. 

Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 , dan 103.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 4 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 1 halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 , dan 103.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 , dan 103.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 95 96 97 98 99 100 Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Halaman 96 dan 97

Ayo Membaca


Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

1. Judul : tupai dan ikan gabus

2. Tokoh : tupai, ikan gabus, dan ikan yu

3. Sifat tokoh : tupai sukai menolong ikan gabus dan sabar

4. Tempat : Kalimantan barat

5. Awal cerita : Tupai sedih melihat ikan gabus lesu karena sedang sakit

6. Akhir cerita : Tupai bahagia karena melihat ikan gabus kembali sehat

7. Pesan moral : kita harus saling menolong sesama makhluk

Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?
Jawaban:
Menurut saya cerita tersebut sangat menarik yang menunjukkan persahabatan dua ekor binatang.

Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Jawaban:
Hal baik yang saya pelajari adalah sesama teman kita harus saling tolong menolong.

Kunci Jawaban Halaman 98 99 100

Ayo Berdiskusi


Jawablah pertanyaan berikut!

1. Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?
Jawaban:
Ayah Beni menghasilkan meja dan Kursi.

2. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?
Jawaban:
Pekerjaan ayah Beno termasuk menghasilkan barang yaitu meja dan kursi.

3. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?
Jawaban:
Kegiatan yang dikerjakan oleh pengrajin kayu adalah Pertama membeli kayu dan memotongnya. Kemudian membentuk menjadi kursi, menghaluskan, dan mengecat kursi. Terakhir adalah menjual kursi ke toko mebel.

Diskusikan hasilnya dengan temanmu!

Adakah pengrajin di sekitarmu? Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan membuat produk yang dihasilkan, sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat terhadap masyarakat sekitar.

Jawaban:

Seorang tukang kayu menghasilkan barang berupa meja dan kursi. Mereka menggunakan sumber daya alam kayu sebagai bahan bakunya. Tukang kayu termasuk jenis pekerjaan produksi, sedangkan penjual di toko mebel termasuk jenis pekerjaan distribusi. Tukang kayu dapat menghasilkan barang-barang keperluan rumah tangga seperti meja dan kursi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!

1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
Jawaban:
Pohon di hutan ditebang dan kemudian diangkut sampai ke pengrajin kayu. Pengrajin kayu mengubah kayu menjadi barang seperti meja dan kursi. Setelah jadi meja dan kursi dijual oleh pengrajin ke toko mebel. Dari toko mebel masyarakat yang membutuhkan meja dan kursi dapat membelinya di toko tersebut.

2. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?
Jawaban:
Penebang kayu, Tukang pengangkut barang, Pengrajin kayu, Pedagang Mebel.

3. Ternyata cukup panjang, ya perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?
Jawaban:
Sebaiknya kita merawat barang yang kita miliki dengan baik agar awet. Karena barang-barang yang ada di rumah kita dibuat dari sumber daya alam yang jumlahnya bisa berkurang sewaktu-waktu.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 90 dan 91 Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 101 dan 102

Ayo Mengamati


Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun?

Jawaban:

1. 1950 : Hampir seluruh wilayah Kalimantan tertutup hutan

2. 1985 : Hutan masih lebat namun sedikit berkurang

3. 2000 : Hutan semakin berkurang

4. 2005 : Hutan banyak berkurang

5. 2010 : Hutan hampir setengah berkurang

6. 2020 : Hutan 3/4 berkurang

1 Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010.
Jawaban:
Hutan di Kalimantan tahun 1950 hampir menutupi seluruh kalimantan, sedangkan tahun 2010 hutan di kalimantan sudah sama banyaknya dengan pemukiman.

2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?
Jawaban:
Tahun 1950 hampir seluruh kalimantan masih tertutup oleh hutan. Sedangkan tahun 2010 hutan di Kalimantan sudah berkurang karena digunakan untuk pemukiman.

3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
Jawaban:
Jika hutan ditebang terus menerus maka hutan akan rusak dan hutan menjadi gundul.

4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?
Jawaban:
Apabila pohon di hutan semakin kurang maka banyak hewan yang akan kehilangan tempat tinggalnya. selain itu pohon yang berkurang di hutan dapat menimbulkan abrasi, pemanasan global, dan bencana longsor.

5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
Jawaban:
Hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan
– Melakukan reboisasi
– Menerapkan sistem tebang pilih
– Menerapkan sistem tebang-tanam
– Melakukan penebangan secara konservatif
– Memberikan sangsi bagi penebang yang melakukan penebangan sembarangan
– Tidak membuang sampah sembarangan di hutan
– Melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan
– Mengurangi penggunaan kertas berlebih
– Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan
– Melakukan seminar pelestarian hutan

6. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?
Jawaban:
Sebaiknya pengrajin kayu melakukan tebang pilih yaitu memilih kayu yang sudah tua dan setelah memotong pohon menanamnya kembali.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 77 78 79 80 81 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 102 dan 103

Ayo Mencoba


Menurut kamu, bagaimana kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030?
Jawaban:
Menurut saya keberadaan hutan sangat berpengaruh pada pekerjaan seorang tukang kayu. Untuk itu, hutan perlu dijaga kelestariannya.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan?
Jawaban:
Untuk menghindari kerusakan hutan dapat dilakukan dengan Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul. Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.com tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

 

 
 

 

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah