Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 95 96 97 98 99 100 Subtema 3 Pembelajaran 1

- 30 Oktober 2021, 20:25 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 SD MI Halaman 154 Subtema 4 pembelajaran 2 tentang menuliskan banyak bibit di kelurahan dan untuk bibit RT.
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 SD MI Halaman 154 Subtema 4 pembelajaran 2 tentang menuliskan banyak bibit di kelurahan dan untuk bibit RT. /Freepik.com

 

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 95, 96, 97, 98, 99, dan 100.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 3 berjudul Ayo Cintai Lingkungan.
 


artikel ini berisi kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 1 halaman  95, 96, 97, 98, 99, dan 100.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 1 halaman  95, 96, 97, 98, 99, dan 100.

Tentang Ayo Cinta Lingkungan. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 95, 96, 97, 98, 99, dan 100.
 
Kunci Jawaban Halaman 95 97 98

Ayo Menulis

Jawaban:

Menulis Laporan Hasil Wawancara

I. Latar Belakang

Tumbuhan dan hewan adalah makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia. Tumbuhan dan hewan sangat banyak dan bervariasi di masing-masing tempat. Untuk lebih memahami tentang tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal kita kami siswa kelas 4 mendapatkan tugas untuk melakukan wawancara tentang tumbuhan dan hewan. Wawancara ini kami lakukan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

III. Topik Wawancara

Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan

Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 26 september 2021
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Mekar Sari
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 77 78 79 80 81 82 83 Subtema 2 Pembelajaran 4

V. Laporan Hasil Wawancara

Narasumber : Bapak Supriadi
Pewawancara: Hafizah Nur Hikmah

Hasil Wawancara :

Pada hari Sabtu, 26 september 2021, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Supriadi tentang hewan langka di sekitar tempat tinggalku. Beliau menjelaskan bahwa banyak hewan di sekitar kita yang saat ini masuk kedalam hewan yang harus dilindungi. Seperti contohnya adalah Burung Cucak Hijau. Burung Cucak Hijau saat ini adalah termasuk burung yang dilindungi karena jumlahnya yang sudah mulai sedikit.

Burung cucak hijau banyak yang dipelihara oleh masyarakat padahal sebaiknya burung ini harus dilepaskan ke alam bebas atau sebaiknya dipelihara di margasatwa untuk di tangkarkan dan dilindungi. Menurut beliau sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut.

Beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

1. Melakukan penangkaran hewan langka.
2. Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:
1. Menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
2. Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
3. Memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

VI. Kesimpulan

Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama. Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 72 73 74 Subtema 2 Pembelajaran 3

Bacalah teks di bawah ini.

Perjalanan ke Desa

Dari gambar di atas, menurutmu bagaimanakah ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat?

Jawaban:

Ciri-ciri tumbuhan yang terawat:
– Tumbuhan yang terawat umumnya memiliki daun yang berwarna hijau, bebas dari hama atau gulma.
– Daunnya tidak berlubang akibat dimakan hama.
– Sementara tumbuhan yang tidak terawat, batang dan daunnya layu.
– Berwarna kekuningan atau coklat akibat layu.
– Juga dipenuhi oleh banyak hama dan tidak subur pertumbuhannya.

Ciri-ciri hewan yang terawat:
– Hewan yang terawat bulunya bersih memiliki tubuh yang bugar, bergerak lincah dan jarang sakit.
– Sedangkan pada hewan yang tidak terawat malas bergerak, baunya tidak sedap, banyak kutu dan bulunya kotor

Bagaimana sikapmu jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat?

Jawaban:

Sikap saya jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat adalah

Terhadap Hewan
– saya akan merawatnya dengan baik
– memberi makan, minum
– memberinya tempat atau kandang yang layak

Terhadap Tumbuhan
– merawat tumbuhan tersebut dengan baik
– memberi tumbuhan tersebut pupuk
– menyiram tumbuhan/tanaman tersebut setiap hari
– menjaga dari serangan hama atau serangga pengganggu

Apa yang menyebabkan tumbuhan dan hewan menjadi terawat dan tidak terawat? Ceritakan pula akibat kondisi tersebut terhadap manusia! Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu.

Jawaban:

Hewan dan tumbuhan menjadi terawat dikarenakan manusia yang merawat hewan atau tumbuhan tersebut sangat peduli dengan hewan dan tumbuhan. Mereka sadar akan kewajiban dan haknya terhadap hewan dan tumbuhan.

Hewan dan tumbuhan menjadi tidak terawat disebabkan oleh manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka sibuk dengan aktivitasnya masing-masing sehingga lupa kewajibannya terhadap lingkungan. Akibat hewan dan tumbuhan yang tidak terawat dapat mengakibatkan kematian tumbuhan atau hewan tersebut. Sehingga, jika hewan dan tumbuhan tersebut banyak yang mati, maka lama kelamaan akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 51 52 53 54 55 56 57 Subtema 2 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Halaman 99

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sekelasmu, pergilah ke luar kelas. Amati lingkungan sekolahmu.

1. Bagaimana kondisi taman di sekolahmu? Apakah tanamannya terawat? Jelaskan!
Jawaban:
Kondisi tanaman di sekolahku terawat dengan baik. Tumbuhan tumbuh dengan subur. Banyak bunga yang bermekaran. Rumput pengganggu tanaman tidak ada karena setiap hari kita selalu mencabutnya.

2. Apakah halaman sekolahmu sudah bersih? Jelaskan!
Jawaban:
Halaman sekolahku sudah bersih karena kami melaksanakan piket setiap hari. Salah satu kegiatan piket adalah membersihkan halaman sekolah. Kami saat piket membersihkan halaman sekolah dari sampah plastik ataupun sampah lainnya.

3. Buatlah rencana dengan teman kelompokmu. Kamu dan temanmu akan menanam satu macam tanaman. Tanaman dapat ditempatkan di kaleng atau ember bekas. Tentukan tanaman yang akan ditanam, bagaimana caranya agar tanamanmu dapat tumbuh dengan baik

Jawaban:

Rencana Kegiatan Kelompok

Tujuan : Menanam Tanaman Bunga Mawar

Alat dan Bahan :
– Ember bekas / Kaleng bekas
– Tanah
– Sekam
– Bibit tanaman bunga mawar (Bisa Tanaman Jadi / Batang bunga mawar)

Langkah Kerja
– Ambil ember / kaleng bekas
– Campur antara tanah dengan sekam
– Masukkan campuran tanah dan sekam ke ember / kaleng
– Ambil bibit bunga mawar
– Tanam di ember / kaleng bekas
– Siram tanaman dengan air secukupnya

Cara Agar Tanaman Tumbuh dengan Baik
– Tanaman diletakkan di tempat yang cukup menerima sinar matahari ( di teras kelas )
– Sirami tanaman setiap pagi hari
– Memberi pupuk tanaman setiap 1 minggu sekali
– Merawat tanaman jika terdapat rumput atau tanaman pengganggu lainnya

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.comtidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah