Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman102 103 104 105 106 107 108 109 Subtema 3 Pembelajaran 2

- 1 November 2021, 08:20 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD MI Halaman 30  Subtema 1 pembelajaran 4 tentang pertanyaan apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini.
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD MI Halaman 30 Subtema 1 pembelajaran 4 tentang pertanyaan apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini. /Unsplash/CHUTTERSNAP

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108,dan 109.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 3 berjudul Ayo Cinta Lingkungan. 

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 2 halaman  102, 103, 104, 105, 106, 107, 108,dan 109.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 2 halaman  102, 103, 104, 105, 106, 107, 108,dan 109.

Tentang Ayo Cinta Lingkungan. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108,dan 109.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 105 106 107 108 109 110 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Halaman 102 103 104

Ayo Membaca

Pergi ke Pasar

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang terjadi di lingkungan pasar?
Jawaban:
Hal yang terjadi di lingkungan pasar adalah suasananya sangat ramai. Di lingkungan pasar banyak sampah menumpuk, berserakan. Lingkungan pasar sangat kotor dan berbau.

2. Mengapa pasar sangat bau?
Jawaban:
Banyak sampah yang tidak dibuang pada tempatnya sehingga busuk dan menimbulkan bau.

3. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan?
Jawaban:
Lingkungan pasar menjadi tidak sehat karena kotor dan berbau tidak sedap, sampah juga membuat lingkungan pasar menjadi banjir karena aliran air tidak lancar.

4. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar?
Jawaban:
Sampah di pasar yang berserakan dapat mengakibatkan orang-orang di pasar mengalami gangguan kesehatan karena lingkungannya yang kotor. Selain itu, bau yang tidak sedap juga mengganggu penciuman.

5. Menurutmu, apakah Dayu, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambil haknya? Jelaskan.
Jawaban:
Ya, mereka terganggu haknya untuk dapat menikmati keadaan pasar yang sehat dan bersih.

6. Hak apa yang tidak di dapat oleh Dayu, Beni, dan Udin ketika ke pasar?
Jawaban:
Hak akan lingkungan yang sehat dan bersih.

7. Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah mengambil hak orang
lain? Jelaskan?
Jawaban:
Ya, dengan membuang sampah secara sembarangan mengakibatkan hilangnya hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.

8. Bagaimana sebaiknya membuang sampah di pasar?
Jawaban:
Sebaiknya sampah di pasar dibuang pada tempat yang telah disediakan di pasar.

9. Bagaimana sikap dan cara positif dalam membuang sampah?
Jawaban:
Sebaiknya kita membuang sampah pada tempatnya dan apabila kita melihat sampah berserakan segeralah membersihkanya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 112 113 114 115 Subtema 3 Pembelajaran 3

Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampah sembarang, kita sudah mengambil hak orang lain. Bagaimana cara kita menjaga lingkungan? Jelaskan 4 contohnya.

Mulailah dari cara yang bisa kamu lakukan di lingkunganmu.

Jawaban:

Contoh cara menjaga lingkungan
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menanam pohon di sekitar rumah.
3. Membersihkan halaman rumah setiap hari
4. Membersihkan bak mandi seminggu 2 kali
5. Membersihkan selokan dari sampah.
6. Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan.
7. Menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 96 97 98 99 100 101 102 103 Subema 3 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Halaman 105 dan 106

Ayo Berkreasi

Amatilah montase berikut!

Diskusikan dengan kelompokmu.

1. Bagaimana teknik membuat montase?

Jawaban:

Teknik montase adalah dengan menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya gambar diambil dari majalah atau koran bekas.

2. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat montase?

Jawaban:

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat montase adalah
– Pilihan gambar harus sesuai antara satu dengan lainnya
– Pilihan warna gambar. Saat memilih gambar juga harus memperhatikan perpaduan warna gambar
– Kerapian saat menempelkan gambar menjadi satu kesatuan

Kunci Jawaban Halaman 106 107 108 109

Ayo Berlatih

Dayu, Lani, Siti sudah selesai membuat montase. Mereka ingin membingkai montase buatannya. Setelah diukur, untuk satu montase membutuhkan 83,7cm kayu bingkai. Hitunglah taksiran panjang seluruh kayu bingkai yang dibutuhkan.

Jawaban:

Jumlah montase yang akan dibuat = 3 buah
Satu montase membutuhkan 83,7 cm kayu bingkai dibulatkan menjadi 84 cm (karena 7 lebih besar dari 5 sehingga di bulatkan ke atas).
3 x 84 = 252 cm
Jadi, taksiran panjang seluruh kayu bingkai yang dibutuhkan adalah 252 cm.

Apakah caramu sama dengan temanmu? Jelaskan.

Jawaban:

Cara saya mengerjakan dengan teman sama yaitu untuk menyelesaikan konsep perhitungan bilangan desimal, harus dibulatkan terlebih dahulu untuk memudahkan menghitung. Untuk nilai angka desimal di bawah 5 maka dibulatkan ke bawah, sedangkan jika angka dibelakang koma nilainya 5 atau lebih maka dibulatkan ke atas.

Bagaimana dengan taksiran operasi pembagian. Diskusikan dengan kelompokmu.

Hasil penaksiran 3,4 : 0,6 adalah

Jawaban:

Hasil penaksiran dari 3,4 : 0,6
3,4 di taksiran pembulatannya adalah 3 (karena angka dibelakang koma adalah 4, dibulatkan ke bawah)
0,6 di taksiran pembulatannya adalah 1 (karena angka dibelakang koma adalah 6, dibulatkan ke atas)
Sehingga:
3,4 : 0,6 = 3 : 1 = 3
Perhatikan bilangan pada operasi 3,4 : 0,6. Ingatlah bahwa 36 habis dibagi 6.
Jadi penaksirannya 3,6 : 0,6 hasilnya 6

Latihan

1. Hitunglah hasil penaksiran berikut.

a. 31,5 x 2,3

Jawaban:

31,5 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 5, yang lebih dari 5 maka dibulatkan keatas. Sehingga taksirannya menjadi 31 + 1 = 32
2,3 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 3, yang kurang dari 5 maka dibulatkan ke bawah. Sehingga taksirannya menjadi 2 + 0 = 2
Jadi, taksiran terbaik adalah
31,5 × 2,3 = 32 × 2 = 64

b. 23,6 x 4,7

Jawaban:

23,6 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 6 yang lebih dari 5 maka dibulatkan keatas. Sehingga taksirannya menjadi 23 + 1 = 24
4,7 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 7 yang lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas. Sehingga taksirannya menjadi 4 + 1 = 5
Jadi, taksiran terbaik adalah
23,6 × 4,7 = 24 × 5 = 120

c. 12,6 x 8,6

Jawaban:

12,6 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 6 yang lebih dari 5 maka dibulatkan keatas. Sehingga taksirannya menjadi 12 + 1 = 13
8,6 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 6 yang lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas. Sehingga taksirannya menjadi 8 + 1 = 9
Jadi, taksiran terbaik adalah
12,6 × 8,6 = 13 × 9 = 117

d. 345,3 : 5

Jawaban:

345,3 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 5 yang kurang dari 5 maka dibulatkan ke bawah. Sehingga taksirannya menjadi 345 + 0 = 345
Jadi, taksiran terbaik adalah
345,5 : 5 = 345 : 5 = 69

e. 41,7 : 4

Jawaban:

41,7 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 7 yang lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas. Sehingga taksirannya menjadi 41 + 1 = 42
Jadi, taksiran terbaik adalah
41,7 : 4 = 42 : 4 = 10,5

f. 36 : 6

Jawaban:

35,3 ⇒ angka persepuluhnya yaitu 3 yang kurang dari 5 maka dibulatkan ke bawah. Sehingga taksirannya menjadi 35 + 0 = 35
Jadi, taksiran terbaik adalah
35,3 : 6 = 35 : 6 = 5,8 = 6 (dibulatkan)

2. Dayu mempunyai tali panjangnya 100 cm. Ia akan memotong tali sepanjang 9, 6 cm. Taksirlah banyaknya potongan yang bisa dihasilkan.

Jawaban:

Panjang Tali = 100 cm
Potongan Tali 9,6 cm ⇒  angka persepuluhnya yaitu 6 yang lebih dari 5 maka dibulatkan keatas. Sehingga taksirannya menjadi 9 + 1 = 10 cm
Jadi, banyaknya potongan yang bisa dihasilkan adalah 100 : 9,6 cm = 100 cm : 10 cm = 10

3. Adik mempunyai pita yang panjangnya 11,6 cm. Adik ingin membaginya menjadi 4 potong sama panjang. Taksirlah panjang setiap potongan.

Jawaban:

Panjang pita 11,6 cm⇒  angka persepuluhnya yaitu 6 yang lebih dari 5 maka dibulatkan keatas. Sehingga taksirannya menjadi 11 + 1 = 12 cm
Jadi, panjang setiap potongan adalah 11,6 cm : 4 = 12 cm : 4 = 3 cm

4. Harga satu kambing 1, 7 juta. Taksirkan harga 5 ekor kambing.

Jawaban:

Harga satu kambing 1,7 ⇒  angka persepuluhnya yaitu 7 yang lebih dari 5 maka dibulatkan ke atas. Sehingga taksirannya menjadi 1 + 1 = 2
Jadi, harga 5 ekor kambing adalah 5 x 1,7 juta = 5 x 2 juta = 10 Juta

5. Harga satu meter kain adalah 1,2 ratus ribu. Taksirkan harga 1,75 cm kain.

Jawaban:

Harga per meter = 1,2 ratus ribu ⇒  angka persepuluhnya yaitu 2 yang kurang dari 5 maka dibulatkan ke bawah. Sehingga taksirannya menjadi 1
Harga 1,75 cm kain ⇒  angka persepuluhnya yaitu 7 yang kurang dari 5 maka dibulatkan ke atas. Sehingga taksirannya menjadi 1+1= 2
Jadi, harga harga 1,75 cm kain adalah 100.000 x 2 = 200.000.

6. Buatlah dua soal cerita dan selesaikan sendiri soal cerita buatanmu.

Jawaban:

Soal 1
Panjang sebuah tali 12,3 m. Tali tersebut akan dipotong menjadi 4 bagian sama panjang. Berapakah kira-kira panjang masing-masing tali?
Jawaban:
12,3 m ditaksiran terbaik = 12 m
Maka, 12 : 4 = 3.
Jadi, panjang masing-masing tali kira-kira 3 m.

Soal 2
Ayah membawa 3 buah semangka dengan berat masing-masing 2,7 kg. Berapakah kira-kira berat seluruh semangka yang dibawa ayah?
Jawaban:
Berat masing-masing semangka 2,7 kg, ditaksiran terbaik = 3 kg
Maka, berat seluruh semangka: 3 x 3 = 9 kg

Soal 3
Ibu membeli terigu sebanyak 6 kantung dengan berat masing-masing kantung 1,75 kg. Ibu ingin membagikanya kepada 4 orang tetangganya. Berapakah kira-kira berat masing-masing terigu yang diterima tetangga?
Jawaban:
Jumlah terigu = 6 kantung
Berat perkantung = 1,75 kg, ditaksiran terbaik = 2 kg
Maka,  berat seluruh terigu = 6 x 2 kg = 12 kg
Dibagikan ke 4 orang, sehingga masing-masing mendapat : 12 : 4 = 3 kg

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.com tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah