SILAKAN Diskusikan dan Kemukakan Contoh nya Mengenai Perbedaan Antara Administrasi, Organisasi dan Manajemen

27 April 2024, 20:43 WIB
Ilustrasi pendaftaran dan seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024. /Pixabay/d4rkwzd /

Portal Kudus - Silakan diskusikan dan kemukakan contohnya mengenai perbedaan antara administrasi, organisasi dan manajemen dan jelaskan pula fungsi P.O.S.D.Co.R.B dalam administrasi negara?.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal silakan diskusikan dan kemukakan contohnya mengenai perbedaan antara administrasi, organisasi dan manajemen dan jelaskan pula fungsi P.O.S.D.Co.R.B, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal silakan diskusikan dan kemukakan contohnya mengenai perbedaan antara administrasi, organisasi dan manajemen dan jelaskan pula fungsi P.O.S.D.Co.R.B.

Untuk mengetahui jawaban soal silakan diskusikan dan kemukakan contohnya mengenai perbedaan antara administrasi, organisasi dan manajemen dan jelaskan pula fungsi P.O.S.D.Co.R.B, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Soal Lengkap:

Silakan diskusikan dan kemukakan contoh nya mengenai perbedaan antara administrasi, organisasi dan manajemen dan jelaskan pula fungsi P.O.S.D.Co.R.B dalam Administrasi Negara? Diskusikan dengan menggunakan konsep dan teori yang tepat.

Baca Juga: JAWABAN! Berikan Pendapat Saudara Tentang Apa Manfaat Praktis Dari Etnografi? Berikan Contohnya​

Jawaban:

1. Perbedaan antara Administrasi, Organisasi, dan Manajemen

- Administrasi

Administrasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan organisasi atau entitas.

Administrasi fokus pada implementasi kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan.

Contohnya adalah administrasi pemerintahan yang meliputi pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, dan pelayanan publik.

- Organisasi

Organisasi merujuk pada struktur formal yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi dapat berupa perusahaan, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba.

Fokus utama dari organisasi adalah menciptakan struktur, budaya, dan proses untuk mencapai tujuan bersama.

- Manajemen

Manajemen melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen berfokus pada pengambilan keputusan, alokasi sumber daya, dan pengelolaan tim untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

Baca Juga: BAGAIMANA Pendapat Anda Tentang Adanya Sosial Media Dalam Kehidupan Anda Sehari-hari? Jelaskan Bagaimana

2. Fungsi P.O.S.D.Co.R.B dalam Administrasi Negara

P.O.S.D.Co.R.B merupakan singkatan dari Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Pengadaan Tenaga Kerja), Directing (Pengarahan), Coordinating (Koordinasi), Reporting (Pelaporan), dan Budgeting (Penganggaran).

Fungsi-fungsi ini merupakan bagian integral dari administrasi negara.

- Perencanaan (Planning):

Melibatkan penetapan tujuan, strategi, dan kebijakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

- Pengorganisasian (Organizing):

Melibatkan pembentukan struktur organisasi dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan.

- Pengadaan Tenaga Kerja (Staffing):

Melibatkan perekrutan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia yang diperlukan.

- Pengarahan (Directing):

Melibatkan pengawasan dan motivasi terhadap karyawan untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga: JELASKAN BAGAIMANA Pengaruh Baik Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Kehidupan Sehari-hari

- Koordinasi (Coordinating):

Melibatkan integrasi berbagai bagian organisasi untuk mencapai keselarasan dalam pencapaian tujuan.

- Pelaporan (Reporting):

Melibatkan penyampaian informasi terkait kinerja dan pencapaian tujuan kepada pihak terkait.

- Penganggaran (Budgeting):

Melibatkan alokasi dan pengendalian anggaran untuk mendukung kegiatan organisasi.

Referensi:

Terry, G. R. (2018). Principles of Management. McGraw-Hill Education.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler