BU RUKMANA Merupakan Wali Kelas I SDN Petang 05, Pada Hari Sabtu, Ibu Rukmana Akan Melakukan Penilaian

25 April 2024, 09:51 WIB
Ujian Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 8 semester 1 pada Kurikulum Merdeka adalah momen penting dalam perjalanan pendidikan mereka. Ujian ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan keterampilan bahasa Indonesia yang mereka pelajari selama /tangkap layar

Portal Kudus - Bu Rukmana merupakan wali kelas I SDN Petang 05. Pada hari Sabtu, Ibu Rukmana akan melakukan penilaian terhadap keterampilan membaca siswa.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal Bu Rukmana merupakan wali kelas I SDN Petang 05. Pada hari Sabtu, Ibu Rukmana akan melakukan penilaian terhadap keterampilan membaca siswa, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal Bu Rukmana merupakan wali kelas I SDN Petang 05. Pada hari Sabtu, Ibu Rukmana akan melakukan penilaian terhadap keterampilan membaca siswa.

Untuk mengetahui jawaban soal Bu Rukmana merupakan wali kelas I SDN Petang 05. Pada hari Sabtu, Ibu Rukmana akan melakukan penilaian terhadap keterampilan membaca siswa, silahkan simak soal lengkapnya di bawah ini.

Soal Lengkap:

Bu Rukmana merupakan wali kelas I SDN Petang 05. Pada hari Sabtu, Ibu Rukmana akan melakukan penilaian terhadap keterampilan membaca siswa.

Tedjo merupakan salah satu siswa Ibu Rukmana yang merupakan anak dari rekan sejawat Ibu Rukmana. Tedjo belum mampu untuk membaca dengan lancar.

Dikarenakan Tedjo anak dari rekan sejawat Ibu Rukmana, Ibu Rukmana memakluminya serta memberikan penilaian keterampilan membaca terhadap Tedjo dengan kategori baik.

Baca Juga: ETNOGRAFI Adalah Salah Satu Pendekatan Antropologi yang Paling Banyak Digunakan Untuk Mendeskripsikan

a. Prinsip penilaian manakah yang tidak sesuai dilakukan oleh Ibu Rukmana? Beri alasan.

b. Berilah satu contoh format penilaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian untuk digunakan Ibu Rukmana dalam pembelajaran tersebut.​

Jawaban:

a. Prinsip penilaian yang tidak sesuai dilakukan oleh Ibu Rukmana adalah prinsip objektivitas.

Prinsip objektivitas dalam penilaian mengharuskan penilai untuk memberikan penilaian berdasarkan fakta atau bukti yang ada, bukan berdasarkan opini atau perasaan pribadi.

Dalam kasus ini, Ibu Rukmana memberikan penilaian "baik" kepada Tedjo hanya karena Tedjo adalah anak dari rekan sejawatnya, bukan berdasarkan kemampuan membaca Tedjo yang sebenarnya.

b. Salah satu contoh format penilaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian adalah rubrik penilaian.

Rubrik penilaian adalah alat penilaian yang berisi kriteria dan standar penilaian untuk suatu pekerjaan atau kinerja yang dapat diukur.

Dalam konteks ini, Ibu Rukmana bisa membuat rubrik penilaian membaca yang mencakup aspek seperti kelancaran membaca, pemahaman teks, dan penggunaan intonasi.

Dengan menggunakan rubrik, Ibu Rukmana dapat memberikan penilaian yang lebih objektif dan adil kepada semua siswa, termasuk Tedjo.

Baca Juga: JAWABAN! Why Is It Important To Use Proper Grammar, Punctuation and Capitalization In English Writing?

Alternatif Jawaban Lainnya:

a. Prinsip Penilaian yang Tidak Sesuai Dilakukan oleh Ibu Rukmana

Berdasarkan informasi yang diberikan, tindakan Ibu Rukmana dalam memberikan penilaian keterampilan membaca Tedjo dengan kategori baik tidak sesuai dengan prinsip penilaian yang objektif.

Prinsip penilaian yang tidak sesuai dilakukan oleh Ibu Rukmana adalah: Prinsip Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif, tanpa dipengaruhi oleh faktor-faktor subjektif, seperti hubungan personal antara guru dan siswa.

Dalam kasus ini, Ibu Rukmana memberikan penilaian yang baik kepada Tedjo karena Tedjo merupakan anak dari rekan sejawatnya, bukan berdasarkan kemampuan membaca Tedjo yang sebenarnya.

Alasan:

Penilaian yang objektif sangat penting untuk memastikan bahwa setiap siswa dinilai secara adil dan sesuai dengan kemampuan mereka.

Memberikan penilaian yang tidak objektif dapat menyebabkan ketidakadilan dan mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Baca Juga: JAWABAN JELASKAN Maksud Utilitas dan Sebutkan Apa Saja Syarat yang Harus Dimiliki Oleh Barang/Jasa Tersebut!

b. Contoh Format Penilaian yang Sesuai dengan Prinsip-Prinsip Penilaian

Untuk memastikan penilaian keterampilan membaca siswa dilakukan secara objektif, Ibu Rukmana dapat menggunakan format penilaian yang mencakup kriteria-kriteria penilaian yang jelas dan terukur.

Berikut adalah contoh format penilaian yang dapat digunakan:

Penilaian Keterampilan Membaca

Nama Siswa: Tedjo
Kelas: I SDN Petang 05
Kriteria Penilaian Skor
Kelancaran Membaca 3
Ketepatan Pengucapan 4
Pemahaman Isi Bacaan 2
Ekspresi dan Intonasi 3

Total Skor: 12

Keterangan Skor:
5 = Sangat Baik
4 = Baik
3 = Cukup
2 = Kurang
1 = Sangat Kurang

Berdasarkan format penilaian di atas, Ibu Rukmana dapat menilai keterampilan membaca Tedjo secara objektif dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria yang jelas.

Baca Juga: SILAKAN Analisis, Kategori Kendala yang Mungkin Dihadapi Perusahaan Tersebut Menurut Anda Dapat Dikelompokkan

Dengan menggunakan format penilaian yang terstruktur, Ibu Rukmana dapat memastikan bahwa penilaian dilakukan secara adil dan sesuai dengan kemampuan Tedjo, tanpa dipengaruhi oleh faktor-faktor subjektif.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler