KUNCI JAWABAN Modul 4.3 Pintar Kemenag Shifting Paradigma Pendidikan Islam lnklusif Bagian 3

31 Maret 2024, 22:34 WIB
kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3 /pexels.com

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3 pelatihan inklusi di Madrasah.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi pembahasan soal dan kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Modul 4.23 Pintar Kemenag Pengelolaan dan Pengembangan Pendidikan Inklusif pada Madrasah

Untuk mengetahui soal dan kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3, silahkan simak di bawah ini.

1. Dalil yang menjelaskan tentang keberagaman atas ciptaan Allah terkait perbedaan gender, disabilitas, dan inklusi sosial adalah ...

keberagaman atas ciptaan Allah terkait perbedaan gender, disabilitas, dan inklusi sosial Tangkap Layar

Jawaban: A

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Modul 4.5 Pintar Kemenag Konsep Dasar Pendidikan lnklusif Bagian 2 Pelatihan Inklusi di Madrasah

2. Pendidikan Islam adalah ....

A Bimbingan secara sadar oleh pendidikan terhadap terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlaqul karimah

B pendidikan yang berorientasi kemampuan pemahaman peserta didik secara ideal dan terukur

C Doktrin keagamaan yang kuat pada semua peserta didik yang belajar di Madrasah dan pondok pesantren

D bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadiannya yang utama (insan kamil)

Jawaban: D

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Modul 4.8 Pintar Kemenag ldentifikasi, Asesmen, dan Profil Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

3. Berikut yang bukan merupakan orientasi hakikat Pendidikan Islam adalah...

A rumusan tujuan tersebut harusiah sejalan dan memperhatikan sifat-sifat dasar (fitrah) mom sia tentang nilai, bakat, minat dan sebagainya yang akan membentuk karakter

B tentang tujuan dan tugas hidup manusia, yang ditekankan bahwa manusia hidup bukan kebetulan dan sia-sia, manusia bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengabdi kepada Allah sebaik-baiknya

C Hakikat pendidikan Islam adalah menyiapkan anak-anak peserta didik yang memiliki pengetahuan ke-Islam-an yang mumpuni, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi agen perubahan menuju Masyarakat yang madani

D tujuan pendidikan Islam sesuai dengan tuntutan masyarakat dengan tidak menghilangkan nilai-nilai lokal yang bersumber dari budaya dan nilai-nilai ilahiyah yang bersumber dari wahyu Tuhan demi menjaga keselamatan

Jawaban: A

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Modul 4.10 Pintar Kemenag Program Pendidikan Individual (PPI) Bagian 2

4. Berikut yang bukan merupakan makna teoritik dari paradigma adalah ...

A cara pandang orang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif)

B daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek), dan jasmani anak-anak, selaras dengan alam dan masyarakatnya ty

C seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang diterapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, dalam disiplin intelektual

D keyakinan atau kepercayaan yang mendasari seseorang dalam melakukan segala tindakan

Jawaban: B

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Modul 4.14 Pintar Kemenag Pembelajaran dalam Setting Kelas lnklusif Bagian 4

5. Perhatikan pernyataan berikut!

1. lingkungan keluarga
2. lingkungan sekolah
3. lingkungan masyarakat
4. lingkungan sosial

pada pernyataan di atas yang merupakan Tri Pusat Pendidikan adalah ...

A. c-a-b

B. semua jawaban salah

C. a-b-c

D. b-c-a

Jawaban: C

Demikian terkait kunci jawaban Modul 4.3 Pintar Kemenag tentang shifting paradigma pendidikan Islam inklusif bagian 3.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler