Portal Kudus- Artikel ini menyajikan manfaat dan tips untuk dapat mengatur waktu dengan baik bagi mahasiswa kuliah.
Mengatur waktu dengan baik merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa untuk mencapai kesuksesan studi.
Mengatur waktu selama kuliah juga akan membuat mahasiswa tidak terjebak pada deadline yang padat.
Bahkan, mengatur dan membuat menajemen waktu juga memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas kuliah dengan baik dan tepat waktu.
Tidak hanya itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat bisa mengatur waktu dengan baik.
Bisa mengurangi tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan, bahkan dapat membantu mahasiswa merencanakan aktivitas di luar kampus.
Selain itu juga dapat menumbuhkan sikap disiplin, tanggung jawab dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menyelesaikan tugas kuliah.
Yang lebih penting, hal ini juga tentu saja sangat berguna untuk karir profesional kamu di masa depan.
Untuk mencapai kesuksesan dan mencapai tujuan akademik yang baik, mengatur waktu adalah keterampilan yang penting bagi mahasiswa.
Sehingga, dibutuhkan kemampuan mengatur dan manajemen waktu yang baik agar tidak bertabrakan dengan jadwal aktivitas lainnya.
Untuk itu tim portal kudus menyajikan beberapa tips mengatur dan membuat menajemen waktu sebagai berikut:
Baca Juga: Jihyo Cs Akan Kembali Mengunjungi Indonesia Dalam TWICE 5th World Tour: Ready to Be
1. Mengatur skala prioritas
Maksudnya kamu harus menentukan mana kegiatan yang harus kamu lakukan lebih dulu dan mana kegiatan yang bisa kamu tunda.
Untuk menentukan skala prioritas kamu bisa mengurutkannya menggunakan tabel prioritas.
Mulai dari prioritas penting mendesak, tidak penting tapi mendesak, penting tak mendesak, hingga tidak penting tidak mendesak.
2. Cermat memilih kegiatan selama kuliah
Hal ini karena sekecil apapun kegiatan yang kamu lakukan selama kuliah pasti akan menyita waktu.
Jadi jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia untuk hal yang tidak bermanfaat untukmu.
3. Membuat daftar rencana
Tuliskan apa saja kegiatan yang akan kalian lakukan dalam seminggu dan akan mengerjakan tugas apa saja.
Hal ini akan membuat waktu kamu lebih terarah lebih terjadwal sehingga kamu tidak lalai dan meninggalkan satu kegiatan pun.
Baca Juga: Waspadai 6 Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Udara di Jakarta
4. Konsisten
Konsisten adalah kuncinya. Semua akan percuma kalau tidak melakukannya dengan konsisten.
Inilah tips mengatur waktu yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memanajemen diri selama kuliah.
Semoga bermanfaat.***