Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 Kegiatan 4.5, Memilah Unsur Pembangun Puisi

4 Oktober 2022, 09:55 WIB
Sajak Sanusi Pane, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 112 dan 113.* /Buku Kemendikbud

Portal Kudus -Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP dan MTs halaman 112, dan 113 kegiatan 4.5.

Artikel ini berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP dan MTs halaman 112, dan 113 kegiatan 4.5.

Materi pembelajaran merujuk ada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP dan MTs.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93 Subtema 2 Pembelajaran 6

Sebelum membuka kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP dan MTs halaman 112, dan 113 kegiatan 4.5.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban halaman 112, dan 113

Kegiatan 4.5

A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?

2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

Jawaban:

-Tema puisi "Hujan Bulan Juni" yaitu cinta yang disimpan dan tidak terungkapkan kepada seseorang lebih memilih untuk mencintai dalam diam.

maksud dari dari penyair puisi "Hujan Bulan Juni" lebih banyak berkaitan dengan ketabahan dan kesabaran sebuah kasih sayang.

Pada larik kata “Tidak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni,” Sapardi menggambarkan hujan sebagai kasih sayang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 34 dan 35, Pembahasan Soal Kegiatan 2.3

-Tema puisi "Gadis Peminta-minta" adalah kemanusiaan. Dalam puisi ini penulis bermaksud mengajak pembaca agar tidak memandang rendah martabat gadis peminta-minta karena pada dasarnya kedudukan manusia semuanya sama di mata Tuhan.

Maksud dari penyair puisi "Gadis Peminta-minta"  adalah apabila gadis itu mati, penyair merasa kehilangan kehilangan.

Penyair merasa bahwa gadis kecil itu sebagai identitas kota Jakarta, tetapi ia juga ingin supaya tokoh semacam itu tidak ada lagi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 37 dan 38 Kegiatan 2.4

B. 1. Bacalah pula puisi berikut!

Sajak
oleh Sanusi Pane

Di mana harga karangan sajak,

Bukan dalam maksud isinya;

Dalam bentuk, kata nan rancak,

Dicari timbang dengan pilihnya

Baca Juga: CONTOH Soal PTS Agama Islam Kelas 11 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal PTS PAI Kelas 11 SMA SMK 202

Tanya pertama keluar di hati,

Setelah sajak dibaca tamat,

Sehingga mana tersebut sakti,

Mengikat diri di dalam hikmat.

Rasa bujangga waktu menyusun,

Kata yang datang berduyun-duyun Dari dalam,

bukan nan dicari.

Harus kembali dalam pembaca,

Sebagai bayang di muka kaca.

Harus bergoncang hati nurani

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halman 30 Kegiatan 2.1

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?

b. Apa arti  sajak dalam  puisi tersebut? Bagaimana amanat  yang ingin disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?

c. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!

d. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisinya itu? Jelaskan secara naratif !

Baca Juga: PAHAMI Arti Kata Ampas dalam Kamus Bahasa Indonesia Berikut, Simak Ampas Artinya dalam KBBI Adalah Apa

Jawaban:

a. Satu bait dan empat belas larik

b. Sebuah karangan sajak tidak diperjualbelikan berdasarkan isinya. Sebuah puisi yang bagus dilihat dari keindahan bahasanya.

Daripada bingung dengan isi dari sebuah puisi, akan lebih baik jika mengetahui isi dari puisi saat pertama membaca sekilas puisi tersebut maka akan terlontar dari nurani hati sang pembaca.

Setelah pembaca selesai membaca karangan puisi maka berarti dia baru saja menikmati suatu karya puisi. Saat penyair puisi menyusun kata dalam sebuah puisi, dia tidak melihat seberapa banyak kata yang dia buat tetapi dia mengekpresikan yang kira-kira akan dirasakan oleh pembacanya sehingga dapat menarik hati para pembacanya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 37 dan 38, Pembahasan Soal 2.4

Amanat dari puisi tersebut:Sebaiknya sebelum kita mengetahui isi dari sebuah karangan , kita hasrus membacanya dari awal hingga akhir karena didalamnya terdapat keindahan bahasa yagn dapat dirasakan oleh pembaca.

c. menurut sang penyair,sajak itu harus menggocang hati nurani pembacanya. saya sangat setuju, karena Puisi yang baik adalah puisi yang menimbulkan sebuah kesan tersendiri kepada pembacanya.

disamping menimbulkan kesan, pembaca juga dapat dengan mudah menangkap pesan dan isi pemikiran sang penulis.

d. Pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisi itu ialah “sebagai bayang dimuka kaca,harus bergoncang hati nurani”. penulis menuliskan isi pemikiran sebagai cermin diri bagi penulis dan pembacanya, agar hati nurani tergerak untuk berbuat lebih baik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP dan MTs halaman 112, dan 113 kegiatan 4.5.***

Editor: Kartika Kudus

Sumber: BSE Kemendikbud

Tags

Terkini

Terpopuler