Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 304 305 Latihan 5.3 Soal Nomor 5-10 Lengkap Pembahasannya

4 Maret 2022, 14:45 WIB
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 304 jari-jari bola dan setengah bola tertutup latihan 5.3 no 4-6 /Tangkapan layar/buku matematika kelas 9 kemdikbud

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 304 305 Latihan 5.3 soal nomor 5-10 lengkap pembahasannya.

Inilah ulasan kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 304 305 Latihan 5.3 soal nomor 5-10, simak dan pahami dengan baik disini.

Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenaikunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 304 305 Latihan 5.3 soal nomor 5-10 dengan menggunakan pemahaman materi Menentukan Luas dan Volume Bola.

Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 304 305 mapel Matematika semester 2.

Baca Juga: Pembahasan Soal Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 31, 32 Ayo Kita Berlatih 6.3 Materi Tripel Pythagoras

Dengan menggunakan pemahaman materi di atas, maka soal Matematika semester 2 halaman 304 dan 305 akan bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Berikut kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 304 305 Latihan 5.3 soal nomor 5-10 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 196 197 Aktivitas Kelompok Bab 4, Daya Tarik Indonesia dan Faktor Pendorong

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Semester 2 Halaman 304 305 Latihan 5.3

5. Berpikir kritis.Terdapat suatu bola dengan jari-jari r cm. Jika luas permukaan bola tersebut adalah A cm² dan volume bola tersebut adalah A cm³, tentukan:

a. nilai r

Jawaban:

Luas permukaan = 4πr²
Volume = 4/3 πr³

Maka;

Luas permukaan = Volume
4πr² = 4/3 πr³
r = 3 cm

Jadi, nilai r adalah 3 cm.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 118 119 120 Uji Kompetensi 7 Soal Essay Nomor 1-10

b. nilai A

Jawaban:

Luas permukaan = 4πr²
= 4π(3)²
= 36π
= 36 x 3,14
= 113,04 cm²

Jadi, nilai A adalah 113,04 cm².

6. Lihatlah lampiran gambar pada soal tersebut!

Bangun di samping dibentuk dari dua setengah r1 dan r 2 bola yang sepusat. Setengah bola yang lebih kecil memiliki jari-jari r1 = 4 cm sedangkan yang lebih besar memiliki jari-jari r2 = 8 cm. Tentukan:

a. luas permukaan bangun tersebut

b. volume bangun tersebut.

Jawaban:

Diketahui:

2 setengah bola terdiri dari 2 bola besar dan 1/2 bola kecil
r₁ = 4
r₂ = 8

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 229 230 231 Ayo Berlatih Bab 11 Soal Pilihan Ganda dan Essay Terlengkap

Ditanyakan:

a. Luas permukaan bangun tersebut
b. Volume bangun tersebut.

Jawab:

a). Luas bola basar = 4πR²
= 4 x 3,14 (8)²
= 803,84 cm²

Luas bola kecil= 4πR²
= 4 x 3,14 (4)²
= 200,96 cm²

Jadi luas setengah bola kecil= 1/2 : 200,96 = 100,48 cm²

Luas permukaan bangun = (luas bola besar)² + luas setengah bola kecil
= (803,84)² + 100,48
= 1708,16 cm²

b). Volume bola besar = (4/3)πR³
= 2143,6 cm³

Volume 2 bola besar= (4/3)πR³
= 4287,15 cm³

Volume bola kecil = (4/3)πR³
= 150,72 cm³

Jadi volume setengah bola kecil= 75,36 cm³

Volume bangun = volume 2 bola besar + Volume setengah bola kecil
= 503,51 cm³

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 256 257 Ayo Berlatih Bab 12 Soal Pilihan Ganda dan Essay Terlengkap

7. Analisis kesalahan. Lia menghitung luas permukaan bola dengan cara membagi volume bola dengan jari-jari bola tersebut (L = V/r ). Tentukan kesalahan yang dilakukan oleh Lia.

Jawaban:

L = 4πr²
V = 4/3 πr³

Sehingga V = Lr/3, yang berakibat L = 3V/r

8. Bola di dalam kubus. Terdapat suatu kubus dengan S panjang sisi s cm. Dalam kubus tersebut terdapat bola dengan kondisi semua sisi kubus menyentuh bola (lihat gambar pada soal tersebut).

a. Tentukan luas permukaan bola tersebut.
b. Tentukan volume bola tersebut.

Jawaban:

Karena semua sisi kubus menyentuh bola maka diameter bola = s, jari-jari bola = s/2

a) Luas permukaan bola = 4 × π × r²
= 4 x π x s/2 x s/2
= πs² cm²

b) Volume bola = 4/3 x π × r³
= 4/3 x π x s/2 x s/2 x s/2
= πs³/6 cm³

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 184 Uji Kompetensi Bab 6, Apa Yang Dimaksud Dengan Bela Negara

9. Kubus di dalam bola. Terdapat suatu kubus S dengan panjang sisi s cm. Kubus tersebut berada di dalam bola dengan kondisi semua titik sudut kubus menyentuh bola. (Lihat gambar pada soal tersebut)

a. Tentukan luas permukaan bola tersebut
b. Tentukan volume bola tersebut

Jawaban:

Diagonal bidang kubus = diameter bola, diperoleh r = 1/2√3s

a) Luas = 4πr²
= 4π(1/2√3s)²
= 3πs² cm²

b) Volume = 4/3πr³
= 4/3π(1/2√3s)³
= 1/2√3πs³ cm³

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 145 146 Uji Kompetensi Bab 5 Harmoni Dalam Keberagaman Sosial Budaya

10. Timbangan dan kelereng. Andi punya dua macam kelereng. Kelereng tipe I berjari-jari 2 cm sedangkan tipe II berjari-jari 4 cm. Andi melakukan eksperimen dengan menggunakan timbangan. Timbangan sisi kiri diisi dengan kelereng tipe I sedangkan sisi kanan diisi dengan kelereng tipe II.

Tentukan perbandingan banyaknya kelereng pada sisi kiri dengan banyaknya kelereng pada sisi kanan agar timbangan tersebut seimbang.

Jawaban:

Di misalkan bahwa kelereng tipe I adalah a dan tipe II adalah b.

V1 = 4/3π(2)³ = 32/3π cm
V2 = 4/3π(4)³ = 256/3π cm

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 44 45 46 Uji Kompetensi 2 Soal Essay Lengkap Pembahasannya

Maka;

V1 = V2
a x V1 = b x V2π
a x 32/3π = b x 256/3π
a = 8b

Sehingga, perbandingan banyak kelereng pada sisi kiri dengan sisi kanan agar seimbang adalah 8 : 1.

Demikian artikel tentang kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 304 305 Latihan 5.3 soal nomor 5-10 lengkap pembahasannya.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler