Portal Kudus - Dapatkan penjelasan, publisitas yang bersumber dari data wawancara termasuk jenis publisitas apa?
Jika Anda sedang belajar mengenali jenis-jenis publisitas, simak selengkapnya artikel ini.
Berikut ini akan dibahas lebih lengkap mengenai jenis-jenis publisitas beserta kategorinya.
Dengan menyimaknya, akan dipahami jenis publisitas yang bersumber dari data wawancara tersebut.
Agar memahami secara lebih menyeluruh, kita simak terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan publisitas.
Publisitas dari kacamata media massa adalah informasi yang disediakan oleh sumber luar yang digunakan oleh media karena informasi itu memiliki nilai berita (Kriyantono, 2009:41).
Tipe-tipe publisitas
- Free Publicity (publisitas bebas biaya) : publisitas yang dihasilkan dari kerja sama yang saling menguntungkan antara beberapa pihak berdasarkan prinsip take and give untuk menyelenggarakan publisitas bersama-sama.
- Low cost publicity (hemat biaya) : publisitas yang sederhana, umumnya di buat dengan kertas seperti brosur, poster, tiket, dan dikeluarkan 2 minggu atau 1 minggu sebelum acara.
Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sahur Sehat dan Mudah yang Dapat Membuat Perut Kita Terasa Kenyang Lebih Lama
- High cost publicity (publisitas biaya tinggi) : pihak penyelenggara mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membayar media. Contoh : billboard, iklan gambar di surat kabar, iklan radio, iklan di TV.
Publisitas yang bersumber dari data wawancara termasuk jenis publisitas apa?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak jenis-jenis publisitas berikut ini.
Jenis-Jenis publisitas
A. Berdasarkan Sumber
- Publisitas Lisan, adalah publisitas yang bersumber dari pernyataan lisan.
Contoh: publisitas yang bersumber dari data wawancara
- Publisitas Tulisan adalah publisitas yang bersumber dari informasi tertulis yang dibuat PR (Public Relations).
Contoh: press release, backgrounders, press-kitt atau letter of denial
B. Berdasarkan Dampak
- Publisitas positif
Adalah publisitas yang memunculkan dampak positif bagi perusahaan
- Publisitas negatif
Adalah pemberitaan di media yang mengandung dampak negatif terhadap citra perusahaan
C. Berdasarkan Kejadian
- Publisitas yang direncanakan, adalah publisitas yang berasal dari kegiatan (event) yang disengaja diselenggarakan oleh PR, kemudian memberitahukannya ke media
- Publisitas yang tidak direncanakan (spontan), adalah publisitas tentang peristiwa-peristiwa yang tidak direncanakan atau spontan.***