Portal Kudus - PT PLN memperpanjang masa bantuan listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA yang terdampak virus covid-19. Segera dapatkan Token Listrik Gratis Februari 2021, simak caranya di sini.
Program bantuan token listrik gratis bagi pelanggan PLN yang terdampak Covid-19, resmi diperpanjang pemerintah mulai bulan Januari 2021 hingga Maret 2021.
“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimistis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” Ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN, Bob Saril.
Baca Juga: Niat Puasa Senin Kamis, Manfaatnya dan Bacaan Doa Lengkap Tulisan Arab, Latin hingga Artinya
Bagi pelanggan pasca bayar, bantuan akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan yang diberikan sama dengan besaran pada 2020.
Adapun besaran subsidi listrik yang diberikan PLN kepada pelanggan yakni:
- Diskon 100% untuk pelanggan listrik kategori 450 VA
- Diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial
- Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan diberikan 100% tagihan listrik
Baimana Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Februari 2021?
Klaim token listrik gratis dapat dilakukan melalui tiga cara, yakni melalui website stimulus.pln.co.id, Whatsapp dan PLN Mobile.
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN mengatakan, ada banyak cara pelanggan untuk mendapatkan bantuan subsidi PLN ini.
“Kami buat banyak pilihan akses, supaya pelanggan makin mudah untuk mengambil token stimulus listrik ini,” ujar Bob.
Via website
Untuk pelanggan yang ingin mendapatkan token listrik stimulus Covid-19 melalui website resmi PLN caranya adalah:
Buka Alamat www.pln.co.id
Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
Buka Alamat www.pln.co.id
Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
Via Whatsapp
PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik. Cara mendapatkan token listrik bersubsidi dari PLN melalui WhatsApp yakni:
Buka Aplikasi WhatsApp.
Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
Via aplikasi PLN Mobile
Sementara itu, token juga bisa didapatkan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Adapun cara mendapatkan token melalui aplikasi PLN Mobile yakni:
Buka Aplikasi PLN Mobile
Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo
Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
Untuk menjangkau daerah terpencil, kata Bob, PLN akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan/desa/kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.
Saat ini, jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 24,16 juta pelanggan, jumlah pelanggan 900VA bersubsidi sebanyak 7,87 juta pelanggan.
Adapun untuk pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 459 ribu pelanggan.***