KUMPULAN 35 CONTOH Soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 Manajemen Semester 4 Lengkap Kunci Jawabannya

- 28 Juni 2024, 19:09 WIB
Media sosial telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran bisnis
Media sosial telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran bisnis /

Portal Kudus - Inilah 35 contoh soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 Manajemen semester 4 lengkap kunci jawabannya.

Simak inilah pembahasan tentang 35 contoh soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 Manajemen semester 4 lengkap kunci jawabannya.

Bagi kalian yang sedang mencari contoh soal UAS UT mata kuliah Manajemen Pemasaran EKMA4216 jurusan Manajemen semester 4 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi contoh soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal UAS UT jurusan Manajemen semester 4.

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perencanaan Kota ADPU4433 Ilmu Administrasi Negara Semester 5 Lengkap Kunci Jawabannya

Sebanyak 35 contoh soal UAS UT mata kuliah Manajemen Pemasaran EKMA4216 disajikan untuk kalian yang akan menghadapi UAS UT tahun 2024 jurusan Manajemen semester 4.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 tahun 2024 jurusan Manajemen semester 4 pada artikel ini.

Materi UAS UT mata kuliah Manajemen Pemasaran EKMA4216 pada artikel ini bersumber dari modul-modul kuliah. Jadi sangat cocok sekali untuk Anda pelajari.

Soal-soal ini merupakan soal-soal pilihan yang telah di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Penganggaran EKMA4570, Contoh Soal UAS UT Akuntansi EKMA4570 Penganggaran dan Kunci Jawaban

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 45 contoh soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 Manajemen semester 4 lengkap kunci jawabannya.

1. Konsep inti pemasaran menurut Bagozi adalah ....
A. kebutuhan
B. pertukaran nilai
C. pasar
D. individu

Jawaban: B

2. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan superior. Yang dimaksud dengan nilai pelanggan superior adalah...
A. pengorbanan dikurangi dengan manfaat.
B. Jawaban Anda salah, seharusnya manfaat dikurangi dengan pengorbanan
C. manfaat kotor sebelum dikurangi pengorbanan pelanggan yang diwujudkan dalam pembayaran
D. manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaing

Jawaban: D

3. Peran pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah ....
A. memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraan
B. menentukan bagaimana melakukan persaingan
C. didasarkan pada bauran pemasaran
D. mengkampanyekan orientasi pelanggan

Jawaban: C

4. Dalam pelakasanaan konsep pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....
A. kepuasan pelanggan
B. keuntungan jangka pendek perusahaan
C. kepuasan personil produksi dan pemasaran
D. harga lebih murah dibanding pesaing

Jawaban: A

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Materi dan Pembelajaran PKN SD PDGK4401 PGSD Semester 8 Lengkap Kunci Jawabannya

5. Tanggung jawab manajer pemasaran suatu perusahaan dalam upaya membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain.. ..
A. penciptaan nilai pelanggan inferior
B. penolakan aktivitas retensi pelanggan
C. penciptaan laba jangka pendek perusahaan
D. fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan

Jawaban: D

6. Pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada karyawan merupakan lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
A. pemasaran internal
B. pemasaran tanggungjawab sosial
C. pemasaran terintegrasi
D. pemasaran keterhubungan

Jawaban: A

7. Tugas pemasar tidaklah mudah. Pemasar perlu memperhatikan lingkungan makro ekstern, salah satunya perlu mengetahui bagaimana cara hidup, keyakinan dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor....
A. sosial dan budaya
B. perekonomian
C. demografi
D. politik dan hukum

Jawaban: A

8. Proses manajemen pemasaran merupakan proses penyampaian nilai yang memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar atau pelanggan sasaran. Proses penyampaian nilai itu digambarkan dalam bentuk berbagai aktivitas yang ...
A. dimulai dari pengukuran hasil dan diakhiri dengan implementasi rencana pemasaran
B. dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
C. terdiri dari proses identifikasi kendala dalam mencapai tujuan
D. terfokus pada proses penyusunan perencanaan strategis tanpa memperhatikan lingkungan eksternal

Jawaban: B

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perspektif Pendidikan SD PDGK4104, Contoh Soal UAS UT PGSD PDGK4104 Perspektif Pendidikan SD

9. Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis adalah ....
A. memilih strategi dan taktik
B. mengevaluasi hasil
C. menetapkan tujuan
D. menganalisis situasi bisnis

Jawaban: D

10. Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah ....
A. terbatasnya jumlah pegawai yang kompeten
B. bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
C. mengidentifikasi target penjualan pesaing
D. tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaan

Jawaban: B

11. Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....
A. taktik
B. strategi
C. tujuan
D. sasaran

Jawaban: B

12. Strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja merupakan strategi ....
A. konsentrasi segmen tunggal
B. konsentrasi segmen ganda
C. memasuki pasar
D. bauran pemasaran

Jawaban: A

Baca Juga: 40 CONTOH SOAL UAS UT Administrasi Pemerintahan Daerah ADPU4440 Ilmu Administrasi Negara Semester 6

13. Salah satu faktor demografis pribadi yang dapat dipakai untuk mensegmentasikan pasar konsumen yaitu ....
A. biaya hidup
B. jenis kelamin
C. kepribadian
D. kelas sosial

Jawaban: B

14. Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka Anda tergolong dalam kelompok....
A. pasar internasional
B. pasar bisnis
C. pasar penjual
D. pasar pemerintah

Jawaban: C

15. Ukuran perusahaan, usia perusahaan, bahasa yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
A. pasar konsumen
B. produk
C. harga
D. pasar bisnis

Jawaban: D

16. Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....
A. bahasa yang digunakan
B. segmen pasar yang cukup luas
C. pola pertumbuhan
D. jenis industri

Jawaban: B

17. Apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?
A. mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmen
B. berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
C. memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja
D. membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayani

Jawaban: B

Baca Juga: KUMPULAN CONTOH Soal Ujian Mandiri 2023 dan Pembahasannya, Latihan Soal Ujian Mandiri Saintek/Soshum 2023

18. Konsumen mempunyai preferensi yang sama, baik kualitas maupun harga adalah ciri preferensi .....
A. homogen
B. menyebar
C. mengelompok
D. homogenitas pasar

Jawaban: A

19. Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi ....
A. perilaku pembelian pelanggan
B. perilaku sosial pembeli
C. perilaku konsumen
D. perilaku pasar

Jawaban: C

20. Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu (gold, platinum) bercita-cita ingin menjadi milik/bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut dinamakan kelompok ....
A. disasosiatif
B. aspirasi
C. keanggotaan
D. asosiasi

Jawaban: B

21. Contoh peluang barang atau jasa yang dapat ditawarkan pemasar pada tahap keluarga sarang penuh I adalah ....
A. lemari es dan kompor
B. makanan bayi dan mainan anak-anak.
C. tabungan dan pelajaran musik
D. barang-barang mewah dan perbaikan rumah

Jawaban: B

22. Faktor yang bukan merupakan bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow adalah....
A. kebutuhan harga diri
B. kebutuhan keselamatan
C. kebutuhan sosial
D. kebutuhan mencoba hal baru

Jawaban: D

Baca Juga: 100 SOAL UP PPG 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Latihan Soal Uji Pengetahuan UP PPG Daljab 2023

23. Tahapan apa yang akan langsung dilakukan konsumen setelah mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan?
A. mengevaluasi berbagai alternatif
B. menentukan kebutuhan dan keinginan
C. membuat keputusan beli
D. mengevaluasi pasca beli

Jawaban: A

24. Produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang merupakan pengertian produk ....
A. sangat diperlukan
B. spesial
C. shopping
D. bermanfaat

Jawaban: D

25. Volume penjualan yang mulai melambat pertumbuhannya, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun merupakan deskripsi produk yang berada pada tahap .... dalam daur hidup produk
A. kedewasaan
B. penurunan
C. perkenalan
D. pertumbuhan

Jawaban: A

26. Kegiatan berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru adalah .....
A. pengujian konsep
B. penilaian laboratorium
C. tes kesukaan konsumen
D. pengujian tentang konsep produk

Jawaban: D

27. Pengujian pasar sebagai salah satu tahap dalam pengembangan produk baru dianggap sangat penting karena dapat.........
A. memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatang
B. mengurangi kerugian finansial dari produk lain
C. menghindari pemutusan hubungan kerja karyawan
D. mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan

Jawaban: D

28. Pakaian, elektronik, dan perabot rumah tangga merupakan contoh dari produk ….
A. konvenien
B. shopping
C. spesial
D. industrial

Jawaban: B

29. Sekelompok produk yang dapat memuaskan segolongan kebutuhan tertentu dinamakan ....
A. bauran produk
B. daur hidup merek
C. product item
D. lini produk

Jawaban: D

30. Salah satu contoh produk yang betul-betul baru dan tidak ada produk substitusinya adalah ....
A. obat kanker
B. alat penyimpan data (flash disc) yang sekaligus dapat memutar lagu (MP3)
C. mobil model tahun yang akan datang
D. ponsel dengan fitur koneksi internet

Jawaban: A

31. Alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan adalah ....
A. perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
B. pasarnya sangat luas
C. mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggi
D. perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial

Jawaban: A

32. Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan cara ....
A. menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
B. mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresif
C. perbaikan kualitas produk
D. mencari pembeli baru dan segmen pasar baru

Jawaban: D

33. Strategi utama yang dapat ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan ....
A. modifikasi produk
B. mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
C. meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
D. meningkatkan kualitas produk

Jawaban: C

34. Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan merupakan sifat permintaan ....
A. elastis
B. inelastis
C. unitary elasticity
D. inunitary elasticity

Jawaban: B

35. Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....
A. oligopoli
B. persaingan tidak sempurna
C. monopoli
D. monopolistik

Jawaban: A

36. Salah satu metode penetapan harga yang bukan berorientasi pada biaya adalah metode penetapan harga....
A. mark-up
B. rate-of-return
C. paritas kompetitif
D. break-even

Jawaban: C

37. Keuntungan bagi perusahaan menggunakan perantara adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
B. perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
C. membantu pengadministrasian persediaan lokal
D. membantu dalam penyortiran

Jawaban: C

38. Semua aktivitas yang secara langsung terkait dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnis
adalah pengertian dari ....
A. perdagangan eceran
B. pengecer
C. pedagang besar
D. agen

Jawaban: A

39. Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, misal jasa pembimbingan/konsultasi, bantuan bidang finansial, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang membantu dalam pengambilan keputusan adalah ....
A. bank
B. radio
C. surat kabar
D. lembaga penelitian

Jawaban: D

40. Faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
A. jumlah pembeli potensial
B. jumlah pesanan
C. sumber pembiayaan
D. luasnya lini produk

Jawaban: D

41. Faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
A. volume penjualan
B. luasnya lini produk
C. nilai unit
D. jumlah pembeli potensial

Jawaban: A

42. Jika perusahaan menawarkan barang konvenien, maka distribusi yang dapat dipakai adalah distribusi ....
A. selektif
B. intensif
C. eksklusif
D. ekstensif

Jawaban: B

43. Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada khalayak stakeholder adalah pengertian dari ....
A. komunikasi massa
B. pemasaran keterhubungan
C. komunikasi pemasaran
D. komunikasi antar-perorangan

Jawaban: C

44. Kegiatan pengiriman pesan yang berupa iklan dalam komunikasi pemasaran disebut dengan ....
A. encoding
B. decoding
C. feedback
D. sender

Jawaban: A

45. Dalam proses adopsi, tahapan dimana pembeli mengambil keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba disebut dengan tahap ....
A. kesadaran
B. evaluasi
C. percobaan
D. adopsi

Jawaban: D

Demikian terkait 35 contoh soal UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216 Manajemen semester 4 lengkap kunci jawabannya.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah