Portal Kudus - Simak inilah pembahasan tentang unduh contoh soal UAS UT PGSD latihan soal UAS UT PGSD semester 1 semua mata kuliah tahun 2024.
Mendekati Ujian Akhir Semester (UAS) adalah saat yang menuntut persiapan matang dan pemahaman yang mendalam terhadap materi perkuliahan.
Salah satu langkah penting dalam mempersiapkan diri adalah melalui latihan soal sebagai bentuk evaluasi diri.
Oleh karena itu, disediakan contoh latihan soal UAS Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka (UT) sebagai alat bantu belajar yang efektif.
Contoh latihan soal ini dirancang untuk mencakup berbagai topik penting yang diajarkan dalam semester pertama PGSD UT. Soal-soal ini melibatkan materi-materi kunci, seperti teori pendidikan, psikologi perkembangan anak, serta pendidikan pancasila.
Tujuan dari latihan ini adalah memberikan gambaran nyata kepada mahasiswa mengenai tipe-tipe pertanyaan yang mungkin muncul dalam UAS sebenarnya.
Selain itu, latihan soal UAS UT PGSD ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan analisis dan penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari.
Dengan mencoba menjawab soal-soal ini, mahasiswa dapat mengidentifikasi area kelemahan dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi.
Hal ini akan membantu meningkatkan tingkat kesiapan mereka menghadapi UAS sebenarnya.
Latihan soal UAS UT PGSD ini disertai dengan kunci jawaban yang rinci, memungkinkan mahasiswa untuk melakukan evaluasi mandiri dan meningkatkan pemahaman mereka.
Dengan demikian, latihan ini bukan hanya sebagai sarana persiapan menghadapi ujian, tetapi juga sebagai alat pengembangan diri yang memberikan manfaat jangka panjang dalam perjalanan pendidikan mereka.
Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah contoh soal UAS UT PGSD lengkap kunci jawabannya untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111.
1. Domain Individu mempunyai Kepribadian,Daerah punya masyarakat dan Negara mdempunyai......
A. Individu
B. Masyarakat
C. Bangsa
D. Daerah
Jawaban: C
2. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal . . .
A. Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
B. Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
C. Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
D. Pasal 32 ayat 2 dan pasal 33 ayat 2
Jawaban: A
3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitumembentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat.Makna dan hakekat yang terkandungdi dalamnya yaitu.....
A. berani membela bangsa dan negara
B. melaksanakan otonomi seluas luasnya
C. mengimporbahan baku industri dari luar
D. mengeksploitasi sumber daya alam
Jawaban: A
4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaituCinta kepada Tanah –Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .
A. berani karena benar takut karena salah
B. patah tumbuh hilang berganti
C. tak kenal maka tak cinta
D. berat sama dipikul ringan sama dijinjing
Jawaban: C
5. Salah satu latar belakang Wasantara yaitusecarapisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatifmanakala . . .
A. pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri feri
B. pemerintah mengeksploitasi sumbetdaya alam secara optimal
C. pemerintahperlu membangun sistem pertahananyang kuat
D. Pembangunan nsioanl dilakukan secara merata
Jawaban: A
6. Salah satu unsur dasar Wasantara, yaitu Kepulauan. Konsepsi berpikir atau paradigma Wasantara ini dilandasi oleh pemikiran bawa. . .
A. pulau pulau dipisahkan oleh laut dan selat
B. laut dan selat merupakan satu kesatuan
C. rangkaian pulau pulau dalam laut
D. laut yang ditebari oleh pulau pulau
Jawaban: D
7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas
Jawaban: C
Baca Juga: 30 SOAL UAS Pengantar Akuntansi UT 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4115
8. Wasantaramerupkan landasanBangnas Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas
Jawaban: B
9. Penegakan Dasar Negara dan konstitusi negara merupakan salah satu dasar pentingnya Tannas Indonesia. Dasar Negara dan konstitusi negara mengandungtiga dimensi yaitu dimensi Kebangkitan nasional, dimensi Ketahanan nasional dan ...........
A. dimensi kelangsungan hidup bangsa
B. dimensi Kesejahteraan bangsa
C. dimensikekuatandan kejayaan bangsa
D. dimensikesejahteraan dan keamanan bangsa
Jawaban: A
10. Ada dua ciiri pokok yang terkandung dalam ketahanan nasionalsuatu bangsa yaituketangguhan dan ...........
A. kesemestaan
B. kerakyatan
C. keuletan
D. kejayaan
Jawaban: C
11. Sumber kekayaan alam yang berlimpah ruah tidak akan berarti, jika tidak dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa. Dalam hal ini ada keterkaitan antara gatra sumber kekayaan alam dengan . . .
A. idiologi
B. Politik
C. Sumber daya manusia dan teknologi
D. Hankam
Jawaban: C
12. Salah satu indikator ketahanan bidang poloitik kitassebagai negara demokrasi dapt dikatakan rendah yaitu. . .
A. pihak yang kalah pilkada menghasut pendukungnya untukrusuh
B. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah
C. pihak yang kalan menghormati yang menang dlm pilkada
D. pihak yang menag dalam pilkada menhargai yang kalah
Jawaban: A
13. Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara” atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas Indonesia . . . .
A. tinggi
B. sangat tinggi
C. rendah
D. sedang
Jawaban: C
14. Dalam pembinan Tannas , harus memperhatikan seluruh gatra yang ada. Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .
A. sumber kekayaan alam
B. sumber daya manusia,
C. ekonomi
D. pertahanan dan keamanan
Jawaban: B
15. Faktor pemicu dalam memepercepat menyatunya kehidupan dunia atau gobalisasi yaitu . .
A. penyebaran manusia yang tidak merata
B. penyebaran sumber kekayaan alam yang tidak merata
C. dominasi negara negara maju
D. kejuan telekomunikasi/informasi
Jawaban: D
16. Obyek nasionalismeberbeda menurut zamannya. Dahulu obyek nasionalisme melawan penjajah. Pada masa kini obyek nasionalisme yaitu . . .
A. negara dan bangsa
B. eksploitasi sumberdaya alam
C. anti penjajjahan
D. Pemberontakan dalam negeri
Jawaban: A
17. Dalam meningkatkan Tannas Indonesia menghadapi globalisasi diperlukan kewaspadaan dalam menerima bantuan luar. Bantuan yang diterima yaitu. . .
A. yangmeminta imbalan yg berlebihan
B. yang tidak mengikat
C. melemahkan kemadirian
D. dari negara negara besar
Jawaban: B
18. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. Dampak dari itu dapat negatif dan positif tergantung pada kita. Sikap kita i yaitu. . .
A. berkolaborasi untuk membangun pertahanan
B. mengelola kekuatan yg melintas utk kepentingan bangsa
C. menjadimitrauntuk ekspansi ke tetangga
D. menolak segala bentuk bantuan yang ada
Jawaban: B
19. Kesenjangn erkonomi antar daerah , antar kaum, antar masyarakat dapat mengganggu ketahanan Nasional Indonesia.Imlplikasi dari kesenjangan tersebut dapat berupa. . .
A. kerjasama antar daerah danm antar masyarakat
B. konflik sosial dan perpecahan bangsa
C. upaya penngkatan kesejahteraan rakyat
D. gotong royong mengatasi ketimpangan sosial
Jawaban: B
20. Wujud dari politik strategi nasionaldalam bentuk . . .
A. Propenas
B. PJPT
C. Renstra
D. RAPBN
Jawaban: A
21. Implementasi polstranas dalam pembangunan nasionaldapat dilihat pada . . .
A. kenaikan harga BBM untukBantuan Langsung Tunai
B. Gerakanpengentasan kemiskinan
C. operasi pasar untuk menekan kenaikan harga
D. pembuatan undang undang anti teroris
Jawaban: B
22. Prisnsip prinsip demokrasi yang paling pokokberikut ini yaitu. . .
A. historia vitae magistra
B. Vini vidi visi
C. liberty ,egality ,praternity
D. pox populi pox dei
Jawaban: C
23. Pemerintah yang sedikit memerintah bertitik tolak dari pandangan. . .
A. Komunisme
B. sosialisme
C. Atheisme
D. liberalisme
Jawaban: D
24. Demokrasi terpimpin pernah dijalankan di Indonesia yaitu pada masa pemerintahan . . .
A. Megawati
B. Habibie
C. Soeharto
D. Soekarno
Jawaban: D
25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya digunakan model demokrasi . . .
A. Pancasila
B. Demokrasi Parlementer
C. Terpimpin
D. Liberal
Jawaban: B
26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai indikator . . .
A. DPR kurang berfungsi/meningkatnya kesadaran rakyat
B. MPR tidak berfungsi meningkatnya partisipasi rakyat
C. BPD kurang berfungsi dan meningkatnya kesejahteraan
D. MA kurang berfungsi dan meningkatnya kesadaran rakyat
Jawaban: A
27. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan dapat Anda baca dalam statemen berikut ini, yaitu . . .
A. para sopir saling serobot tidak bisa antre di jalan
B. Tim sepakbola kalah, stadion dibakar
C. kalah dalam pilkada membuat kerusuhan
D. menghormati yang menang dan menghargai yang kalah
Jawaban: D
28. Pelaksanaan demokrasi berhubugnan erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini berarti . . .
A. makin miskin masyarakat makin pintar bersemokrasi
B. makin pintar masyarakat makin bisa berdemokrasi
C. makin sejahtera masyarakat makin bisa berdemokrasi
D. makin kaya masyarakat, kurang bisa berdemokrasi
Jawaban: C
29. Timbulnya gagasan Hak Azasi Manusia pada dasarnya akibat perkebangan aliran rasionalisme dan . . .
A. magna charta
B. dipengaruhi oleh gagasan hukum alam
C. Deklarasi Cairo
D. Declaration of Human Right
Jawaban: B
30. Dalam Universal Declaration of Human Right, setiap orang berhak untuk perdagangan dan . . .
A. mendapat jaminan sosial
B. berinteraksi secara baik
C. mendapat jaminan keamanan
D. mendapat pengakuan dan penghargaan
Jawaban: A
31. Setiap warga negara berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan. Pernyataan ini mengandung makna implementasi nilai-nilai HAM dalam . . .
A. perdagangan
B. perekonomian
C. sosial budaya
D. keamanan
Jawaban: B
32. Berikut ini adalah bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia dimasa Orde Baru yaitu . . .
A. Peristiwa RMS
B. Gerakan APRA
C. G/30s/PKI
D. Peristiwa Talangsari Bandar Lampung
Jawaban: D
33. Dihukumnya Gueteres, Abilio Soares dalam kasus pelanggaran HAM di Timtim, adalah salah satu bentuk . . .
A. penegakan HAM di Indonesia
B. promosi HAM di Indonesia
C. penghargaan HAM di Indonesia
D. pelayanan HAM di Indonesia
Jawaban: A
34. Pada dasarnya ada dua bentuk otonomi daerah yaitu otonomi asli dan otonomi artifisial atau diciptakan. Termasuk daerah otonomi asli yaitu . . .
A. Propinsi
B. Kabupaten
C. Kota Madya
D. Desa, Naari, Kuria
Jawaban: D
35. Pelaksanaan otonomi daerah pada hakikatnya penyelenggaraan pemerintahan secara mandiri dalam konteks NKRI. Nilai yang dibawa otonomi ini yaitu Pemberdayaan daerah, kemandirian dan . . .
A. kemakmuran
B. stabilitas daerah
C. demokrasi
D. kemaemukan
Jawaban: C
BaBaca Juga: 30 CONTOH SOAL UAS Kalkulus 1 UT 2023 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Ujian UT Matematika MATA4110 Kalkulus Ica Juga: 30 CONTOH SOAL UAS Kalkulus 1 UT 2023 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Ujian UT Matematika MATA4110 Kalkulus I
36. Salah satu hambatan pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia yaitu . . .
A. Kuatnya aparatur birokrasi
B. Struktur permintaanyang berjenjang
C. Lemahnya konrol wakil rakyat
D. Sentralisasi pemerintahan
Jawaban: C
37. Good Governance menggambarkan perubahan peran pemerintah dari memberikan pelayanan pada masyarakat menjadi . . .
A. Fasilitator
B. Dinamisator
C. Inisiator
D. regulator
Jawaban: A
38. Capacity Building merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja pemerintah supaya lebih efisien dan efektif serta . . .
A. Dapat dipercaya
B. Responsive
C. Mampu menjalankan tugas
D. memberikan pelayanan
Jawaban: B
39. Menurut Ivan S. Bloch, selama kurun waktu 3357 tahun terdapat 227 tahun damai dan 3130 tahun perang. Data ini bermakna bahwa . . .
A. Jika ingin damai maka siaplah untuk berperang
B. Umat manusia cenderung sukaberperang
C. perang merupakan kelajutan dari politik
D. Perang merupakan kehidupan normal
Jawaban: D
40. Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia di rancang atas dasar pertimbangan . . .
A. Untuk melakukan ekspansi ke negara tetangga
B. Bersaing dengan negara tetangga
C. Melakukan pertahanan dari setengah musuh
D. Perkirakan ancaman musuh ke depan
Jawaban: D
Demikian terkait download unduh contoh soal UAS UT PGSD latihan soal UAS UT PGSD semua mata kuliah tahun 2023.***