Portal Kudus - Simak inilah pembahasan tentang 30 soal ujian UT PGSD PDGK4405 materi dan pembelajaran IPS SD tahun 2023 lengkap kunci jawaban contoh soal UAS.
Pendekatan Ujian Terbuka (UT) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam mata kuliah PDGK4405.
Materi dan Pembelajaran IPS SD tahun 2023 menandai tahap penting dalam menilai pemahaman dan keterampilan calon guru dalam merancang dan menyampaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar.
Mata kuliah ini, PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD, menjadi fondasi kritis dalam membekali mahasiswa PGSD dengan pengetahuan dan pendekatan efektif untuk mengajar IPS di tingkat SD.
Contoh soal Ujian UT PGSD PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD tahun 2023 disusun sebagai alat evaluasi yang holistik, mencakup berbagai aspek dalam merancang pembelajaran IPS yang kontekstual dan relevan.
Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap kurikulum IPS SD, strategi pengajaran yang inovatif, serta kemampuan merancang materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SD.
Ujian ini bukan hanya sebagai penilaian akademis, melainkan juga sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola pembelajaran IPS di ruang kelas.
Kesuksesan dalam Ujian UT PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD 2023 akan menciptakan guru-guru SD yang mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas, memotivasi siswa, dan menciptakan pemahaman yang mendalam terhadap materi IPS.
Melalui contoh soal ini, diharapkan mahasiswa PGSD dapat merangsang pemikiran kreatif, memahami kebutuhan siswa dalam belajar IPS, dan merancang pembelajaran yang menggugah minat mereka.
Kesuksesan dalam ujian ini menjadi langkah krusial menuju persiapan mereka sebagai pendidik yang berdedikasi dan berkompeten di tingkat SD.
Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 40 soal ujian UAS UT PGSD PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD tahun 2023 lengkap kunci jawaban.
1. Berikut ini adalah jenis-jenis program pendidikan sosial dalam wacana kurikulum sistem pendidikan di Indonesia, kecuali ....
A. program pendidikan ilmu-ilmu sosial
B. pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial
C. pendidikan ilmu pengetahuan sosial
D. pengetahuan pendidikan sosial
Jawaban: D
2. Pengertian studi sosial adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk kepentingan pembelajaran dari Edgar Bruce Wesley adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan ....
A. pendidikan
B. pengetahuan
C. pengajaran
D. ilmu
Jawaban: A
3. Pada tahun 1960-1970-an timbulnya tarik-menarik antara pendukung gerakan the new social studies yang dimotori oleh sejarawan dan ahli ilmu-ilmu sosial dengan gerakan social studies yang menekankan kepada citizenship ....
A. education
B. science
C. knowledge
D. pedagogy
Jawaban: A
4. Lembaga profesional di Indonesia yang mirip NCSS adalah ....
A. HISPIPSI
B. PGRI
C. ISPI
D. PDIPS
Jawaban: A
5. Inovasi yang diujicobakan melalui kurikulum PPSP, hasilnya banyak memberikan inspirasi tentang konsep IPS dalam kurikulum ....
A. 1968
B. 1975
C. 1984
D. 1994
Jawaban: B
6. Menurut Wilarjo, suatu disiplin ilmu tidak bisa dipandang hanya sebagai akumulasi informasi, fakta, teori atau paradigma, melainkan merupakan sistem ....
A. bertindak
B. berprilaku
C. berpikir
D. bersikap
Jawaban: C
7. Campur tangan alam yang tidak bisa di kontrol oleh manusia yang merugikan seperti dibawah ini, kecuali ....
A. erosi tanah
B. penipisan lapisan tanah
C. gunung meletus
D. polusi udara
Jawaban: C
8. Doktrin paham envorenmentalisme pertama kali diformulasikan oleh Hiprocrates dalam bukunya yang berjudul ....
A. the spirit of laws
B. natural history of man
C. air war and palce
D. essay on the custom and the spirit
Jawaban: C
9. Aritoteles mengatakan bahwa bangsa-bangsa di Eropa terutama yang menepati wilayah yang dingin mempunyai sifat, kecuali ....
A. mempunyai semangat yang tinggi
B. bermental lemah
C. intelegensi kurang
D. malas bekerja
Jawaban: D
10. Sumber utama energi di bumi berasal dari ....
A. bahan bakar fosil
B. matahari
C. tumbuh-tumbuhan
D. tenaga nuklir
Jawaban: B
11. Mutasi gen manusia terselubung terjadi karena seperti di bawah ini, kecuali ....
A. penggunaan sinar laser
B. radiasi sinar ronzen
C. mengonsumsi buah berserat
D. getaran ultra sonic
Jawaban: C
12. Wajah bumi mengalami perubahan keseimbangan setelah manusia mengenal praktik ....
A. pertanian
B. perkebunan
C. industri
D. perdagangan
Jawaban: A
13. Pelestarian lingkungan perlu dilakukan, karena kemampuan lingkungan hidup sangat terbatas secara ....
A. kuantitas
B. kualitas
C. objektivitas
D. varietas
Jawaban: A
14. Kewajiban memelihara atau mengelola lingkungan diatur dalam bentuk keharusan maupun sukarela melalui konsep ....
A. pemanfaatan
B. pembangunan
C. pengelolaan
D. peruntukan
Jawaban: C
15. Penanganan dampak akan menimbulkan suatu rantai dampak sebagai berikut pada urutan ke empat pada tabel adalah ....
A. penanganan dampak proyek
B. dampak proyek
C. penanganan dampak
D. dampak penanganan dampak proyek
Jawaban: C
16. Keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fisikal yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan dinamakan ....
A. konsep individu
B. tindakan sosial
C. tindakan individu
D. kepribadian
Jawaban: D
17. Sikap in group biasanya didasari oleh perasaan simpati, sementara out group didasarkan suatu kelainan dengan wujud antagonisme atau ....
A. etnocentrisme
B. antipati
C. primary group
D. rural community
Jawaban: B
18. Peradilan atau perpindahan individu dalam objek sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat tanpa terjadinya perubahan dalam derajat kedudukan seseorang atau objek sosial dinamakan ....
A. mobilitas sosial
B. gerakan sosial vertikal
C. gerakan sosial horizontal
D. perantara sosial
Jawaban: C
19. Menurut Soerjono Soekanto memberikan batasan bahwa lembaga kemasyarakatan adalah merupakan ....
A. asosiasi
B. himpunan norma-norma
C. perpaduan masyarakat
D. pelapisan sosial
Jawaban: B
20. Lembaga-lembaga kemasyarakatan terbentuk melalui suatu proses yang disebut ....
A. lower-upper
B. lapisan sosial menengah
C. institusionalisasi
D. lapisan sosial rendah
Jawaban: C
21. Basic Instituational, yaitu lembaga yang didirikan untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Hal tersebut merupakan tipe-tipe lembaga masyarakatan berdasarkan ....
A. perkembangannya
B. sistem nilai
C. penerimaan masyarakat
D. penyebarannya
Jawaban: B
22. Perkataan sejarah dalam bahasa Arab adalah " syajaratun " yaitu artinya ....
A. pohon kayu
B. cerita
C. kisah
D. belajar sambil bertanya-tanya
Jawaban: A
23. Sangat luas dan tak terbatasnya waktu dalam sejarah maka diadakan pembatasan kurun waktu tertentu yang disebut, kecuali ....
A. pembabakan
B. periodisasi
C. serealisasi
D. pemenggalan
Jawaban: D
24. Bagi manusia yang beriman kepada Tuhan patut meyakini akan pentingnya waktu seperti yang dinyatakan dlam Alquran: Demi waktu, yang harus dimanfaatkan oleh manusia untuk berbuat ....
A. sesuka hati agar hidup senang dan bahagia
B. kebajikan dan saling mengingatkan
C. seperlunya dan semampunya supaya wajar
D. semaksimal mungkin sesuai dengan hukum sejarah
Jawaban: B
25. Sekalipun dapat dibedakan, antara perubahan sosial dan kebudayaan mempunyai satu aspek yang sama, yaitu kedua-duanya bersangkut-paut dengan ....
A. suatu pemaknaan cara-cara baru
B. kaidah-kaidah hidup bermasyarakat
C. cara-cara menangani problem sosial
D. nilai-nilai luhur kepribadian bangsa
Jawaban: A
26. Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya tidak mungkin diperbaiki merupakan faktor ....
A. pendorong terjadinya perubahan
B. penghambat terjadinya perubahan
C. penyebab perubahan dari dalam
D. penyebab perubahan dari luar
Jawaban: B
27. Faktor penunjang perubahan kebudayaan yang paling dominan pengaruhnya terhadap perubahan sistem dan lembaga kemasyarakatan adalah ....
A. akulturasi
B. asimilasi
C. inovasi
D. enkulturasi
Jawaban: A
28. Tindakan sosial yang dilakukan berulang disebut tindakan ....
A. bermakna subjektif
B. bersifat membatin
C. berpengaruh positif
D. untuk mendapat respons
Jawaban: B
29. Seseorang yang melakukan penyesuaian diri dengan idolanya disebut ....
A. imitasi
B. sugesti
C. simpati
D. identifikasi
Jawaban: D
30. Provokasi dan intimidasi termasuk kontravensi ....
A. bersifat umum
B. sederhana
C. intensif taktis
D. taktis
Jawaban: D
31. Perubahan sosial yang mengarah pada kemunduran disebut perubahan ....
A. statis
B. negatif
C. perubahan
D. regresif
Jawaban: D
32. Perubahan yang revolusioner memerlukan syarat berikut, kecuali ....
A. pemimpin yang hanya menginginkan perubahan
B. tidak puas pada salah satu aspek kehidupan
C. pemimpin yang akomodatif
D. didukung sistem ideologi
Jawaban: D
33. Disintegrasi yang mendadak dan cepat tidak menimbulkan ....
A. pergolokan daerah
B. aksi protes dan demontrasi
C. integrasi
D. kriminalitas
Jawaban: C
34. Status sosial yang dapat diusahakan oleh setiap orang disebut ....
A. ascribed status
B. achieved status
C. status dan peran
D. kedudukan
Jawaban: B
35. Cara mengatasi konflik melalui berdamai disebut ....
A. mediasi
B. arbitrasi
C. detente
D. rekonsiliasi
Jawaban: D
36. Wasit dalam pertandingan olahraga termasuk ....
A. konsolidasi
B. mediasi
C. arbitrase
D. paksaan
Jawaban: C
37. Kegiatan yang dilakukan oleh wartawan termasuk pula kegiatan produksi, yang melalui penambahan guna ....
A. bentuk
B. tempat
C. waktu
D. milik
Jawaban: B
38. Seorang buruh pakrik termasuk faktor produksi tenaga kerja ....
A. terdidik
B. terlatih
C. terdidik tapi tidak terlatih
D. tidak terlatih
Jawaban: D
39. Dibawah ini termasuk faktor produksi asli, kecuali ....
A. alam
B. tanah
C. tenaga kerja
D. kewirausahaan
Jawaban: D
40. Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah ....
A. rute yang ditempuh oleh gerakan aliran produk
B. penyampaian produk langsung dari produsen ke konsumen akhir
C. penyampaian produk dari produsen ke pengecer
D. pengiriman produk kepada orang banyak di beberapa tempat
Jawaban: A
Demikian terkait 30 soal ujian UT PGSD PDGK4405 materi dan pembelajaran IPS SD tahun 2023 lengkap kunci jawaban contoh soal UAS.***