Portal Kudus - 30 Soal UTS PKN kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 dan kunci jawaban tahun 2023 lengkap pembahasan contoh soal.
Inilah beberapa contoh soal UTS PKN untuk kelas 6 yang bisa dijadikan sebagai media belajar.
Contoh soal UTS PKN bisa dikembangkan untuk menambah wawasan yang lebih luas.
Ujian Tengah Semester (UTS) adalah salah satu bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, termasuk dalam Kurikulum 2013.
UTS memiliki tujuan utama untuk mengukur pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran tertentu selama satu semester.
Pada kesempatan ini, kita akan membahas UTS Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) untuk siswa kelas 6 semester 1.
Mata pelajaran PKN sangat penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar tentang negara, pemerintahan, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta nilai-nilai kebangsaan.
Dalam UTS PKN kelas 6 semester 1, siswa diharapkan dapat menguasai berbagai materi, seperti konsep demokrasi, lambang negara, serta tokoh-tokoh yang berperan penting dalam sejarah bangsa.
Soal UTS PKN akan mencakup berbagai aspek penting ini dan menguji pemahaman siswa secara menyeluruh.
Hasil dari UTS ini akan memberikan gambaran kepada guru dan orang tua tentang perkembangan akademik siswa dalam mata pelajaran PKN.
Selain itu, UTS juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan studi dan keterampilan menghadapi ujian.
Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa untuk mempersiapkan diri dengan belajar secara tekun, memahami materi, dan menjawab soal-soal UTS dengan baik.
Dengan pendekatan yang tepat, UTS PKN kelas 6 semester 1 dapat menjadi salah satu langkah penting.
Dalam membantu siswa memahami peran mereka dalam masyarakat dan bangsa, serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 30 soal UTS PKN kelas 6 semester 1 kurikulum 2013, contoh soal PKN kelas 6 semester 1 dan kunci jawaban 2022.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang paling benar!
1. Berikut yang bukan merupakan contoh pengamalan Pancasila, pada sila kedua di sekolah adalah ....
a. bermain dengan rukun
b. tidak mengejek teman sejawat
c. menolong teman yang membutuhkan bantuan
d. menyapa tetangga ketika berpapasan.
Jawaban : D
2. Pernyataan di bawah ini yang termasuk pengamalan Pancasila pada sila ke-2 di masyarakat adalah ....
a. menjenguk tetangga yang lagi sakit
b. membantu ayah mengangkat meja
c. menyirami tanaman di halaman rumah
d. membersihkan kelas setiap hari
Jawaban :A
3. Gambar rantai melambangkan Pancasila sila ke- ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban : A
4. Adanya sikap percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke- ....
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
Jawaban : D
5. Menjenguk teman yang sakit merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke- ...
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
Jawaban : D
6. Lambang Garuda Pancasila yang mencerminkan sila ke-3 adalah ....
a. bintang
b. pohon beringin
c. rantai
d. padi dan kapas
Jawaban : B
7. Persatuan dan kesatuan bangsa bisa terwujud dengan adanya ... dari seluruh warga negara Indonesia.
a. kesadaran
b. keputusan
c. sikap dingin
d. ketidakpedulian
Jawaban : A
8. Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agama dan kepercayaan yang dianut bersama anggota keluarga lainnya merupakan pengamalan Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. kantor
c. masyarakat
d. lingkungan kantor
Jawaban : A
9. Mengikuti pemilihan umum kepala desa di masyarakat merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke- ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban : C
10. Andi dan teman-temannya bergotong royong dalam melakukan kerja bakti di taman sekolah merupakan bentuk pengamalan Pancasila terutama sila ke- ....
a. 1
b. 4
c. 2
d. 5
Jawaban : C
11. Sila kelima mengandung nilai-nilai keadilan, keseimbangan antara hak dan ....
a. tugas
b. kewajiban
c. fungsi
d. gaji
Jawaban : B
12. Manusia dapat terbantu dengan keberadaan hewan, maka kita harus ....
a. mempekerjakan terus
b. menjual harga tinggi
c. menghargai terhadap hewan
d. memakan dagingnya
Jawaban : C
13. Sebagai contoh pengamalan sila pertama, kita dapat mensyukuri keberadaan hewan dengan tidak ....
a. menyakiti badannya
b. mengambil kotorannya
c. memakan dagingnya
d. mempekerjakan di sawah
Jawaban : A
14. Sikap keberadaan mensyukuri hewan langka di Indonesia merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke-....
a. 5
b. 3
c. 2
d. 1
Jawaban : D
15. Sikap yang tidak terlihat pada saat pelepasan tukik di laut adalah ....
a. peduli
b. kerjasama
c. menghargai
d. rasa ingin tahu
Jawaban : D
16. Dua jenis hewan berikut yang dapat dimanfaatkan susunya adalah....
a. sapi dan marmot
b. kambing dan singa
c. kuda dan kambing
d. zebra dan burung hantu
Jawaban : C
17. Cinta tanah air dapat kita tunjukkan melalui sikap ....
a. menerima keputusan musyawarah dengan ikhlas
b. melestarikan lingkungan hidup di sekitar kita
c. mau mengakui keunggulan orang lain
d. mau mengakui kesalahan orang lain
Jawaban : B
18. Sikap menghargai hak dan asasi manusia ditunjukkan melalui perilaku ....
a. menyesali masalah dengan cara musyawarah
b. memberi kesempatan orang lain untuk berpendapat
c. rela berkorban untuk kepentingan bersama
d. gotong royong membersihkan lingkungan
Jawaban : C
19. Kerbau dapat diambil manfaatnya untuk ....
a. perhiasan rumah
b. membajak sawah
c. menarik delman
d. tontonan di sirkus
Jawaban : B
20. UU RI yang berisi pelangggaran melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap kebutuhan kawasan Suaka Marga Alam adalah ....
a. UU RI No. 5 Tahun 1990
b. UU RI No. 5 Tahun 1992
c. UU RI No. 5 Tahun 1994
d. UU RI No. 5 Tahun 1996
Jawaban : A
21. Berikut ini yang bukan cara melestarikan tumbuhan adalah ....
a. mencangkok
b. memahat
c. mengenten
d. merunduk
Jawaban : B
22. Pengguna jalan yang bersifat tertib di jalan raya merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ke- ....
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban : D
23. Pedoman hidup rakyat Indonesia dalam berinteraksi antarsesama manusia adalah ....
a. Pancasila
b. Undang-undang
c. Keputusan Presiden
d. Peraturan Menteri
Jawaban : A
24. Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang dapat diambil dalam proses perumusan Pancasila.
a. semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
b. semangat kekeluargaan dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia
c. rasa cinta tanah air yang begitu besar
d. semanagat untuk mementingkan daerah sendiri
Jawaban : A
25. Setelah Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh Bapak Ir. Soekarno, maka bangsa Indonesia menjadi negara ....
a. serikat
b. maju
c. merdeka
d. adikuasa
Jawaban : C
26. Contoh musyawarah yang dapat dilakukan di kelas adalah memilih ....
a. teman sebangku
b. jam pulang sekolah
c. jumlah pelajaran
d. ketua kelas
Jawaban : D
27. Dalam rangka mengamalkan Pancasila sila ke-4, pemerintah, pengusaha, dan masyarakat secara bersama-sama untuk ....
a. bermusyawarah merancang program ramah lingkungan
b. mengendalikan adanya urbanisasi di kota
c. memberikan fasilitas perumahan rakyat
d. menggalakkan menanam tumbuhan sejuta pohon
Jawaban : A
28. Pemerintah Indonesia harus memegang kendali untuk mengatasi masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan, untuk itu kita selaku anggota masyarakat hendaknya....
a. menjungjung tinggi
b. merespon dengan aktif
c. mendukung program tersebut
d. melihat dari jauh
Jawaban : C
Baca Juga: DOWNLOAD Soal PTS UTS Matematika Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban Tahun 2022
29. Memanfaatkan alam untuk kepentingan diri sendiri. Sikap tersebut akan merugikan orang lain dan ....
a. masyarakat
b. pemerintah
c. diri sendiri
d. partai politik
Jawaban : A
30. Semua masalah kerusakan lingkungan di Indonesia terjadi akibat ulah orang-orang yang tidak ....
a. membaca Undang-Undang Dasar
b. mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup
c. mengakui negara kita kaya akan hasil hutan
d. menghargai pengorbanan dan perjuangan para tokoh
Jawaban : D
Demikian artikel tentang 30 Soal UTS PKN kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 dan kunci jawaban tahun 2023 lengkap pembahasan contoh soal.***