40 Soal Sumatif PAT Prakarya Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Genap PDF Kurikulum 2013 dan Merdeka Pilihan Ganda

- 7 Juni 2023, 17:56 WIB
40 Soal Sumatif PAT Prakarya Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Genap PDF Kurikulum 2013 dan Merdeka Pilihan Ganda
40 Soal Sumatif PAT Prakarya Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Genap PDF Kurikulum 2013 dan Merdeka Pilihan Ganda /pexels.com / Pixabay/

Portal Kudus - Berikut ini soal sumatif PAT UKK Prakarya kelas 7 (tujuh) SMP/MTs semester 2 (genap) PDF dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang bisa dipelajari.

Yuk para siswa kelas 7 (tujuh) SMP/MTs belajar soal sumatif PAT UKK Prakarya semester 2 (genap) PDF dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka untuk persiapan penilaian akhir tahun.

Adapun soal sumatif PAT UKK Prakarya kelas 7 (tujuh) SMP/MTs semester 2 (genap) PDF dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka ini berjumlah 40 butir pertanyaan dengan kunci jawaban.

Baca Juga: 45 Soal Sumatif PAT Seni Budaya Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Genap PDF Kurikulum 2013 dan Merdeka Pilihan Ganda

Kunci jawaban soal Prakarya kelas 7 semester 2 dapat teman-teman temukan di bagian akhir artikel.

Semoga dengan belajar soal Prakarya kelas 7 semester 2 ini teman-teman bisa mendapat nilai yang bagus.

Yuk, langsung saja kita belajar bermacam soal Prakarya kelas 7 semester 2.

Soal PAT/UKK Prakarya Kelas 7 Semester 2

 

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada pilihan A, B, C dan D di bawah ini!

1. Kaya akan kandungan dan manfaat, memiliki vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk yang memiliki nama lain Psidium guajava. Jenis buah apakah pernyataan tersebut....
A. Avocad C. Pepaya
B. Belimbing D. Jambu biji

2. Teknik mengolah makanan di atas lempengan besi panas atau di atas panci dadar (teflon) yang diletakkan di atas perapian langsung merupakan pengertian dari teknik .....
A. Menumis C. Membakar
B. Memanggang D. Menggoreng

3. Makanan yang disiapkan segera dalam waktu cepat, mudah dan praktis disebut .....
A. Makanan tradisional
B. Makanan yang sudah dikemas
C. Makanan siap saji
D. Makanan beku

4. Ibu Ani mengajak siswanya untuk membuat kerajinan dari limbah kemasan minuman segar yang berbahan plastik. Sikap ibu Ani merupakan contoh dari tindakan .....
A. Reuse C. Recycle
B. Reduce D. Replace

5. Limbah ini berasal dari bahan olahan dengan campuran zat kimiawi dan menghasilkan bahan yang lembut, empuk, lentur dan mudah dibentuk serta diolah dengan bahan yang sederhana. Limbah yang dimaksud adalah .....
A. Limbah padat C. Limbah organik
B. Limbah anorganik D. Limbah cair

6. Bahan lunak yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya secara alami dan tidak dicampur atau dikombinasikan dengan bahan buatan lainnya merupakan bahan .....
A. Bahan original
B. Bahan lunak sintetis
C. Bahan lunak asli
D. Bahan lunak alami

7. Bahan kerajinan ini memiliki ciri-ciri tipis dan rata, dan dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Bahan yang dimaksud adalah.....
A. Serat C. Kertas
B. Tripleks D. Kulit jagung

8. Sumber vitamin dan serat alam yang berguna bagi tubuh dan sangat baik bagi kesehatan adalah .....
A. Daging C. Buah dan sayuran
B. Makanan D. Minuman

9. Jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pada bagian daunnya dengan kualitas bagus daun utuh, tidak berlubang, dan tidak busuk serta batang dan daun berwarna segar disebut .....
A. Leaf vegetables C. Root vegetables
B. Stem vegetables D. Fruit vegetables

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
A. Buah
B. Bunga
C. Akar
D. Umbi

11. Paprika, timun, terong, pare, labu siam, jagung dan oyong adalah contoh jenis sayur .....
A. Daun C. Buah
B. Polong D. Batang

12. Indonesia sebagai negara agraris membuat tanaman sayuran tumbuh dengan subur, berdasarkan bagian tanaman sayuran yang dapat dimakan, bagian akar merupakan jenis sayur .....
A. Rebung C. Pakchoy
B. Pare D. Wortel

13. Jenis limbah lunak ini termasuk limbah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi, dan mudah sekali membusuk jika tidak langsung diolah saat ingin dipergunakan kembali. Dari pernyataan tersebut limbah yang dimaksud adalah .....
A. Limbah kain perca
B. Limbah anorganik
C. Limbah organik
D. Limbah cair

14. Ibu Ratri berusaha membeli kebutuhan sehari hari dengan memilih produk isi ulang dengan tujuan agar kemasan/bungkusnya tidak menjadi sampah. Sikap yang dilakukan ibu ratri merupakan tindakan .....
A. Reuse C. Recycle
B. Rekondisi D. Replace

15. Kain jarik yang sudah aus warnanya tidak digunakan lagi untuk berpakaian kemudian oleh ibu defri dialih fungsikan menjadi kain pel. Sikap tersebut termasuk tindakan .....
A. Reuse C. Recycle
B. Rekondisi D. Replace

16. Tanaman sayuran yang berasal dari organ generatif dan yang dimanfaatkan bagian bunganya (flower vegetables) yaitu .....
A. Talas C. Jagung
B. Brokoli D. Labu siam

17. Berdasarkan pigmen yang dikandung ada sayuran yang berwarna hijau, berwarna ungu dan berwarna oranye. Salah satu contoh sayuran yang berwarna ungu yaitu .....
A. Daun singkong C. Terong
B. Genjer D. Wortel

18. Untuk mencegah dan mengurangi anemia dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran, di bawah ini sayuran yang mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengurangi anemia adalah .....
A. Buncis C. Bayam
B. Tomat D. Pare

19. Sayuran yang memiliki kandungan sebagai penghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh, membantu meremajakan sel-sel tubuh, dan memberikan sistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit merupakan sayuran yang mengandung pigmen berwarna .....
A. Hijau C. Merah
B. Ungu D. Orange/ kuning

20. Manfaat jus wortel dan tomat bagi tubuh, yaitu agar dapat digunakan sebagai .....
A. Mengandung zat besi
B. Untuk mencegah kurang darah
C. Untuk kesehatan mata
D. Menambah mineral

21. Seorang guru prakarya mempraktekkan pembuatan pesawat terbang dari kertas dengan cara melipat. Teknik ini biasa disebut sebagai .....
A. Working paper C. Sukagami
B. Paper craft D. Origami

22. Perhatikan gambar dibawah ini !
Untuk bisa membuat kerajinan seperti pada gambar di samping, maka teknik yang digunakan adalah .....
A. Anyam
B. Lipat
C. Bubur
D. Remas

23. Pak Suyadi menyeleksi limbah organik sebelum didaur ulang untuk memisahkan limbah yang sudah seharusnya sudah di buang atau tidak. Kegiatan yang dilakukan pak Suyadi adalah cara .....
A. Pemilahan C. Pewarnaan
B. Pembersihan D. Pengeringan

24. Kegiatan siswa pada saat menyiapkan bahan, menyiapkan alat, dan membuat karya kerajinan limbah adalah sebuah tahap dari .....
A. Perencanaan C. Ide/ gagasan
B. Pelaksanaan D. Evaluasi

25. Sayuran sebaiknya proses pemasakannya tidak terlalu lama, agar kandungan nutrisinya tidak berkurang. Suatu cara mengolah sayuran atau bahan makanan dalam cairan mendidih disebut teknik .....
A. Menumis (sauteing)
B. Membakar (grilling)
C. Merebus (boiling)
D. Memanggang (baking)

26. Teknik mengolah makanan tanpa bantuan bahan dasar cairan untuk mematangkan-nya disebut .....
A. Deef frying C. Dry heat cooking
B. Steaming D. Boiling

27. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan minuman kesehatan dari bahan pangan sayuran adalah .....
A. Pilih sayuran yang masih segar dan kulit / daunnya masih mulus agar kandungan vitaminya masih utuh
B. Pilihan yang berwarna cerah dan masih muda
C. Perhatikan ukurannya
D. Komposisi takaran harus pas

28. Sayuran polong yang dimanfaatkan tidak hanya pada bagian polongnya tetapi kulitnya dapat dimakan, salah satu pernyataan tersebut merupakan jenis sayuran .....
A. Gembili C. Kacang panjang
B. Ketimun D. Rebung

29. Alat yang digunakan untuk menghaluskan buah/ sayuran saat proses pembuatan jus adalah .....
A. Talenan C. Blender
B. Mixer D. Piring

30. Toni mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat kerajinan dari bahan kertas, maka teknik yang bisa digunakan Toni adalah .....
A. Anyam, sobek, gulung, dan bakar
B. Gulung, bubur, remas, dan sobek
C. Lipat, anyam, gulung, dan cacah
D. Remas, bubur, gulung, dan ukur

31. Ketika seorang pengrajin sedang menentukan bahan dan fungsi karya kerajinan, menggali ide dari berbagai sumber dan membuat sketsa karya serta menentukan sebuah karya terbaik maka pengrajin tersebut sedang melakukan tahap dari .....
A. Pelaksanaan C. Evaluasi
B. Perencanaan D. Pembuatan

32. Akhir-akhir ini jenis kerajinan sangat beranekaragam, kerajinan tersebut dihasilkan oleh tangan-tangan terampil. Kerajinan ini sering disebut dengan .....
A. Handmade C. Handmate
B. Handycraft D. Handcame

33. Pak Samijan ingin membuat kerajinan dari bahan di sekitarnya akan tetapi bahan-bahan yang ditemukan berupa kulit jagung, kulit bawang, kulit kacang, kulit biji-bijian, kulit buah-buahan yang bertekstur seperti salak, dan kulit pete cina. Jika melihat hal tersebut berarti pak Samijan berada di daerah .....
A. Perkotaan C. Pegunungan
B. Pesisir D. Pertanian

34. Hasil samping sayuran yang dapat diolah menjadi produk pangan sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu .....
A. Kulit melinjo diolah menjadi sayur lodeh
B. Bayam diolah menjadi kripik
C. Bunga brokoli diolah menjadi sayur sup
D. Singkong diolah menjadi kripik

35. Proses pembuatan hasil samping sayuran, misalnya kripik kentang berkulit, diproses dengan cara .....
A. Digoreng C. Dipanggang
B. Direbus D. Ditumis

36. Selain rasa dan penyajian, kemasan akan menjadi daya tarik konsumen. Biasanya makanan tradisional tertentu disajikan atau dikemas dengan daun kelapa muda atau janur. Jenis makanan ini disebut .....
A. Ketupat C. Lemper
B. Kue lambang sari D. Klepon

37. Siswa-siswi di salah satu SMP Negeri di Bandar Lampung ditugaskan untuk mengolah limbah kertas secara sederhana. Maka urutan tahapan pembuatan yang benar adalah .....
A. Pemilihan bahan - pembersihan - pengeringan - pewarnaan - pengeringan - penghalusan
B. Pemilihan bahan - pembersihan - pewarnaan - pengeringan - penghalusan - pengeringan
C. Pemilihan bahan - pembersihan - pengeringan - pengeringan - penghalusan - pewarnaan
D. Pemilihan bahan - pewarnaan - pengeringan - penghalusan pembersihan - pengeringan

38. Dalam membuat kerajinan kita harus memperhatikan nilai-nilai sebagai sebuah persyaratan produk kerajinan. Berikut ini yang bukan merupakan syarat perancangan produk kerajinan adalah .....
A. Nilai kegunaan C. Nilai kekinian
B. Nilai keluwesan D. Nilai keagamaan

39. Sebuah benda harus memiliki nilai kegunaan (utility) sehigga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini contoh dari nilai kegunaan benda adalah .....
A. Cangkir memiliki pegangan
B. Mangkuk untuk wadah sayur
C. Mangkuk dihias dengan gambar ayam jago
D. Cangkir harus dipertimbangjabn bahan dasarnya

40. Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya.pernyataan tersebut sesuai dengan nilai benda yaitu .....
A. Nilai kegunaan C. Nilai kenyamanan
B. Nilai keluwesan D. Nilai keindahan

Jika terdapat soal yang kurang jelas terkait gambar atau tabel, soal lengkapnya bisa di download melalui link yang akan dibagikan di bawah.

Untuk men-download soal dan kunci jawaban PAT/UKK Prakarya kelas 7 semester 2, teman-teman bisa mengunduh melalui link di bawah ini:

>> Link download soal Prakarya kelas 7 semester 2 : https://shorturl.at/kFTX0

Demikian kumpulan soal PAT/UKK Prakarya kelas 7 semester 2 yang bisa dibagikan.***

Editor: Ahmad Khakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x