KUNCI JAWABAN Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 Kelas 8 Halaman 132, 133, 134, 135 Semester 2 Terlengkap 2023

- 28 Januari 2023, 10:00 WIB
kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 132, 133, 134, 135 semester 2
kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 132, 133, 134, 135 semester 2 /pexels.com

Portal Kudus - Artikel ini berisi kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 132, 133, 134, 135 semester 2 terlengkap 2023.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 halaman 132-135 semester 2 sebagai bahan untuk belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 132 sampai 135 ini, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 148 149 Ayo Kita Berlatih 4.2 Grafik Persamaan Garis Lurus

Dikutip Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd berikut adalah kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 halaman 132, 133, 134, 135 semester 2.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 132-135 Ayo Kita Berlatih 8.1

1. Akan dibuat model kerangka balok dari kawat yang panjangnya 10 m. Jika ukuran panjang, lebar, dan tingginya adalah 30 cm × 20 cm × 10 cm.

a. Hitunglah banyak kerangka balok yang dapat dibuat.

b. Berapakah sisa kawat dari yang telah digunakan untuk membuat balok?

Jawaban:

Panjang kawat = 10 m = 1000 cm

Total Panjang Kerangka (TPK) = (panjang x 4) + (lebar x 4) + (tinggi x 4)

TPK = (30 x 4) + (20 x 4) + (10 x 4)

TPK = 120 + 80 + 40

TPK = 240 cm

a. Banyak kerangka balok yang dapat dibuat

Banyak kerangka yang dapat dibuat = panjang kawat / total panjang kerangka
= 1000 / 240
= 4.16
= 4 Kerangka Balok

Jadi, banyak kerangka balok yang dapat dibuat adalah 4 kerangka balok.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Halaman 118-120 Uji Kompetensi 7 Pembahasan Soal Essay

b. Sisa kawat dari yang telah digunakan

Sisa kawat = panjang kawat - ( banyak kerangka x total panjang kerangka )
= 1000 - ( 4 x 240 )
= 1000 - 960
= 40 cm

2. Lihatlah gambar pada soal tersebut!

Perhatikan gambar dua dadu di samping. Dadu adalah kubus angka khusus di mana aturan berikut ini berlaku:

Jumlah dari titik-titik yang terdapat pada dua sisi yang berhadapan selalu tujuh.

Kalian dapat membuat sebuah kubus angka sederhana dengan memotong, melipat, dan menempel karton. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan banyak cara.

Pada gambar di bawah ini kalian dapat melihat empat potongan karton yang dapat digunakan untuk membuat kubus angka dengan titik-titik pada sisi-sisinya.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Halaman 113-117 Uji Kompetensi 7 Soal Pilihan Ganda

Mana di antara bentuk-bentuk berikut ini yang dapat dilipat untuk membentuk kubus yang memenuhi aturan bahwa jumlah titik pada sisi-sisi yang berhadapan adalah 7?

Jawaban:

- Pada gambar 1

warna merah → 1 + 5 = 6
warna kuning → 2 + 6 = 8
warna putih → 3 + 4 = 7

tidak semua berjumlah 7

- Pada gambar II

warna merah → 4 + 3 = 7
warna kuning → 1 + 6 = 7
warna putih → 5 + 2 = 7

semua berjumlah 7

- Pada gambar III

warna merah → 3 + 4 = 7
warna kuning → 5 + 2 = 7
warna putih → 1 + 6 = 7

semua berjumlah 7

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Halaman 110 111 Ayo Kita Berlatih 7.5 Pilihan Ganda dan Esai

- Pada gambar IV

warna merah → 1 + 3 = 4
warna kuning → 2 + 5 = 7
warna putih → 4 + 6 = 10

tidak semua berjumlah 7

Mengisi kolom
I tidak
II ya
III ya
IV tidak

3. Lihatlah gambar pada soal tersebut!

Gambar berikut menunjukkan 3 dadu di susun ke atas. Dadu 1 terlihat muka 4 di bagian atas.

Tentukan jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat (bagian bawah dadu 1, bagian atas dan bawah dadu 2, dan bagian atas dan bawah dadu 3).

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 104 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.4 Lengkap Pembahasannya

Jawaban:

Menentukan jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat dilihat yang berdasarkan gambar 3 buah dadu yang disusun ke atas.

- Dadu 1

Bagian bawah yg tidak terlihat adalah titik 3
Karena diatasnya sisi dadu titik 4

- Dadu 2

Bagian atas dan bawah yg tidak terlihat adalah titik 3 dan 4
Karena titik 1 berpasangan dg titik 6 dan titik 5 berpasangan dg titik 2

- Dadu 3

Bagian atas dan bawah yg tidak terlihat adalah titik 2 dan titik 5
Karena titik 1 berpasangan dg titik 6 dan titik 3 berpasangan dg titik 4

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 102 103 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.4 Lengkap Pembahasannya

4. Perhatikan gambar pada soal tersubut!

Agar terbentuk jaring-jaring balok, bidang yang harus dihilangkan bernomor ….

A. 6, 8, 9

B. 2, 6, 8

C. 1, 4, 9

D. 1, 3, 6

Jawaban:

Jaring-jaring balok dilihat dari gambar

Bagian tutup atas dan bawah → 6 dan 3

Bagian depan dan belakang → 2 dan 7

Bagian samping kiri dan kanan → 5 dan 8

Jadi bidang yang harus dihilangkan adalah bernomor 1, 4, 9 (C)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 93 94 95 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.3 Soal Essay Full Pembahasan

5. Suatu balok memiliki luas permukaan 188 cm². Jika lebar dan tinggi balok masing 8 cm dan 6 cm, tentukan panjang balok

Jawaban:

Diketahui :

Luas permukaan (Lp) = 188 cm²
Lebar (l) = 8 cm
Tinggi (t) = 6 cm

Ditanyakan : Panjang (p) ?

Jawaban:

Lp = 2 (pl + pt + lt)

188 = 2 (p × 8 + p × 6 + 8 × 6)

188 = 2 (8p + 6p + 48)

188 = 2 (14p + 48)

188 = 28p + 96

-28p = 96 – 188

-28p = -92

28p = 92

p = 92/28

p = 3,2857

p ≈ 3,3

Jadi panjang dari balok tersebut adalah = 3,3 cm

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 91, 92, 93 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.3 Lengkap Pembahasannya

6. Diketahui luas suatu jaring" balok adalah 484 cm persegi. bagaimana cara menemukan ukuran balok tersebut?

Jawaban:

Luas jaring-jaring balok = 2 x (pl + pt + lp)

484 = 2 x (pl + pt + lp)
(pl + pt + lp) = 484 / 2
(pl + pt + lt) = 242

karena kita belum mengetahui panjang, lebar, dan tinggi maka kita dapat menggunakan permisalan 2 nilai, contoh : panjang = 1, lebar = 2.

Selanjutnya kita dapat mencari tingginya dengan mensubtitusikan panjang dan lebar kedalam persamaan diatas.

Misal : p = 1cm , l = 2cm

(pl + pt + lt) = 242
(2 + t + 2t) = 242
3t = 240
t = 80 cm

Sehingga untuk soal ini kita dapat menemukan ukuran balok tersebut dalam banyak jenis ukuran.

Jadi, untuk menemukan ukuran balok dengan luas 484 cm persegi, langkah yang harus dilakukan adalah mencari persamaan paling sederhana lalu menentukan 2 nilai dari panjang atau lebar atau tinggi.

Untuk mencari nilai yang lainnya kita tinggal mensubtitusikan 2 nilai tersebut ke dalam persamaan.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 77 78 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.2 Lengkap Pembahasannya

7. Sebuah aula berbentuk balok dengan ukuran panjang 9 meter, lebar 7 meter dan tingginya 4 mater.

Dinding bagian dalamnya akan dicat dengan biaya Rp50.000,00 per meter persegi. Seluruh biaya pengecetan aula adalah ....

A. Rp2.700.000,00

B. Rp6.400.000,00

C. Rp8.200.000,00

D. Rp12.600.000,00

Jawaban:

Diketahui:

Aula berbentuk balok dengan ukuran:
p = 9 m
l = 7 m
t = 4m

Ditanyakan: Seluruh biaya pengecetan

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 67-71 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 7.1 Lengkap Pembahasannya

Jawaban:

- Kalau atap dan lantai nya juga di cat

Lp = (p x l + p x t + l x t) x 2
Lp = (9×7 + 9× 4 + 7×4) x 2
Lp = 127 x 2
Lp = 254 m²

Jadi biaya pengecatan = 254 x 50.000 = Rp 12.700.000

- Kalau tanpa atap dan lantai

Lp = (9×4 + 7×4) x 2
Lp = 64 x 2
Lp = 128 m²

Jadi biaya pengecaataan = 128 x 50.000 Rp = Rp 6.400.000

Jadi, seluruh biaya pengecetan aula adalah Rp.6.400.000,00 (B).

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 45-52 Semester 2 Uji Kompetensi 6 Pilihan Ganda dan Essay

8. Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah 4:3:2. Jika luas alas balok tersebut adalah 108 cm persegi, maka hitunglah luas permukaan balok tersebut.

Untuk kunci jawaban nomor 8, 9 dan 10, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.1 kelas 8 SMP/MTs halaman 132, 133, 134, 135 semester 2 terlengkap 2023.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x