CONTOH Soal UP PPG PGSD 2022 dan Kunci Jawaban Untuk Latihan Soal UP PPG Daljab 2022

- 18 Desember 2022, 09:09 WIB
contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022
contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022 /unsplash.com

Portal Kudus - Inilah contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022.

Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022.

Untuk melihat kunci jawaban dan latihan soal UP PPG PGSD 2022, silahkan simak pada artikel berikut ini.

Baca Juga: DAFTAR UMK Bogor 2023 Terbaru, Simak Besaran Gaji UMK Bandung dan 26 Kota Kabupaten di Jawa Barat Tahun 2023

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022.

1. Salah satu tahapan dalam perkembangan kognitif peserta didik adalah tahapan operasional konkrit. Sesuai dengan tahapan tersebut, proses pembelajaran di kelas lebih menekankan pada beberapa hal, yaitu ....

A. pemberian tugas yang tidak rutin

B. penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi

C. penggunaan media, sumber belajar, dan alat peraga

D. penekanan pada sikap belajar yang baik

E. pemberian tugas yang rutin

Jawaban: B

2. Dalam RPP yang dikembangkan oleh guru terdapat indikator pencapaian kompetensi (IPK) "membuat denah kelas dengan skala yang benar". Jenis instrumen penilaian yang relevan untuk mengukur indikator tersebut adalah ....

A tes lisan

B observasi

C jurnal

D tes tertulis

E demonstrasi

Jawaban: B

Baca Juga: CONTOH Soal TKD dan Core Values BUMN 2022 PDF Beserta Jawabannya, Latihan Soal Tes TKD dan AKHLAK BUMN 2022

3. Hari raya Idul Fitri tahun 1440 H jatuh pada tanggal 15-16 Juni, sedangkan Idul Fitri tahun 1441 H jatuh pada tanggal 5-6 Juni. Perbedaan tanggal ini dikarenakan kalender Masehi .... 

A dibuat berdasarkan periode rotasi bumi, sedangkan kalender Hijriah berdasarkan rotasi bulan.

B. dan kalender Hijriah dibuat berdasarkan periode revolusi bumi.

C. dibuat berdasarkan revolusi bulan sedangkan kalender Hijriah berdasarkan revolusi bumi.

D. dibuat berdasarkan periode revolusi bumi, sedangkan kalender Hijriah berdasarkan revolusi bulan.

E. dan kalender Hijriah dibuat berdasarkan periode rotasi bumi.

Jawaban: D

4. Guru kelas 1 SD sudah mulai mengajarkan pengurangan dua angka dengan dengan teknik meminjam. Pada saat pandemi materi ini terpaksa disajikan dengan video. Ketika dikonfirmasi, banyak orang tua yang mengeluh karena anaknya kurang menguasai teknik tersebut.

Teori belajar yang manakah yang menjelaskan fenomena tersebut?

A Teori belajar matematika dari Harel, bahwa belajar dimulai dari masalah, ways of thinking, dan diakhiri dengan ways of understanding.

B. Teori belajar Vygostsky yang menyatakan bahwa belajar hal baru harus dimulai dari yang dikenali siswa

C. Teori belajar dengan mengulang-ulang oleh Thorndike.

D Belajar harus sesuai tahap berpikir kognitifnya, sesuai teori Piaget

E Siswa harus banyak praktik seperti disampaikan dalam teori belajar oleh Brousseau.

Jawaban: D

Baca Juga: 40 CONTOH Soal Psikotes Kerja 2022 dan Jawabannya PDF untuk Latihan Soal Tes Seleksi Kerja

5. Pak Mahmud, Guru SD di Jawa Barat, mendapat informasi bahwa dalam pembelajaran abad 21, Communication adalah salah satu karakteristik yang harus dikuasai oleh peserta didik. Communication (Komunikasi) dalam hal ini berkaitan dengan berbagi pemikiran, penyampaian ide, pertanyaan, dan Solusi.

Pak Mahmud ingin sekali agar peserta didiknya menguasai karakteristik communication itu. Dalam pembelajaran, kegiatan yang dilakukan Pak Mahmud agar siswa menguasai karakter tersebut, antara lain ....

A Siswa dilatih untuk memilih manakah pernyataan yang benar dan salah

B. Guru menugaskan kelompok untuk membuat sebuah poster.

C. Guru menugaskan kelompok untuk membuat sebuah poster. Poster yang disusun merupakan hasil pemikiran dari beberapa orang yang dituangkan menjadi satu.

D. Guru membuat soal latihan yang mendorong anak untuk memecahkan masalah

E Siswa mengungkapkan gagasan dalam presentasi, sementara teman satu kelas mengkritisi apa yang disampaikan

Jawaban: E

6. Sebuah bus dengan kecepatan rata-rata 65 km/jam berangkat dari kota A pada pukul 07:00, dan tiba di kota B pada pukul 19.45 Namun diperjalanan Bus berhenti sebanyak dua kali untuk istirahat, masing-masing 15 menit dan 30 menit. Berapakah jarak antara kota A dan kota B?

A. 900 km

B. 780 km

C 925 km

D. 950 km

E. 875 km

Jawaban: B

8. Diberikan Kompetensi Dasar sebagai berikut :

Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

Indikator penunjang atau inti yang selaras dengan Komptenesi Dasar tersebut adalah ....

A Membandingkan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

B Menyamakan pecahan dengan penyebut sama

C Membedakan pecahan yang penyebutnya berbeda

D Menghitung pengurangan pecahan

E Melakukan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda

Jawaban: E

Baca Juga: MAKENDU Artinya Apa? Berikut Arti dan Maksud Bahasa Gaul Makendu yang Viral dan FYP di TikTok

9. Diberikan data hasil pengukuran sebagai berikut :

7, 9, 9, 10, 10, 10, 11, 12, 12, 14

Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang BENAR?

A. Ada 6 data pada hasil pengukuran tersebut.

B. Data tersebut adalah data kontinyu (data bersambung)

C. Jangkauan interkuartil data di atas adalah 4

D. Saya menggunakan datum yang terletak di tengah dari 7, 9, 9, 10, 10 untuk menentukan nilai kuartil ke-1 dari data tersebut

E. Median data tersebut adalah 10,5.

Jawaban: D

10. Peraturan Pemerintah (PP) 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa konsekuensi logis terhadap orientasi pengembangan profesionalitas guru yang diarahkan untuk mengembangkan kompetensinya. Pernyataan yang relevan dengan penjelasan umum PP No. 19 Tahun 2017 bahwa guru harus ....

A. mengembangkan penguasaan teknologi pembelajaran

B. memiliki kompetensi yang holistik

C. mengembangkan empati terhadap peserta didik

D. berperan aktif dalam mensukseskan Program WAJAR 12 tahun

E. mempunyai kemampuan mengajar sesuai tuntutan global

Jawaban: B

11. Globalisasi menimbulkan dampak positif dan negatif. Teknologi informasi menyebabkan masuknya informasi dengan segala jenisnya tanpa terkendali. Hal ini membawa dampak positif dan negatif Yang termasuk sebagai dampak negatif globalisasi adalah.......

A memudarnya nilai nilai keimanan dan keyakinan beragama

B mudahnya transportasi

C teknologi dan informasi yang berubah cepat

D masuknya investasi dari luar negeri

E mudahnya masuknya trend baru dari luar negeri

Jawaban: A

Baca Juga: Arti Mimpi Kuku Patah di Ibu Jari yang Berkaitan dengan Kesehatan

12. Proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di sekolah/madrasah selama ini lebih ditekankan kepada penguasaan bahan/materi pelajaran sebanyak mungkin, sehingga suasana belajar bersifat kaku dan terpusat pada satu arah serta tidak memberikan kesempatan bagi siswa-siswa untuk belajar lebih aktif. Kegiatan pembelajaran tersebut dalam prinsip pedagogik menempatkan guru pada peran ....

A. mengajar hanya berdasarkan texbooks

B. menguasai kelas dengan metode Ekspositori

C. menumbuhkan budaya belajar verbalitik

D. pemindah pengetahuan kepada peserta didik

E. melakukan penilaian yang berorientasi kognitif

Jawaban: B

13. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Rencana penerapan PSBB di DKI menggambarkan secara lugas bahwa menyandingkan kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi sulit jalan beriringan. Upaya pemerintah pusat yang bertekad menyatukan kebijak an penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dengan satuan tugas yang dibentuknya, seperti tidak bertaji dengan rencana PSBB DKI Jakarta mulai Senin (14/9) Padahal, bila kasus Covid-19 yang tidak terkendali di DKI menyebabkan rumah sakit-rumah sakit di DKI penuh, pemerintah pusat bisa mencari jalan keluarnya dengan memfasilitasi pembentukan rumah-rumah sakit darurat.

Kalimat yang dicetak miring termasuk kalimat efektif karena...

A. menunjukkan kalimat yang lugas dan tegas

B. menggunakan kata dengan hemat sehingga terkesan efektif

C. menunjukkan kalimat yang logis dan tidak taksa makna

D. menggunakan bentuk kata yang sejajar yaitu kata berimbuhan pe(N)

E. menggunakan kata yang memiliki makna yang hampir sama

Jawaban: C

14. Arman menimba menggunakan katrol tetap dan Wati akan menimba dengan menggunakan katrol bebas. Berdasarkan perbandingan keuntungan mekanik yang dimiliki keduanya maka ....

A. keuntungan mekanik Wati lebih kecil dibandingkan Arman

B. keuntungan mekanik Arman lebih kecil dibandingkan Wati (1:2)

C Arman dan Wati tidak memiliki keuntungan mekanik sebab keduanya menggunakan alat bantu tradisional

D. Arman dan Wati tidak memiliki keuntungan mekanik karena sumur memiliki kedalaman yang sama

E. Arman dan Wati memiliki keuntungan mekanik sama besar

Jawaban: B

Baca Juga: Apa Arti Mimpi Gigi Copot dalam Islam dan Sumber-Sumber Lainnya

15. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Januari 2020, pengguna internet di Indonesia sebanyak 174,5 juta orang Penggunaan teknologi internet telah merubah pola interaksi masyarakat yang memberikan kontribusi pada masyarakat. Dampak positif dari penggunaan internet antara lain.....

A. perdagangan komoditas ilegal semakin marak

B. perkembangan politik dunia semakin cepat mempengaruhi negara lain

C. perkembangan industri mode dunia

D. sikap individualisme dalam masyarakat

E. perkembangan kebudayaan dunia yang berasimilasi dengan cepat

Jawaban: E

16. Seorang guru kelas IV yang akan mengajar sub tema Bangga pada Budaya Bangsaku menuliskan kompetensi dapat bersyukur kepada Tuhan dan menyadari kewajiban dan hak sebagai makhluk Tuhan di tengah kebersamaan dengan lingkungan. Dia ingin menunjukkan berbagai keunikan dari rangkaian kegiatan ritual adat berbagai daerah. Bahan ajar yang sesuai adalah ....

A. ritual perkawinan berbagai daerah melalui video

B. kasus nyata yang terjadi pada teman sekelas

C. masalah kontekstual di sekitar siswa

D. gambar tradisi Ngaben

E. foto pembuatan ukiran Suku Asmat

Jawaban: A

17. Di RPP, Ibu Sahala menemui indikator KD pada muatan matematika kelas IV sebagai berikut

"Menentukan faktor persekutuan dari beberapa bilangan"

Besok, Ibu Sahala akan memulai mengajar pada materi tersebut. Kegiatan Bu Sahala dapat berupa ....

A. memutar video tentang manfaat belajar faktor persekutuan di kehidupan sehari-hari.

B. mengingatkan kembali apa yang dimaksud dengan faktor bilangan. 

C. mendorong siswa untuk berdiskusi mengenai faktor bilangan dan persekutuan.

D. memeriksa kesiapan siswa untuk belajar faktir persekutuan.

E. menceritakan kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan faktor persekutuan

Jawaban: A

18. Ketika pembelajaran di kelas sedang membahas globalisasi, seorang siswa menyatakan bahwa sebaiknya kita tidak memanfaatkan teknologi dari negara lain, agar jati diri bangsa tidak terpengaruh. Dengan adanya ungkapan siswa yang semacam itu, sebagai guru harus dapat memberikan penjelasan bahwa ....

A. teknologi apapun boleh digunakan karena terkait penggunaan teknologi tidak ada ketentuan yang membatasinya.

B. demi jati diri bangsa penggunaaan dan pengaruh teknologi dari negara lain sebaiknya dibatasi penggunaanya.

C. teknologi dari negara lain digunakan seminimal mungkin agar jati diri dan identitas bangsa tidak terpengaruh.

D. teknologi asing sifatnya netral, pengaruh apa yang ditimbulkan tergantung pada cara kita menggunakannya.

E. teknologi dari negara lain dapat digunakan sebanyak mungkin demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Jawaban: D

19. Bu Citra guru di SD Bahagia Pagi. Pada waktu pembelajaran tentang membuat model tiruan gunung berapi, terlihat para peserta didik membuang sisa kertas koran dan karton di dekat meja mereka. Bu Citra sudah berulang kali mengingatkan agar para peserta didik selalu menjaga kebersihan kelas, namun sepertinya mereka masih belum mengindahkannya. Andi yang duduk di barisan paling belakang tiba-tiba mengambil sapu dan membersihkan lantai kelas.

Tindakan yang dilakukan Andi merupakan bentuk keberhasilan pembelajaran dalam menanamkan nilai karakter, khususnya karakter

A. tanggung jawab

B. cinta lingkungan

C. pemaaf

D. jujur

E. rajin

Jawaban: A

20. Dalam RPP yang disusun oleh guru terdapat indikator pencapaian kompetensi "Mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar". Kegiatan inti pembelajaran agar siswa dapat mengenal tata surya adalah ....

A melakukan tanya jawab dengan guru tentang tata surya

B. melakukan penyelidikan sederhana tentang tata surya

C. mengamati globe dan gambar-gambar tata surya

D. mengamati video tentang tata surya

E melakukan pengamatan terhadap tata surya

Jawaban: B

21. Ngaben merupakan upacara yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali yang ditujukan kepada leluhur Upacara Ngaben dilakukan dengan membakar jenazah dan menghanyutkan abu ke sungai. Secara konsepsional memiliki makna dan tujuan melepaskan Sang Atma (roh) dari belenggu keduniawian sehingga dapat mudah bersatu dengan Tuhan, untuk mengembalikan segala unsur pembangun badan kasar manusia kepada asalnya agar tidak menghalangi perjalanan roh serta simbolisasi keikhlasan pihak keluarga. Norma ini termasuk dalam kategori

A. fashion

B. mores

C. custom

D. mode

E. usage

Jawaban: C

22. Pancaran wibawa guru akan tampak dari sikap dan tindakan guru di depan siswa, di antaranya ....

A memberi sanksi siswa yang melakukan pelanggaran

B. tidak banyak bicara hal-hal yang tidak perlu

C. menunjukkan menyatunya kata dan perbuatan

D. memberikan pujian kepada siswa yang berprestasi

E banyak memberi nasihat pada siswa berprestasi

Jawaban: C

23. Ketika Indonesia sudah masuk dalam era perdagangan global, memang tidaklah mungkin membendung arus masuk berbagai produk dari luar negeri. Ketika hubungan perdagangan antarnegera makin terbuka, salah satu konsekuensi yang tak terhindarkan adalah masuknya berbagai produk impor, mulai dari kelas mahal, hingga produk-produk dengan harga yang sangat murah. Impor barang-barang terus meningkat karena permintaan masyarakat akan barang impor meningkat tajam Perilaku konsumtif masyarakat yang berhubungan dengan peristiwa di atas adalah ....

A tingkat konsumsi seseorang dengan orang lain tentu berbeda, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya faktor ekonomi, pendapatan dan kekayaan.

B seorang yang menjauhi pola hidup konsumtif akan senantiasa bersyukur atas karunia yang Tuhan berikan dan lebih memilih mendermakan kelebihan rejekinya untuk menolong orang lain yang memerlukan.

C makin tinggi pendapatan seseorang makin tinggi pula daya belinya dan semakin beraneka ragam kebutuhan yang harus dipenuhi dan sebaliknya.

D suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan membeli produk atau jasa tertentu untuk memperoleh kesenangan atau hanya perasaan emosi.

E perubahan harga yang cukup besar akan menyebabkan perubahan daya beli masyarakat yang besar pula.

Jawaban: A

24. Ibu Yusniar mengajar di kelas IV SD Aceh, pada pembelajaran segibanyak, salah satu indikator capaian kompetensi adalah sebagai berikut

"menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan"

Untuk mengetahui apakah siswa telah berproses untuk mencapai kompetensi tersebut, yang dapat dilakukan Ibu Yusniar adalah...

A memberi acungan jempol kepada kelompok yang berhasil memahami masalah dan menyelesaikan soal tentang sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan

B menjelaskan materi sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tak beraturan di papan tulis, dan melihat siapa yang mencatat.

C. bertanya "Dari diskusi ini, apakah kalian sudah menemukan apa yang dimaksud sifat segibanyak?"

D. bertanya "Apakah langkah selanjutnya?"

E memberikan soal latihan tentang sifat segibanyak beraturan dan tak beraturan kepada siswa di akhir pembelajaran untuk mengetahui capaian kompetensi.

Jawaban: E

25. Sumber belajar yang sering digunakan dalam pembelajaran IPS sangat banyak meliputi lingkungan tempat tinggal siswa, lingkungan sekolah, video, gambar, power point, animasi sederhana. Salah satu manfaat penggunaan video untuk pembelajaran IPS yakni menciptakan pembelajaran IPS lebih ....

A. kompleks

B. sederhana

C. menantang

D. efisien

E. kontekstual

Jawaban: A

Demikian terkait contoh soal UP PPG PGSD 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal UP PPG Daljab 2022.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x