TERBARU! Contoh Soal Survei Karakter beserta Kunci Jawaban, Dapatkan Soal Khusus Survei Karakter SD MI

- 12 November 2022, 14:02 WIB
TERBARU! Contoh Soal Survei Karakter beserta Kunci Jawaban, Dapatkan Soal Khusus Survei Karakter SD MI
TERBARU! Contoh Soal Survei Karakter beserta Kunci Jawaban, Dapatkan Soal Khusus Survei Karakter SD MI /unsplash.com

Portal Kudus – Dapatkan update terbaru contoh soal survei karakter beserta kunci jawaban, dapatkan soal khusus survei karakter SD MI.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai contoh soal survei karakter beserta kunci jawaban untuk AKM SD MI.

Survei karakter merupakan salah satu upaya untuk mengetahui karakter murid apakah azas Pancasila benar diimplementasikan.

Survei Karakter dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdiri dari kemampuan bahasa (literasi), kemampuan berhitung (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Bagi yang penasaran dengan pembahasan contoh soal survei karakter beserta kunci jawaban, simak artikel sampai habis.

Baca Juga: Apa Keistimewaan Orang yang Lahir di Hari Jumat? Simak Sifat dan Karakter Orang Lahir Hari Jumat

Baca Juga: DOWNLOAD SOAL PAS IPA Kelas 8 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Bocoran Contoh Soal PAS IPA Kelas 8 K13 Tahun 2022

Dikutip tim Portal Kudus dari berbagai sumber, berikut terbaru contoh soal survei karakter beserta kunci jawaban, dapatkan soal khusus survei karakter SD MI.

  1. Saat berangkat ke sekolah Nafi bertemu dengan Bu Sinta, guru kelas 4 di sekolahnya tetapi ia tidak pernah diajar oleh guru tersebut. Saat itu, bu Sinta sedang menuntun motornya karena bannya bocor sedang kan Nafi dibonceng motor oleh ayahnya.
    Tindakan yang seharusnya dilakukan Nafi adalah … .
    A. pura-pura tidak kenal dan tetap melajukan motor karena tidak pernah diajar oleh bu Sinta.
    B. memberitahukan kepada ayahnya bahwa itu guru di sekolahnya tetapi tetap meminta ayahnya jalan terus.
    C. meminta ayahnya untuk menghentikan motornya dan membantu bu Sinta mencarikan tempat tambal ban.
    D. meminta ayahnya menghentikan motornya dan menyapa bu Sinta kemudian berlalu pergi menuju ke sekolah.
  2. Kelas 5A SD Merdeka merupakan kelas yang selalu bermasalah. Edo merupakan siswa yang selalu membuat gara-gara dengan teman- temannya. Ia selalu memanggil nama teman-temannya dengan sebutan yang kurang pantas atau nama orang tuanya. Suatu ketika Rani menangis karena dipanggil dengan sebutan nama ayahnya oleh Edo. Tanpa rasa bersalah Edo berlalu tidak mempedulikannya. Kejadian tersebut disaksikan oleh Ibu Dewi, guru kelas 5 tanpa mereka sadari. Ia pun memanggil Edo dan menasihatinya. Bu Dewi meminta Edo untuk meminta maaf kepada Rani.
    Tindakan yang tepat adalah … .
    A. Edo meminta maaf kepada Rani dan berjanji untuk memanggil Rani sesuai dengan namanya.
    B. Edo meminta maaf kepada Rani dan berjanji untuk tidak memanggil nama Rani lagi.
    C. Rani tidak memaafkan Edo jika Edo terus memanggilnya dengan sebutan nama orang tua.
    D. Edo dan Rani saling meminta maaf karena sama-sama bersalah dan Edo memanggil Rani sesuai dengan namanya.
  3. Untuk kegiatan akhir semester Bu Intan, guru kelas 5 akan mengadakan pagelaran karya siswa. Ia meminta anak-anak untuk menampilkan hasil karya yang telah dibuat oleh mereka. Bu Intan mengajak diskusi anak-anak sebelum pelaksanaannya. Hampir setiap anak memberikan usulan mengenai lokasi, penataan ruang, dan karya-karya yang akan ditampilkan. Hanya Ira yang belum menyampaikan pendapatnya. Ia memiliki bakat melukis dan telah menghasilkan banyak lukisan di rumahnya.
    Bu Intan bertanya kepada anak-anak,”Siapa lagi yang mempunyai ide atau pendapat untuk kegiatan akhir semester depan?”
    Tindakan yang tepat yang dilakukan Ira adalah … .
    A. diam saja dan bersikap masa bodoh karena tidak disebut namanya oleh Bu Intan
    B. mengangkat tangan dan pura-pura menyampaikan ide untuk waktu pelaksanaannya.
    C. berbisik dengan teman sebangku dengan mengatakan kalau dirinya mempunyai karya berupa lukisan.
    D. Mengangkat tangan dan menyampaikan idenya kalau dia memiliki karya berupa lukisan.
  4. Bu Amirah memberikan tugas membuat karya dari bahan barang bekas kepada siswa kelas 5. Tugas tersebut diselesaikan secara kelompok. Setiap kelompok terdiri 5 anak yang telah ditentukan berdasarkan jarak rumah mereka. Hari Minggu Budi, Doni, dan Rian mengerjakan tugas kelompok dari bu Amirah di rumah Siti sejak pagi. Kelima anak tersebut beragama Islam. Mereka membuat vas bunga dari handuk bekas. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 11 lebih 30 menit dan adzan Dhuhur berkumandang. Rumah Siti berdekatan dengan masjid.
    Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh kelima anak tersebut adalah … .
    A. melanjutkan membuat vas bunga sampai selesai kemudian menuju ke masjid untuk shalat Dhuhur.
    B. melanjutkan membuat vas bunga sampai selesai tanpa mempedulikan adzan Dhuhur.
    C. menghentikan membuat vas bunga dan menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat Dhuhur.
    D. menghentikan membuat vas bunga dan pamit pulang ke rumah masing- masing untuk shalat Dhuhur.

 Baca Juga: DOWNLOAD SOAL PAS IPA Kelas 8 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Bocoran Contoh Soal PAS IPA Kelas 8 K13 Tahun 2022

Halaman:

Editor: Kartika Kudus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x