Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 64 Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia

- 5 November 2022, 06:50 WIB
Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 64 Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia
Ilustrasi Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 64 Kelas 10 Kurikulum Merdeka: Soal Pilihan Ganda Sejarah Indonesia /unsplash.com

Portal Kudus - Kunci jawaban IPS sejarah halaman 64 kelas 10 soal pilihan ganda sejarah Indonesia Manusia, Ruang, dan Waktu bukan menjadi satu-satunya referensi menjawab soal. Namun sebagai latihan mandiri tentang seberapa paham siswa memahami materi.

Soal yang dikutip artikel ini dari buku paket pdf kemendikbud IPS Sejarah halaman 64 kelas 10 untuk SMA kurikulum merdeka soal pilihan ganda Sejarah Indonesia Manusia, Ruang, dan Waktu. Selain soal, kunci jawaban IPS juga akan dibahas.

Artikel ini akan menjawab soal secara analitis. Bahkan kunci jawaban IPS Sejarah halaman 64 kelas 10 ini bersifat uraian yang fungsinya sebagai latihan mandiri anak tentang materi ilmu sejarah. Soal halaman 64 ini berupa uraian untuk menguji kompetensi.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 60 Kelas 10 Kurikulum Merdeka Lembar Aktivitas 8

Sebelum menjawab soal, tentunya diharapkan menjadi latihan belajar untuk lebih mendalami materi yang disampaikan.

Kunci jawaban ini dikutip dari alumni IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Kudus Mu'ayyadah. Adapun kunci jawaban IPS Sejarah halaman 64 kelas 10 soal pilihan ganda Sejarah Indonesia Manusia, Ruang, dan Waktu adalah sebagai berikut:

Pilihlah jawaban yang paling benar pada soal di bawah ini!

1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah…

a. Sejarah Perang Dunia

b. Sejarah Masyarakat Viking

c. Sejarah Perang Persia

d. Sejarah Masyarakat Tunisia

Jawaban: C

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 38 Kelas 10 Kurikulum Merdeka Lembar Aktivitas 5

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Sejarah Museum Nasional Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitian dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit. Selanjutnya pada tahun 1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun 1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871 Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum

ini dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum nasional juga disebut sebagai museum gajah dikarenakan patung gajah yang terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka, BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.

Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!

a. 1752 Berkembangnya Perkumpulan Ilmiah Belanda

b. 1778 Berdirinya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG)

c. 1862 Kunjungan Raja Thailand

d. 1979 Penetapan sebagai museum Nasional

Jawaban: C

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah…

a. Berpusat pada kehidupan istana

b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu

c. Berpusat pada agama

d. Berpusat pada Eropa

Jawaban: D

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!

Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai…

a. Data primer

b. Data sekunder

c. Data tersier

d. Data pelengkap

Jawaban: A

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.

Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah… .

a. Heuristik

b. Kritik dan verifikasi

c. Interpretasi

d. Historiografi

Jawaban: A

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Sejarah Halaman 43 Buah Emas yang Diperebutkan Dunia Kelas 10 Kurikulum Merdeka Aktivitas 6

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat sementara tidak mutlak, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan di atas, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.***

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Buku Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah